Kamis, Februari 2, 2023
spot_img
BerandaBisnis Kecil Dan MenengahUsaha Minuman Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Usaha Minuman Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Usaha Minuman Kemasan Raih Keuntungan Menggiurkan

Sekarang ini bisnis minuman dalam kemasan baik itu gelas maupun botol banyak di dominasi oleh industri berskala besar. Tentunya kita sering perhatikan di swalayan dan mini market banyak terdapat berbagai macam merk dengan rasa-rasa yang beragam dari teh manis,sari buah,susu hingga minuman berenergi.

Lalu bisakah jika kita hendak menjalankan usaha minuman kemasan ini dengan skala rumahan yang tidak membutuhkan modal yang besar ? tentu saja sangat bisa, apalagi sekarang peluang usaha bidang ini sedang berpotensi cukup besar karena dilihat dari segi keperaktisannya untuk di konsumsi masyarakat.

Di Mulai Dari Usaha Kecil kecilan

Bisa kita lihat mulai banyak juga yang sudah menjalankan usaha ini dan cukup banyak yang bisa meraih kesuksesan, seperti mengemas minuman yogurt dalam cup gelas, jus buah, jus apel, dan sebagainya. Produk mereka cukup diminati masyarakat meski skalanya tidak tersebar secara luas seperti produk industri besar.

Sebagai contoh ada seorang ibu dari Semarang yang memiliki ide mengemas minuman jus buah seperti jambu,sirsak dan strawberry dengan botol bersegel, umumnya minuman ini di jual dengan menggunakan grobak atau booth di pinggir jalan. ibu ini bernama Hastari yang memulai bisnisnya di tahun 2010 dengan modal 7 juta, hingga kini sudah mampu memproduksi 400 botol minuman jus dalam kemasan, Dari satu botol beliau jual dengan harga 10 ribu rupiah hingga ada yang berharga 23 ribu karena menggunakan kemasan botol besar. Dari bisnis ini ibu Hastari berhasil membukukan omset ratusan juta perbulannya.

Contoh selanjutnya adalah seperti yang dikalukan Ratna Apriyati dan Khemal Nugroho mahasiswa lulusan Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Padjadjaran Bandung. Mereka membuat minuman berupa sari buah mangga sebagai penunjang gaya hidup sehat yang kini masyarakat kita banyak menerapkannya, melihat tren yang sedang berkembang ini mereka berinisiatif membuat sari buah dalam kemasan agar praktis di konsumsi. Dengan produk berlabel “Fruters” mereka mencoba tawarkan kepada sesama rekan-rekannya, dan minuman ini pun mendapatkan sambutan yang positif hingga terus berkembang dengan memperluas pasar.

Agar didapat rasa minuman yang khas mereka membuatnya dari jenis mangga gincu yang di datangkan dari kota Cirebon, Jawa Barat. Di awal usahanya yang hanya dijalankan dengan modal 250 ribu, sebagian uangnya digunakan untuk membeli mangga seberat 3Kg, kini konsumsi buah yang di perlukan untuk bahan baku mencapai 8 Ton per 6 bulan, dan di produksi menjadi minuman sari buah sebanyak 1000 kemasan per hari dengan harga jual 7500 hingga 25 ribu rupiah.

Tips Menjalankan Bisnis

Contoh di atas adalah sebagai bukti bahwa minuman kemasan yang kita kenal sebagai produksi perusahaan-perusahaan besar dapat di mulai dengan modal yang tidak terlalu besar bahkan ada yang hanya memulainya dengan modal ratusan ribu rupiah.

Maka dari itu jika anda memiliki ide membuat minuman kemasan segera jalankan meski pada awalnya hanya beredar di daerah sekitar terlebih dahulu, karena jika rasanya banyak di sukai sedikit demi sedikit akan dapat berkembang lebih luas.

Sedikit tips yang bisa di terapkan, hendaknya dalam membuat produk ini jangan masuk ke pasar yang terlalu murah seperti di rentang harga 500 hingga 2000 rupiah, karena di pasaran ini banyak di huni oleh produk hasil buatan industri besar, kita akan kesulitan dalam hal persaingan harga, sebabnya mereka lebih unggul dari kapasitas produksi yang banyak.

Lebih baik bermain di rentang harga menengah seperti yang dilakukan para pengusaha yang di contohkan di atas, dan sebaiknya produk minuman kita memiliki kelebihan yang tidak dimiliki merk lainnya, seperti misalnya saja tanpa pengawet buatan, mempunyai beberapa khasiat jika di konsumsi terlebih ke faktor kesehatan, atau bisa juga menarik perhatian konsumen dengan kemasan unik yang di gunakan.

Tips Untuk Peluang Usaha Minuman

Ada beberapa tips agar bisnis minuman anda dihampiri banyak pelanggan, diantaranya:

  1. Beri Ciri Khusus

Salah satu tips yang bisa anda coba adalah memberikan ciri khusus pada kios atau booth anda. Untuk memberikan ciri khusus pada booth anda, pilihlah satu menu yang menarik dan beri nama minuman yang kreatif sehingga dapat menarik anak-anak remaja. Satu menu minuman yang menarik juga akan membuat orang lebih ingat dengan booth anda.

Untuk kios, sebaiknya anda coba mengecat dengan corak yang menarik. Anda juga bisa mencoba mural untuk menarik lebih banyak pelanggan. Suasana yang segar dan artistik akan menambah kenyamanan pelanggan dan usaha minuman anda akan lebih diminati banyak orang.

  1. Selalu Berinovasi

Untuk remaja yang di bangku sekolah, mereka cenderung mudah jenuh dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Anda bisa mensiasatinya dengan selalu berinovasi membuat varian baru. Berilah nama yang menarik seperti nama “gaul” untuk lebih menarik minat remaja. Tetapi, anda tetap perlu memberikan menu minuman yang telah menjadi ciri khas kios atau booth anda.

  1. Beri Snack pendamping

Agar kios minuman anda lebih lengkap, sebaiknya beri snack pendamping. Ini untuk menyiasati pelanggan yang ingin tinggal lebih lama dan ingin menikmati snack sambil beristirahat sejenak di kios anda. Anda bisa memberikan roti, kacang goreng, atau snack-snack tradisional lain. Sebaiknya jangan menjual makanan yeng berat agar ciri khas kios anda sebagai penjual minuman tetap terjaga. Untuk hal ini, sebaiknya anda memesan snack dari orang lain dan menjualnya di kios anda. Pembuatan snack sendiri akan menyita waktu anda dan anda tidak dapat fokus dalam penjualan minuman.

Beberapa tips diatas bisa menunjuang peluang usaha minuman anda. Pastikan anda tertib dengan keuangan anda. Rencanakan pengeluaran dan kebutuhan sebelum melakukan pembelian. Untuk keseharian penjualan, perlu adanya buku pembukuan sehingga anda bisa tahu pengeluaran dan pemasukan anda.

Usaha Minuman 2016 Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Jakarta Bubble Drink merupakan produsen bubuk minuman aneka rasa menjual segala kebutuhan usaha minuman bubble drink, bubble tea, ice blended, milkshake powder. Menjual bubuk minuman aneka rasa seperti Hazelnut, Blackforest, Cappucino, Coffee Caramel, Mochacinno, Caramello, Choco Caramel, Choco MuffinRed Velvet, Green Tea, Milk Tea, Thai Tea, Bubble Gum, Taro, Vanilla, Vanilla Latte, Vanilla Blue, Peppermint, Tiramisu, Creamy Chocolate dan aneka rasa minuman lainya.

Produk bubuk / powder dari Jakarta Bubble Drink selain untuk aplikasi untuk minuman, produk bubuk kami bisa juga digunakan aplikasi untuk membuat kue, cake, bakery, pudding, selai jam dan lain-lain. Untuk Penyajian untuk minuman, bisa disajikan minuman dingin dan minuman panas.

Jakarta Bubble Drink Industri produsen yang memproduksi Powder Bubble Drink telah banyak  mensuplai powder untuk industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk kebutuhan Minuman Bubble Tea/Ice Bubble, bahan baku Ice Cream, Cafe, Resto, Hotel dan lain sebagainya di seluruh wilayah Indonesia.Jakarta Bubble Drink hadir untuk memberikan solusi untuk anda yang ingin mempunyai usaha yang bergerak di bisnis minuman (khususnya) dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas produk yang tinggi sehingga Misi kedepan adalah agar produk Kami bisa sampai ke Pelosok Tanah air dan bahkan produk Jakarta Bubble Drink telah di eksport ke Negeri Jiran Kuala Lumpur Malaysia di awal pertengahan tahun 2014 ini.

Tim Jakarta Bubble Drink mempunyai pengalaman selama hampir lebih 5 tahun dalam industri pembuatan powder minuman di dalam dan luar negeri. Kualitas Produk bahan kami adalah hal yang utama untuk Jakarta Bubble Drink. Jakarta Bubble Drink menggunakan bahan baku Terbaik dari Indonesia dan beberapa mitra Negara-Negara Asia.

Produk Jakarta Bubble Drink Telah melewati lulus Uji Laboratorium DINAS KESEHATAN dan Telah Memiliki Sertifakat Halal MUI menjadikan satu satunya Powder Bubble Tea yang mempunyai Izin Sah untuk di Konsumsi.

Peluang Bisnis Waralaba Minuman Modal 2 Jutaan

Info Usaha Baru

Salah satu peluang bisnis modal 5 juta yang menguntungkan saat ini adalah menjalankan usaha di bidang minuman ringan. Hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya bisnis jenis minuman mulai dari kelas kaki lima sampai waralaba minuman yang dijajakan di mall atau pusat perbelanjaan. Jika tidak percaya, maka coba saja amati di pusat-pusat perbelanjaan seperti Carrefour, Hypermart atau Giant maka dengan mudah akan ditemui semakin banyaknya para pelaku franchise minuman ringan dengan aneka rasa dan tentunya ditawarkan dengan harga lebih murah. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa usaha minuman dengan model franchise sangatlah menguntungkan baik buat pemilik merek dagang atau pun juga para mitra yang ikut menjajakan jenis minuman tertentu.

Potensi pasar bisnis minuman ringan tersebut sangatlah besar dan mempunyai prospek cukup bagus untuk beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, peluang usaha franchise makanan dapat ditekuni oleh siapa saja, apakah itu seorang ibu rumah tangga, karyawan atau bahkan mahasiswa yang mencari kerja sambilan di rumah buat biaya kuliah dan sebagainya. Apalagi sekarang, telah bermunculan minuman khas dari negara lain seperti Taiwan yang mulai merambah pasar di Indonesia.

Peluang Bisnis Minuman Kopi

Berdasarkan survey, kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari di seluruh dunia dan umumnya dikonsumsi di pagi hari untuk menambah semangat kerja. Apalagi di tanah air di setiap daerah mempunyai racikan kopi yang khas dengan ragam kelezatan yang berbeda-beda, seperti kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Jawa, dan sebagainya. Beberapa penikmat kopi dengan citarasa mancanegara seperti kopi latte, cappucino, espresso, hingga kopi Vietnam atau yang lainnya juga secara teratur menyambangi café-café langganan mereka. Dari kondisi tersebut tentu Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa peluang bisnis minuman kopi di negara kita ini masih sangat cerah dan memberikan kesempatan besar untuk meraih sukses.

Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis dalam bidang kuliner yang satu ini, berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  1. Tempat

Bagi pemain pemula lokasi bisa menjadi strategi pemasaran yang paling efisien agar konsumen mengenal dan tertarik dengan kedai Anda. Pilihan lokasi yang direkomendasikan untuk warung kopi Anda adalah di dekat tempat umum seperti malll, alun-alun atau taman kota, pasar, atau perkantoran dan kampus. Jangan lalai menjaga kebersihan karena ini akan menjadi poin plus di mata konsumen.

Masih berkaitan dengan tempat, saat ini café-café dengan tema tertentu juga marak diserbu konsumen. Untuk itu Anda bisa memilih satu tema yang cukup umum, bisa dinikmati baik oleh pria maupun wanita dan sesuaikan dengan desain kedai kopi Anda. dengan demikian pengunjung akan merasa semakin nyaman.

  1. Strategi

Agar Anda bisa turut menikmati peluang bisnis minuman kopi yang cerah, upayakan agar Anda mempunyai strategi bisnis yang cukup paten. Hal ini berkaitan dengan produk, layanan, serta sistem yang Anda terapkan dalam manajemen bisnis Anda.

  1. Fasilitas tambahan

Agar pengunjung betah berlama-lama tinggal di café Anda, berikan fasilitas tambahan seperti WiFi atau fasilitas nonton bareng pada musim kompetisi piala dunia, balap Formula 1, atau MotoGP.

  1. Promosi

Lakukan promosi sebagai bentuk branding dari usaha kuliner kedai kopi Anda. Selain menggunakan cara-cara promosi konvensional seperti brosur, pamflet, spanduk, banner, dan sejenisnya, manfaatkan pula sosial media dan internet marketing. Facebook, Instagram, serta Twitter sudah terbukti bisa menjadi sarana sukses dalam pemasaran beberapa bisnis kuliner modern. Untuk itu rajinlah memposting produk baru, acara promo atau diskon, juga acara-acara yang digelar di kedai kopi Anda.

  1. Izin usaha

Selain berkonsentrasi untuk mewujudkan peluang bisnis minuman kopi yang besar untuk bisa meraup keuntungan penting pula untuk mematuhi aturan dalam membuka usaha. Untuk itu Anda juga harus mengurus izin usaha kepada yang berwenang atas hal tersebut untuk memperoleh legalitas perizinan.

Nah, semoga tips-tips peluang bisnis minuman kopi di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.Mau tahu empat ide berbisnis di dunia kopi tanpa modal yang melilit pinggang? Berikut beberapa bisnis tersebut.

Berbisnis Cold Brew
Tren cold brew atau kopi seduh dingin yang sekarang sedang marak-maraknya bisa kamu manfaatkan dengan membuat brand cold brew kamu sendiri. Tak perlu kafe atau kedai kopi besar, yang kamu perlukan adalah kepiawaian menjual melalui social media marketing yang sungguh sangat efektif. Modalnya? Kamu hanya memerlukan sebuah alat seduh dingin yang harganya mulai dari dua ratus ribuan (seperti Hario Mizudashi Coffee Pot) hingga jutaan (Dutch Lab). Ada beberapa alat pembuat cold brew or cold drip yang bisa kamu pilih sesuai kantong dan kebutuhan. Beberapa pengusaha cold brew bahkan menggunakan alat seduh manual pour over untuk meracik kopinya. Selain alat seduhnya, kamu juga harus melakukan eksperimen dengan beberapa biji kopi yang sesuai dengan brand cold brew kamu. Untuk urusan ini disarankan bertanya pada sang ahli. Jangan lupa pikirkan botol dan kemasan menarik agar daya tarik masyarakat untuk membeli menjadi semakin kuat. Bagaimana? Bisnis ini sama sekali tak membutuhkan modal besar lho.

Penjual Biji Kopi
Untuk bisnis yang satu ini sangat memungkinkan untuk tidak mengeluarkan modal sama sekali. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi dengan roaster, pabrik kopi dan petani kopi. Apa yang kamu perlukan? Yang kamu perlukan hanyalah menjual kembali biji-biji kopi dari mereka ke berbagai orang (bisa ke coffee shop atau perorangan). Tentunya kamu akan mendapatkan untung yang lumayan karena kamu membeli bijinya dengan harga yang lebih murah dari tangan pertama. Sebelum menjual yang kamu perlukan adalah ketelitian memilih biji mana yang terbaik dan layak jual. Jika memungkinkan kamu bisa saja me-rebrand kembali biji-biji kopi ini dengan brand kamu sendiri. Dengan begini kamu dengan mudah memiliki usaha jual-beli biji kopi dengan modal yang tentu saja ringan.

Kedai Kopi Manual
Meskipun sederhana, bukan berarti kedai kopi yang akan kamu bangun ini tak berkualitas. Kedai kopi tak melulu soal mesin espresso mahal, sofa-sofa mewah dan sebuah tempat fancy yang modalnya ratusan juta rupiah. Jika kamu benar-benar berniat membuat kedai kopi yang berkualitas, kamu bisa membuat konsep kedai kopi dengan alat seduh manual. Semua alat-alat kopi yang akan kamu gunakan di kedai kopimu harganya tak ada yang mencekik leher. Untuk menghasilkan espresso, kamu bisa membeli Rok Presso atau Bellman sebagai penggantinya. Tak memerlukan listrik, bukan? Selain itu sediakanlah manual brew lengkap seperti V60, Chemex, Aeropress dan lain-lain. Kamu juga tak perlu menjual menu makanan berat karena kedai kopimu benar-benar dikhususkan untuk menu kopi layaknya coffee shop specialty. See? Siapa bilang membangun kedai kopi itu melulu mahal?

Coffee Truk atau Gerobak Kopi
Di Indonesia sepertinya masih jarang gerobak kopi atau istilah kerennya coffee truck yang menjajakan kopi dengan berkeliling dan nongkrong di pinggir jalan. Di luar negeri sendiri (khususnya Eropa, Amerika dan Australia) hal ini adalah hal yang lumrah. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal ringan. Pertama tentukan dahulu menu kopi apa saja yang ingin kamu jual, apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya. Jika sudah kamu tentukan saatnya membuat gerobak yang bisa dikemudikan dengan motor ataupun sepeda. Buatlah desain yang semenarik mungkin dan terlihat mencolok dari kejauhan. Bisa dipastikan bisnis coffee truck ini akan sangat menarik karena pelakunya masih sedikit.

Nah, inilah empat ide bisnis di dunia kopi dari kamu. Kira-kira kamu punya ide menarik lainnya tidak?

4 Bisnis Minuman Segar dan Unik, Wajib Dicicip dan Dijajal Peluangnya

Maraknya bisnis kuliner kini semakin menjamur, tak terkecuali bisnis minuman yang menyegarkan. Hal ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan dapat dikembangkan di kemudian haro. Selain itu, menawarkan menu-menu minuman yang segar dan memiliki potensi keuntungan bisnis yang tak kalah dengan bisnis makanan.

Jenis varian yang beragam juga semakin digemari oleh konsumen, maka tidak jarang sering kita temui berbagai franchise bisnis minuman disekitar kita. Secara tidak langsung, kesuksesan usaha minuman juga dipengaruhi oleh usaha makanan, karena rasanya kurang lengkap jika makanan tanpa minuman. Berikut beberapa bisnis minuman yang sukses dengan kreasinya masing-masing.

Cotton Drops
Sejak diluncurkan pada November 2014 lalu, Cotton Drops sukses jadi salah satu minuman yang paling disukai di Jakarta. Gading Walk, Mall Kelapa Gading, menjadi tempat yang dipilih saat pertama kali minuman unik ini diluncurkan. Jika dibandingan dengan minuman lainnya, Cotton Drops ini begitu digemari karena memang berbeda dan unik.

Salah satu pemilik Cotton Drops, Joe Alexander mengatakan bahwa ide menciptakan Cotton Drops ini pertama kali muncul saat dirinya dan Felix Timotius liburan ke Korea Selatan awal tahun 2014. Sepulang dari liburan itu, ide tersebut langsung dijalankan.

Berangkat dari rasa percaya diri, terciptalah sebuah produk dengan tampilan yang unik dan ramuan aneka rasa yang menarik pelanggan.  Terdapat tiga jenis minuman yang ditawarkan Cotton Drops, yakni flavor tea, milky fruity, dan latte. Masing-masing dari minuman tersebut disajikan dengan botol kaca dan diatasnya ditambahkan gulali yang menggelembung.

Strategi lainnya yang menambah perkembangan Cotton Drops adalah peran media sosial Instagram. Melalui media sosial, Cotton Drops semakin dikenal, bahkan pembukaan outlet keduanya pun tidak lepas dari peran media sosial. Dengan meluncurkan digital campaign bertajuk #CeritaKecilku, membuat pengguna Instagram bisa berbagi nostalgia masa kecil dan mendapatkan hadiah. Hal ini jadi strategi yang menarik karena keunikan Cotton Drops salah satunya adalah gulali diatasnya yang merupakan jajanan masa kecil.

Co-Co World Ice Blend
Co-co World Ice Blend berdiri sejak tahun 2013 hingga saat ini. Minuman ini menjadi salah satu produk andalan dari CV Mandiri Pangan yang menjalin kemitraan waralaba untuk membantu pihak yang ingin bergabung. Saat ini sudah tercatat 106 outlet Co-co World Ice Blend yang tersebar di Indonesia.

Minuman waralaba franchise ini hadir dengan berbagai variasi rasa, mulai dari rasa favorit coklat, kopi, dan buah-buahan. Beragam rasa yang ditawarkan juga sudah diriset dan diseleksi sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Untuk rasa Co-co World Ice Blend sendiri terdiri dari sembilan variasi rasa, yaitu Black Phantom , Choco Dale , Cola Lemon, Darck Cino, Double Cho, Funky Purple, Manggo Blast, Pepermint, dan White Rabbit.

Untuk bergabung, pihak Co-co World Ice Blend juga menyediakan booth atau gerobak yang diberikan ke pada semua mitra mereka. Booth sengaja dirancang dengan teliti dan menarik sehingga cocok digunakan di dalam atau luar ruangan. Tidak hanya menjanjikan keuntungan, Co-co World Ice Blend juga mendukung strategi penjualan dan menunjang dengan bahan baku yang telah di siapkan secara higienis dan profesional.

Mimicucu
Lokasi yang tidak jauh dari Jakarta atau tepatnya di Kota Bogor, terdapat kedai yang menawarkan sensasi minum susu dengan cara lain, yaitu langsung dari dot susu. Kedai Mimi Cucu adalah kedai yang membawa kita bernostalgia dengan minum susu menggunakan dot bayi.

Pemilik Kedai Mimi Cucu menjelaskan, kalau sebelumnya Mimi Cucu sudah pernah beroperasi di lokasi yang berbeda. Namun, karena alasan perizinan, kedai Mimi Cucu berhenti beroperasi dan dibuka kembali di Jalan Lodaya Bogor.

Uniknya, Kedai Mimi Cucu beroperasi dengan sistem ‘sumbang menu’, yaitu pemilik Kedai Mimi Cucu mengajak teman-temannya untuk bergabung di Kedai Mimi Cucu dengan menyumbangkan menu yang variatif. Dengan mengusung konsep kedai sederhana, pemilik memiliki harapan dengan ini pengunjung tidak takut untuk mengunjungi Kedai Mimi Cucu karena alasan harga yang mahal. Kedai Mimi Cucu sendiri menjadi lebih bersahabat dengan kalangan pelajar dan mahasiswa yang ada di Bogor.

Untuk menggaet para pelanggannya, Bayu bersama istrinya pun mencoba terobosan baru dengan cara mengeluarkan permainan khusus untuk ponsel Android yang diberi nama Petualangan Mimicucu.

Ninotchka
Ninotchka adalah kafe yang didirikan oleh seorang fashion blogger, Sonia Eryka, bersama keluarganya. Kafe mungil ini memiliki daya tarik sendiri bahkan sudah terdengar hingga ke luar Jakarta. Kopi dengan 3D latte art-nya merupakan minuman andalan di kafe ini.

Tidak cuma menawarkan minuman unik, dekorasi yang unik mulai dari pintu masuk hingga ke bagian dalam kafe. Pernak-pernik yang tidak biasa, menggabungkan mode dan kuliner dengan apik. Nuansa oldies terasa dari pemilihan pernak-pernik yang canti . Nama Ninotchka sendiri diambil dari judul film Amerika pada tahun 1939.

Kafe yang terletak di Sixth Avenue, Cengkareng, ini memiliki harga makanan dan minuman yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 6.000-Rp 38.000 saja. Strategi lain untuk menarik pelanggan adalah Ninotchka menyediakan sejumlah permainan seperti kartu, UNO, catur, rubik, dan lain-lain.

Bisnis Minuman Cokelat Yang Sukses Menembus Ketatnya Persaingan Pasar

Bisnis minuman memang selalu mengundang antusiasme yang tak pernah padam. Bagaimana tidak, keuntungan yang lumayan besar dari usaha suguhan pelepas dahaga ini membuat banyak orang mengincar peluang di sini. Indonesia dengan status negara tropis yang selalu mendapat terik sinar matahari di sepanjang tahunnya, memang akan seringkali membuat dahaga. Maka di sinilah potensi bisnis minuman itu muncul.

Besarnya potensi inilah yang juga mendorong Didik Dika Prasetya (Dika) untuk terjun ke bisnis sajian pelepas dahaga dengan membawa brand Cokelat Kocok. Meskipun pemain di sektor ini bisa dibilang sudah menjamur, namun hal ini tak menyurutkan semangat Dika untuk membuka Cokelat Kocok. Usaha yang dimulai Dika pada akhir tahun 2011 ini kini telah sukses dengan omzet yang mencapai 25-60 juta perbulan.

Lalu seperti apakah bisnis Cokelat Kocok yang dijalankan pria kelahiran Bandung ini? Berikut ulasannya.

Inspirasi Dika untuk membuka Cokelat Kocok diawali dari hobi atau kesukaannya pada minuman kopi. Dari hobinya ini, Dika kemudian jatuh hati pada minuman serba coklat. Karena kecintaannya pada dunia minuman dan cokelat inilah yang membuat Dika tak mengalami kesulitan untuk mewujudkan ide bisnis yang ia miliki.

Dengan motivasi utama untuk menjadikan produk minuman coklat dengan harga yang bisa dijangkau semua kalangan masyarakat, pengusaha muda asal Bandung ini selalu bersemangat menjalankan Cokelat Kocok.

Awal Usaha, Produk dan Rintangan yang Dihadapi

Saat mengawali bisnis Cokelat Kocok pada akhir tahun 2011, Dika menggandeng beberapa investor hingga mengumpulkan modal awal kurang lebih belasan juta. Namun tidak hanya modal uang, Dika juga melengkapi usaha awalnya itu dengan skill, ilmu, pengalaman dan materi tentang minuman.

Produk Cokelat Kocok sendiri menawarkan delapan varian rasa, antara lain choco original, choco creamy, choco oreo, choco cappucino, choco caramel, white choco, coko monster, double chocolate. Pilihan topingnya pun mempunyai ragam pilihan seperti choco chip, rainbow chip, cheese, meises, waffer stick, kress, almond, fruit, orange, banana, mango, dan grape.Saat mengawali usahanya ini, Dika mendapatkan tantangan dan rintangan terbesarnya pada kondisi mental dari dalam dirinya. Ya, meski telah memiliki kecintaan dan pengalamannya di bidang minuman, Dika saat itu masih sempat mengalami keraguan untuk memulai usaha.
Strategi PemasaranUntuk memasarkan produknya, Dika mengandalkan pemasaran via iklan dan promo berkala di media sosial untuk membidik segmen pasar yang lebih luas. Dengan slogan utamanya “The Real Chocolate Shake N Blend” sekarang ini Dika juga seringkali berpartisipasi di event-event besar atau bazar sehingga produknya bisa dikenal oleh semua orang.
Dari strategi pemasaran ini, Cokelat Kocok telah tumbuh dan merambah beberapa kota besar di Pulau Jawa dan luar Jawa. Selain pemasaran yang sukses, Dika juga telah mampu mempekerjakan 7 orang karyawan tetap dan beberapa pekerja freelance atau tenaga bantuan.
Jalin KemitraanSeiring perkembangannya, Dika kemudian membuka kemitraan Cokelat Kocok pada tahun 2012. Saat dimulainya pembukaan kemitraan itu, hingga saat ini Cokelat Kocok telah memiliki 20 mitra yang tersebar di Bandung, Jakarta, Surabaya, Malang, dan Tangerang.Dalam kemitraan tersebut, Cokelat Kocok menawarkan tiga pilihan paket paket investasi, yaitu paket costumize tanpa booth senilai Rp 1,5 juta, paket A Rp 4 juta dengan booth kecil serta paket B senilai Rp 4,5 juta dengan booth besar.Untuk kemitraan paket A dan B akan mendapatkan fasilitas lain seperti cool box untuk penyimpan es batu, alat shaker, dispenser, blender, sikat botol, gelas plastik pengukur air, x-banner, toples toping, stok coklat kocok 100 sachet, 100 gelas plastik, seragam karyawan, SOP, dan daftar menu. Sedangkan untuk paket costumize, fasilitas yang diperoleh lebih sedikit yaitu dispenser, 60 sachet cokelat, 1 buah alat shaker, 60 gelas plastik dan cup, x-banner, dan banner promosi.

Dalam kemitraan ini, mitra bisa mendapatkan omzet Rp 8 juta per bulan, dengan asumsi minimal penjualan mencapai 60 cup sehari. Harga jual Cokelat Kocok sendiri adalah Rp 6.000 per cup. Target laba bersih yang muncul dari analisis perhitungan yang bisa didapat mitra yakni antara Rp 2 sampai 3 juta perbulan. Dan bila target itu terpenuhi, mitra bisa balik modal dalam dua sampai tiga bulan.

Dalam kerjasama ini, pihak pusat tidak memungut  biaya royalti fee maupun franchise fee. Mitra hanya diwajibkan membeli bahan baku dari pusat yang terdiri dari serbuk sachet cokelat dan gelas plastik dengan cap Cokelat Kocok. Untuk toping sendiri, mitra dibebaskan membelinya dari luar.

Peluang Usaha Susu Murni dan Analisa Usahanya

Kandungan gizi yang ada pada segelas susu murni ini bisa menyehatkan tubuh manusia, selain menguntungkan bila dikonsumsi setiap hari. Susu murni ini juga dapat menguntungkan bagi pelaku usahanya. Susu murni ini berasal dari hewan sapi ini menjadi minuman yang menyehatkan dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Hal ini pun menjadikan usaha dari susu sapi murni ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup memuaskan bila dijalankan. Peluang yang ada untuk usaha susu murni ini masih terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin menjalankannya.

Info Usaha Susu Murni
Usaha ini bisa dijalan dengan membuat suatu kedai minuman dengan susu murni sebagai menu utama. Untuk menjalankan usaha ini, maka Anda bisa mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Cari suplier untuk susu murni yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan susu sapi segar berkualitas ini dengan cara menjalin kerjasama dengan para peternak sapi perah yang berada disekitaran lokasi usaha. Sehingga Anda bisa memperoleh stok susu sapi murni yang memiliki kualitas yang terjamin.
  • Siapkan lokasi usaha yang cukup strategis. Seperti, membangun usaha susu murni ini di kawasan sekolahan, kampus, pusat perbelanjaan dan berbagai tempat yang banyak dilalui orang.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkandalam proses pembuatan susu murni atau pun peralatan yang mampu menunjang tampilan dari kedai susu murni seperti display, furniture. Beberapa peralatan yang dibutuhkan tersebut adalah kompor, panci, peralatan memasak, termos tahan panas, meja kursi untuk konsumen.
  • Cipatakan aneka jenis varian rasa susu agar para konsumen menjadi berminat. Pilihan rasa yang cukup digemari oleh masyarakat diataranya adalah susu coklat, fruit milk rasa starwberry, jeruk, melon, mangga dan lainnya, cookies milk yang diberi toping berupa remukan biskuit, es susu blender atau biasa disebut milkshake dan ice bland.

Konsumen Susu Murni
Target pasar dari usaha susu murni ini sangat luas, karena susu murni ini sangat aman diminum untuk aneka kalangan usia sehingga siapa saja bisa meminum susu murni sehingga targer pasar menjadi lebih luas.

Contoh Resep dari Susu Murni
Ini dia resep dari susu murni yang bisa dicoba yaitu “Banana Milkshake”

Bahan :

  • 500 cc susu murni dingin
  • 25 cc simple sirup (gula dan air 1: 2 rebus sampai gula larut)
  • 2 buah pisang ambon
  • 100 gr whipped cream kocok

Cara Membuat :

  • Potong – potong pisang ambon.
  • Campur susu murni dengan simple syrup dengan ¾ potongan pisang ambon.
  • Blender sampai tercampur merata, kira – kira 3 menit.
  • Siapkan gelas tinggi, taruh sisa potongan pisang pada dasar gelas, tutupi dengan whipped cream.
  • Tuang campuran pisang, simple syrup dan susu murni yang sudah diblender pada gelas tadi, jangan sampai penuh. Tutup dengan whipped cream kocok kemudian beri hiasan berupa potongan pisang.
  • Sajikan dalam keadaan dingin.
  • Sebagai garnish dapat menggunakan taburan coklat bubuk atau pisang yang dicincang dengan halus dan sebagainya.
  • Beri tambahan es batu pada saat memblender supaya minuman terasa dingin dan lebih enak.
  • Anda bisa mengganti simple syrup dengan menggunakan madu serta susu yang low fat.

Kelebihan Usaha Susu Murni
Susu murni memiliki kandungan kalsium, protein, fosfor dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apabila mengkonsumsi susu murni dalam setiap harinya pun mampu mengurangi resiko penyakit alergi dan asma. Beberapa manfaat ini pun juga bisa membawan manfaat untuk para pengusaha susu murni, dengan kandungan gizi yang tinggi yang ditawarkan maka masyarakat pun menjadi tertarik, hal ini bisa membuat penikmat susu murni menjadi lebih banyak lagi.

Dalam membuat usaha kedai susu murni ini juga tidak membutuhkan modal yang besar sehingga usaha ini bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Apabila memiliki modal yang kecil maka bisa membuka usaha ini depan minimarket yang berada disekitar tempat tinggal. Sedangkan bila Anda memiliki modal yang besar maka dapat mendirikan usaha susu murni ini dengan membuka cafe atau pun restoran susu murni.

Kekurangan Usaha Susu Murni
Dalam menjalankan suatu usaha tentu selalu ada resiko, begitu juga dengan usaha susu murni ini. Kondisi dari susu murni ini sangat mudah sekali untuk basi, hal inilah yang bisa menjadi kendala yang cukup membuat pengusaha susu kerepotan. Jadi perlu pandai – pandai dalam memperhitungkan atau mengatur persediaan susu sapi segar serta menyimpan dengan cara yang benar. Hal lainnya yang bisa menjadi resiko adalah adanya persaingan pasar pada usaha kedai susu murni ini yang saat ini mengalami meningkatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya para pelaku usaha yang menjalankan usaha susu murni ini. Oleh karena itu agar tidak kehilangan para konsumen maka berikanlah produk sus murni yang berbeda dari yang lainnya supaya Anda masih bisa bertahan pada persaingan pasar yang ada.

Strategi Pemasaran
Agar bisa mendukung pemasaran usaha yang Anda jalankan, maka bisa dilakukan dengan cara memasang neon box atau spanduk yang berukuran cukup besar pada lokasi kedai susu yang Anda buat. Anda bisa menampilkan nama usaha yang membuat para konsumen tertarik, lengkapi juga dengan gambar menu minuman susu segar yang Anda jual. Cara itu cukup efektif untuk menarik minat masyarakat serta membuat para konsumen baru mengetahui tempat Anda.

Untuk mendukung usaha menjadi lebih lancar maka Anda harus memberikan pelayanan yang baik untuk para konsumen. Buatlah suasana dari kedai yang Anda buat ini dengan nyaman, dengan saran serta prasarana yang memadai dan sediakan juga menu – menu yang enak dan unik sehingga bisa menarik minat pembeli. Dengan cara tersebut pasti konsumen akan merasa senang berkunjung ke kedai Anda serta tidak akan lupa kembali lagi serta merekomendasikan tempat Anda kepada teman – teman atau kerabatnya. Apabila hal tersebut sudah anda lakukan maka hal lainnya adalah memperluas jaringan yang telah ada.

Analisa Usaha Susu Murni

Modal Awal Nilai (Rp)
Sewa tempat Peralatan masak (panci, kompor, kulkas, dll)
Peralatn makan (piring, gelas, sendok dll)
Meja kursi kayu
15.500.000 4.000.000
900.000
3.000.000
Total Modal Awal Rp. 23.400.000
Penyusutan Alat :Peralatan masak 1/48 bulan x Rp. 4.000.000
Peralatan makan 1/24 bulan x Rp. 900.000
Meja kursi 1/60 bulan x Rp. 3.000.000
  83.333
37.500
50.000
Total Biaya Penyusutan Rp. 170.833
Biaya Operasional per BulanSusu murni 20 L x @Rp. 4.500 / ltr x 26 hr
Gula, buah, sirup, cookies, coklat bubuk
Kemasan gela plastik, sedotan dll
Gas 3 kg @Rp. 17.000 x 8 tabung
Gaji karyawan 2 orang @Rp. 750.000
Biaya telepon dan listrik
Biaya promosi
Biaya transportasi
Biaya penyusutan
 2.340.000
1.500.000
400.000
136.000
1.500.000
350.000
450.000
400.000
170.833
Total Biaya Operasional per Bulan Rp. 7.246.833
Pendapatan per BulanHarga jual susu murni Rp. 5.000 / gelas
Pendapatan : 75 gelas x @Rp. 5.000 x 26 hari
Laba Bersih pe Bulan
Rp. 9.750.000 – Rp. 7.246.833 = Rp. 2.503.167
  9.750.000
Kunci Sukses Usaha Susu Murni
Pilihlah lokasi usaha yang strategis serta memiliki kemampuan khusus dalam membuat aneka jenis varian rasa susu yang ditawarkan. Semakin banyak menu dari susu murni yang Anda buat maka kelengkapan untuk menu susu murni ini semakin innovatif, peluang yang akan Anda dapatkan nantinya juga akan menjadi lebih banyak untuk menarik minat pelanggan. Apabila para konsumen merasa puas maka keuntungan yang didapat semakin besar.Untuk menjual susu murni ini bisa juga dengan mengemas secara rapi untuk para konsumen yang ingin membawa pulang. Agar proses pengemasan susu murni ini menjadi lebih mudah maka bisa menggunakan mesin cup sealer, mesin cup sealer ini akan membantu proses pengemasan minuman dengan menggunakan gelas cup. Apabila Anda menginginkan mesin cup sealer ini bisa dengan mudah mendapatkannya di Toko Mesin Maksindo. Silahkan datang ke showroom Maksindo yang telah ada di beberapa kota besar di Indonesia, Anda bisa memilih aneka jenis cup sealer sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Nah, demikianlah ulasan tentang peluang usaha susu murni serta analisa usahanya yang bisa dijalankan untuk menambah pendapatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments