Kamis, Desember 1, 2022
spot_img
BerandaBisnis Kecil Dan MenengahTata Cara Berbisnis Yang Baik Dan Benar Serta Mudah Dilakukan

Tata Cara Berbisnis Yang Baik Dan Benar Serta Mudah Dilakukan

Cara Yang Dilakukan Saat Membuka Usaha Sendiri

Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.

Memulai bisnis bukanlah sebuah perkara yang mudah, jadi pastikan anda mengetahui cara memulai bisnis yang baik. Yang perlu anda sadari yakni bisnis tidak harus bernilai jutaan maupun miliyaran. Jadi jangan terpaku dengan modal yang anda punya, namun juga jangan melupakan modal ketika anda hendak memulai sebuah bisnis.

Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

1. Menganalisis jenis usaha terkait
Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas,etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.

2. Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang sesuai
Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.

3. Siapkan Modal
Modal merupakan salah satu kunci utama dalam membangun sebuah bisnis. Namun modal tidak harus besar atau kecil. Bicara tentang modal tentu bicara tentang bisnis itu sendiri. Intinya bisnis seperti apa yang akan Anda bangun, dengan demikian Anda dapat memprediksi berapa modal yang dibutuhkan.

Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari  anggaran keluarga Anda dalam bank.
Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang.

4.  Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal dan diakui hukum

  • Tentukan struktur hukum untuk usaha Anda
  • Pilih nama yang baik bagi usaha Anda
  • Daftarkan nama usaha Anda kepada Ditjen HKI sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum
  • Siapkan dokumen-dokumen organisasi
  • Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pengakuan dan pengesahan

5. Perluas Networking Anda
Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.

6. Pilih Lokasi yang Cocok

Dalam memilih lokasi memang susah susah gampang. Karena dalam bisnis tentunya diharuskan memilih lokasi yang strategis dan bagus. Dengan demikian anda diharuskan mengeluarkan modal untuk membeli maupun menyewa tempat bisnis tersebut. Namun dalam memilih tempat yang strategis tersebut anda juga harus melihat usaha atau bisnis yang anda jalankan. Seperti contoh, anda ingin membuat usaha peternakan, tentu lokasinya akan kurang cocok apabila di pinggir jalan raya. Namun jika anda ingin membuka usaha jasa maupun perdagangan, tentu pinggir jalan raya dan dekat tempat-tempat keramaian merupakan lokasi yang cocok.

7. Menentukan Harga Jual

Dengan menentukan harga jual maka kedepannya Anda dapat menghitung kerugian dan keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan. Anda harus pintar-pintar dalam menentukan harga produk atau jasa yang Anda berikan. Jangan sampai terlalu mahal ataupun terlalu murah. Untuk menentukan harga jual ini ada banyak cara, salah satu cara paling gampang yakni dengan mensurvei terlebih dulu berapa harga yang diberikan oleh para pesaing bisnis Anda. Cara lainnya yang lebih penting yakni dengan menghitung lebih rinci berapa modal yang Anda keluarkan untuk setiap produk yang Anda jual.

8. Promosikan Bisnis Anda

Apapun bisnis Anda, pastikan mempromosikannya agar bisnis Anda dapat berkembang. Anda dapat menggunakan banyak cara untuk berpromosi, contohnya yakni dengan membuat brosur, memasang iklan banner di pinggir jalan, ataupun mempromosikan secara online. Namun sebelum promosi pastikan produk atau jasa Anda memang benar-benar pantas untuk calon konsumen Anda.

9.  Stop Dreaming Start Action

Bermimpi membangun bisnis memang penting, karena dengan mimpi tersebut anda akan semakin semangat dalam membangun bisnis. Namun jangan melupakan kalimat “stop dreaming start action”. Apabila anda hanya bermimpi maka percayalah mimpi itu akan pudar dengan sendirinya jika tidak ada action untuk memulainya. Maka dari itu, setelah anda memikirkan beberapa point tips diatas segeralah untuk bertindak.

Cara Bisnis Pulsa Elektrik Online

Ya bisnis pulsa merupakan bisnis yang sangat prospek dan menarik, kapanpun dan dimanapun, Anda tidak perlu mempunyai pengalaman yang cukup banyak dalam berbisnis ini. Saat ini pulsa tidak dapat dipungkiri bahwa pulsa adalah kebutuhan pokok. Untuk memulainya juga tidak membutuhkan modal besar. Perputarannya cepat menjadi sebuah kelebihan sendiri bagi Anda yang ingin modal tidak mengendap dan untung berkali-kali lipat.

Berikut cara atau tips untuk pemula melakukan bisnis jual beli pulsa:

1. Pastikan dealer pulsa langganan kalian terpecaya
Cara yang paling utama yang dapat Anda lakukan adalah Anda bisa menemukan distributor atau dealer yang terpercaya. Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu latar belakang dari dealer pulsa tersebut. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk melihat mana distributor pulsa yang terpercaya. Anda sebaiknya memilih distributor pulsa yang mudah untuk diajak komunikasi. Juga sebaiknya Anda memilih distributor pulsa yang cepat tanggap. Jadi, jika ada masalah pada sistem atau keterlambatan pengiriman pulsa maka distributor tersebut akan cepat tanggap untuk membantu Anda. Distributor yang baik tidak akan membuat Anda kehilangan pelanggan.

2. Distributor murah gak selalu pilihan yang tepat
Setelah itu, Anda juga bisa memilih distributor yang menawarkan harga yang tidak mahal namun kualitasnya baik. Jangan pernah tergiur dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran karena bisa saja distributor tersebut bukan distributor pulsa yang asli. Anda sebaiknya memilih distributor yang berkualitas, harganya terjangkau dan fasilitasnya lengkap.

3. Awal promosikan bisnis pulsa kalian ke orang terdekat
Anda sebaiknya mulai mencari pelanggan yang berasal dari teman sendiri, keluarga atau kerabat. Mulailah usaha pulsa kecil-kecilan terlebih dahulu, jika sudah banyak pelanggan barulah Anda bisa memperluas bisnis pulsa Anda.

4. Jual produk lain selain produk utama
Jual produk lain selain pulsa, misalnya Anda dapat menjual handphone, aksesoris handphone atau produk lainnya sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar walaupun untuk mewujudkannya Anda juga akan membutuhkan modal yang lebih banyak.

5. Berinovasi
Belajar dari sepulsa.com, kalian perlu memiliki inovasi baru sebelum membuat toko yang akan membedakan kalian dengan toko pulsa yang lain. Misalnya sepulsa.com menawarkan 3 voucher belanja gratis untuk setiap transaksi pulsa, 1 voucher bisa seharga 50.000 rupiah jadi jika kalian memiliki 3 voucher berarti total 150.000 rupiah untuk kalian. Pelajari strategi sepulsa dengan mengunjungi webnya disini.

6. Tentukan daerah yang tepat untuk berjualan
Jika Anda akan menjual pulsa dengan menggunakan toko atau counter, pastikan toko Anda berada di daerah yang strategis dimana jalan tersebut sering dilewati orang banyak sehingga walaupun toko Anda baru mereka akan lebih mudah menemukan toko pulsa Anda.

7. Gencarkan promosi marketing menggunakan berbagai metode
Lakukanlah promosi yang seluas-luasnya, Anda bisa membuat promosi yang menarik agar orang lebih memilih membeli pulsa di tempat Anda bukan di tempat yang lainnya. Gunakan social media sebagai senjata marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, karena hampir semua orang sudah terbiasa menggunakan media digital untuk membeli sesuatu atau hanya sekedar untuk mencari informasi.

8. Bukan nominal modal yang jadi penentu kesuksesan bisnis
Jika Anda baru saja memulai bisnis jual beli pulsa maka Anda sebaiknya tidak menjual dalam nominal yang besar. Hal ini dikarenakan jual pulsa dalam nominal yang besar tidak akan menjamin Anda akan untung banyak. Sebaiknya jika Anda baru memulai usaha pulsa bagusnya Anda menjual pulsa dalam nominal yang kecil terlebih dahulu, dengan begitu Anda dapat mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis Anda selanjutnya.

9. Branding toko kalian
Pasang banner pulsa sebesar mungkin, ini akan menjadi awareness untuk orang di sekitar ketika berlalu lalang. Kalian juga dapat membuat logo sebagai branding toko kalian, sehingga banyak customer akan selalu ingat dibenak mereka bahwa service paling baik hanya milik kalian.

10. Jangan pelit memberikan promo dan diskon, ini penting untuk di jadikan strategi marketing
Tarik banyak pelanggan untuk bertransaksi, lakukan strategi diskon atau promo di saat tertentu, misalnya saat lebaran atau hari-hari besar lain. Atau kalian juga dapat membuka gerai di acara-acara tertentu sebagai strategi marketing lain sehingga kalian dapat menjangkau orang banyak disana walaupun kalian perlu mengeluarkan cost untuk menyewa tempat juga pastinya.

Nah, dalam bisnis jual beli pulsa ini ternyata banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari berbisnis ini:

Bisnis pulsa bisa Anda jadikan sebagai bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menghasilkan uang tambahan selain pekerjaan utama Anda. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis pulsa ini tidak dibutuhkan waktu yang lama karena Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk mentransfer pulsa ke pembeli. Anda hanya perlu mempromosikan bisnis Anda agar banyak orang yang tahu bahwa Anda berjualan pulsa. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa membuang banyak tenaga.

Mudah, Praktis dan Menguntungkan bertransaksi online di sepulsa.com
Mudahnya metode transaksi jika kamu ingin membeli pulsa indosat, telkomsel, xl, 3, pulsa listrik atau pulsa lain di sepulsa.com, karena kamu hanya perlu mengikuti langkah yang dijelaskan dibawah ini, oiya selain nominal harga pulsa sama dengan yang kamu bayarkan, kamu juga akan mendapat 3 voucher belanja gratis setelah berhasil bertransaksi.

1. Pertama kunjungi situs sepulsa.com atau mendownload aplikasinya di playstore untuk anda pengguna android atau App store untuk pengguna IOS.
2. Isi nomer pulsa dan jumlah pulsa yang anda mau di kolom yang telah disediakan.

3. Selanjutnya anda bisa memilih 3 voucher dari beberapa voucher belanja yang akan diberikan gratis kepada anda.

4. Sepulsa menyediakan beragam metode pembayaran, oleh karena itu anda bisa memilih metode pembayaran apa yang anda inginkan.
5. Pulsa akan terkirim cepat setelah anda melakukan transaksi pembayaran.

Kesimpulan
Apapun yang anda jual entah pulsa atau barang lain, anda perlu konsisten menekuninya karena pengalaman adalah guru terbaik. Selain konsisten anda juga perlu melakukan inovasi terhadap produk dan metode promosinya untuk membuat produk kamu berbeda dari penjual lain. Kerja keras dan bermental tangguh dalam membangun bisnis ialah faktor lain bisnis kamu akan berkembang, saya yakin tidak akan ada upaya yang sia-sia, terakhir berserah diri kepada Tuhan supaya apa yang kamu inginkan bisa terwujud.

Cara Memulai Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Untuk Pemula

Beberapa tahun yang lalu sebelum internet berkembang pesat, banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis online. Mereka lebih memilih bisnis offline, karena lebih menjanjikan. Tapi sekarang, apa yang terjadi?

Hampir semua orang ingin mencoba memulai bisnis online. Alasanya mungkin karena sekarang eranya digital. Orang tidak bisa lepas dari internet. Bahkan untuk membeli baju atau alat-alat kebutuhan lainya pun lewat internet.

Ini yang membuat bisnis online semakin diminati oleh banyak orang.Sayangnya, dari sekian banyak orang yang ingin memulai bisnis online, mereka tidak faham bisnis apa yang bisa menghasilkan profit tinggi. Akhirnya, mereka asal-asalan memulai bisnis. Setelah itu bisnis yang di bangun gagal Ini yang harus di hindari.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan beberapa model bisnis online yang cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan penghasilan besar tiap bulannya. Tapi sebelumnya, ada hal penting yang harus anda perhatikan!

Pilih model bisnis yang cocok untuk Anda. Jangan asal meniru bisnis orang lain, karena mungkin bisnis tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa untuk Anda. Jadi, Anda mungkin akan berhasil jika bisnis online yang Anda jalankan sesuai dengan apa yang Anda minati.

Model Bisnis Online Yang Paling Populer

Saat ini banyak sekali model bisnis online yang beredar di internet. Tapi hanya ada beberapa yang populer.

Pilih model bisnis online yang paling cocok dengan Anda dan paling Anda minati, agar bisnis yang Anda bangun bisa sukses untuk kedepanya.

Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Mengapa bisnis online ini sangat disukai? Ini adalah bisnis online yang gratis, tapi potensi penghasilan yang di dapatkan cukup lumayan.
Anda bisa mengikuti model bisnis ini jika memang Anda tidak mempunyai modal untuk memulai bisnis online. Bila ingin memulai bisnis online gratis. Beberapa kiat ini bisa Anda terapkan untuk memulai menjalankan bisnis online Anda. Antara lain:

1. Pilih sebuah bisnis yang memang memiliki prospek yang bagus. Jangan memilih banyak bisnis. Lebih baik pilih satu bisnis terlebih dahulu, tekuni baik-baik terlebih dahulu,
2. Kembangkan bisnis tersebut. Anda bisa mempelajari dari pesaing-pesaing Anda. Lihatlah apa yang mereka lakukan hingga bisnis mereka tetap berjalan hingga saat ini. Modifikasi kembali mereka dengan berbagai kreatifitas Anda,
3. Jangan sungkan atau malu untuk belajar dengan orang yang lebih sukses. Jangan pernah malu jika gagal dalam bisnis pertama, pakai hal tersebut sebagai cambukan untuk Anda sukses.

Menjadi dropshipper
Bisnis ini memang tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya cukup mencari toko online yang memang terpercaya serta menjual barangnya dengan harga miring, setelah itu Anda bisa menjualnya kembali dengan menaikkan sedikit harganya. Jika pelanggan Anda memesan, Anda hanya tinggal menghubungi toko online tersebut dan segera memesan dengan alamat sesuai pelanggan Anda. Setelah itu barang akan dikirimkan sampai ke pelanggan, dan Anda hanya tinggal menghitung laba yang Anda terima. Menyenangkan bukan?

Bergabung dengan google adsense
Google Adsense memang sangat sering di bahas dalam pemaparan bisnis online. Anda tidak perlu membutuhkan banyak modal. Cukup hanya dengan membuat website, mengisinya dengan artikel yang berkualitas sehingga menghasilkan banyak pengunjung, dan menawarkan website Anda ke pihak google. Jika telah di setujui oleh google, tentu saja mereka akan memasang iklan di website Anda. Setiap pengunjung yang datang dan mengklik iklan Anda, dollar dapat terus mengalir ke dalam rekening Anda. bisnis ini terbukti sangat menguntungkan, karena Anda hanya tinggal mengembangkan kreatifitas Anda dalam menulis konten. Namun selain itu, Anda juga harus rajin dalam merawat website Anda sendiri. Isi selalu dengan konten yang menarik, agar pengunjung Anda juga semakin banyak.

Membuat tempat iklan
Membuat tempat iklan ini hanya dengan membuat website dengan baik. Bila website Anda sudah terkenal, dan memiliki banyak sekali pengunjung, akan banyak perusahaan-perusahaan yang mengiklankan produknya di website Anda. Anda hanya dengan menunggu dan duduk manis, uang pun akan mengalir. Namun dalam menjalankan bisnis ini, tentu saja Anda harus menempuh perjalanan, dengan panjang. Anda harus menyiapkan website dengan baik agar menghasilkan pengunjung yang cukup banyak, setelah itu Anda juga harus menyaring topic-topik tertentu, baru setelah itu ada perusahaan yang akan bersedia mengiklankan produknya ke website Anda. Sebagai inspirasi anda bisa baca artikel Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil

Menjual tutorial
Video tutorial memang sangat di minati. Bila Anda ahli dalam bidang desain, Anda bisa membuat video tutorial, kemudian menjualnya lewat internet dengan harga yang terjangkau. Setelah ada yang melirik serta berminat membelinya, vivio pun bisa langsung di kirim via email. Tidak hanya video, e-book pun juga bisa, audio, dan masih banyak lagi. Usahakan membuat tutorial yang memang sudah Anda kuasai sebelumnya, kemas dalam bentuk yang unik serta menarik, jangan membuat video yang membosankan serta tidak mudah di mengerti, sesuaikan harga dengan para pesaing Anda. Jangan terlalu mahal, karena di pastikan tidak akan di lirik oleh pengunjung, namun jangan pula terlalu murah.

Membuat sebuah website untuk lowongan kerja
Di Indonesia, website lowongan kerja memang yang paling digandrungi. Baik itu perusahaan ataupun para pencari kerja. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan. Anda bisa membuat sebuah website kemudian mencari beberapa informasi lowongan kerja, setelah itu menguploadnya. Lama kelamaan, beberapa perusahaan juga akan mengupload iklan mereka. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan memasang tarif yang terjangkau untuk setiap iklan yang sudah mereka pasang. Tidak perlu menunggu waktu lama. Ketika mereka sudah setuju untuk memasang iklan di website Anda dan membayarnya, lama-kelamaan website Anda pun akan di gandrungi. Namun tentu saja, untuk melakukannya Anda harus membuat website lowongan pekerjaan yang menarik terlebih dahulu.

Mengikuti program affiliate
Di dalam hal ini Anda tidak perlu untuk repot-repot untuk membuat produk Anda sendiri. Affiliate, Anda hanya perlu ikut membantu menjualkan produk yang di miliki oleh perusahaan lain. Namun jangan khawatir, Kita tetap akan mendapatkan komisi dari mereka. Biasanya komisi tersebut bisa mulai dari beberapa persen dari harga jual produk mereka. Anda hanya tinggal mengiklankannya lewat dunia internet, kemudian para pelanggan akan berdatangan dan memesan produk tersebut pada Anda. Tentu saja, banyaknya komisi yang akan Anda terima tergantung dari banyaknya produk yang telah Anda jual. Bila Anda sudah memiliki konsumen yang banyak, bisa jadi ini menjadi bisnis utama Anda.

Menjual software online
Bila Anda ahli dalam bidang ini, bukan tidak mungkin bisnis ini akan menjadikan Anda hidup berkecukupan. Bila Anda senang atau hoby dengan game-game, Anda bisa menjual game ini ke para pengguna internet. Bisnis ini memang sudah di lirik oleh banyak orang dari jaman dahulu, dan terbukti banyak sekali yang sukses dalam bisnis ini. semakin berkembangnya jaman, maka semakin lebih berwarna pula program-program atau software. Di sinilah, Kita dapat meraup keuntungan yang cukup besar. Hanya bermodal keahlian, berlembar-lembar rupiah akan Anda dapatkan tanpa harus bersusah payah mencari modal uang.

Membuka jasa pembuatan website
Dunia internet memang semakin canggih, maka banyak pula yang ingin membuka jasa atau menjual barang-barangnya secara online. Inilah yang bisa Anda manfaatkan. Semakin banyak orang yang ingin membuka toko online, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa toko online. Jasa ini banyak sekali di butuhkan oleh para pebisnis yang memang tidak mempunyai banyak waktu untuk membuka lapak, atau membuat website. Anda hanya perlu menggali kreatifitas, serta memperkirakan harga, dan bisnis akan berjalan lancar.

Memilih bisnis online memang bisa meminimalisir resiko, apalagi resiko kerugian. Karena bisnis ini hanya membutuhkan keahlian serta kesungguhan dalam menjalankannya. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari modal yang besar. Cukup dengan mengembangkan segala keahlian yang Anda miliki, serta menyempatkan waktu khusus untuk lebih belajar lagi, bisnis pun akan terus berjalan. Kebanyakan orang mungkin akan putus asa bila sekali gagal, namun Anda bisa bangun dan kembali berusaha membangun bisnis online.

Cara Bisnis Online Baju

Fashion, terutama baju merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam kehidupan, sebab baju adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Jadi, dengan kata lain berbisnis baju merupakan hal yang bisa menjanjikan, tinggal bagaimana Anda menggunakan peluang dan kesempatan bisnis ini. Salah satu caranya adalah dengan menjualnya lewat media internet atau yang akrab disebut Bisnis Online. Dan bagi Anda yang ingin memulai usaha ini,

1. Siapkan kelengkapan

Langkah pertama yaitu menyiapkan PC / komputer atau laptop dan koneksi internet. Hal ini wajib dipenuhi sebagai modal awal memulai bisnis online shop.

2. Memahami seluk beluk bisnis online

Seseorang yang ingin menekuni bisnis online, hendaknya mengerti dan memahami terlebih dahulu mengenai selukbeluk bisnis online. Seperti memahami bagaimana cara operasional komputer/laptop, internet, serta konsep dan strategi marketing dalam berbisnis online.

3. Mempersiapkan produk
Setelah menentukan media bisnis yang akan digunakan, maka pebisnis online pemula harus mempersiapkan produk (baju) yang akan dijual. Produk baju yang dijual ini boleh dari hasil produksi sendiri, bisa membeli dari agen (toko grosir), atau bisa juga membantu menjualkan baju orang lain (reseller). Pertimbangkan juga model baju dan gaya dengan trend terkini, yang sedang banyak diminati pasar.

4. Memilih produk yang kita jual

Bicara bisnis berarti bicara produk apa yang kita tawarkan kepada calon pembeli. Apabila produk yang kita tawarkan banyak menarik perhatian dan minat calon pembeli maka tentu bisnis kita akan sukses. Begitupun sama halnya dalam menjalankan bisnis online shop reseller.
Banyak produsen penyedia program reseller atau dropship yang menawarkan produk-produk menarik dan tentunya banyak dicari pengguna internet. Ada berbagai produk dari berbagai passion dapat anda temukan di internet, misalnya saja fashion seperti baju muslim, baju distro, baju batik, atau pada passion elektronik seperti smartphone samsung, iphone dan asus, atau pada passion kesehatan seperti obat herbal, obat peninggi badan, obat pelangsing badan, dan masih banyak lagi passion bisnis lainnya di internet.
Produk-produk diatas memiliki sangat banyak peminat di internet yang beberapa diantaranya rutin berbelanja online. Dan tentunya dengan strategi pemasaran yang baik akan membawa puncak kesuksesan sebuah bisnis online shop. Jadi pilihlah produk yang memiliki banyak peminat.
5. Menguasai produk yang dijual
Setiap pemula yang ingin terjun ke bisnis online, harus menguasai produk yang ia tawarkan. Tampilkan produk dalam kemasan terbaik dan informatif, seperti menggunakan gambar yang menarik dan mudah dimengerti oleh konsumen, sehingga bisa bernilai jual tinggi. Dan berikan keterangan yang lengkap mengenai spesifikasi baju (jenis, bahan, ukuran, warna, dll), harga eceran atau harga grosir, cara pembayaran dan nomor rekening bank penjual (gunakan rekening bank yang umum), serta nomor kontak mesti tertera.
6. Membuat website toko online
Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa toko online adalah toko visual untuk menampilkan display produk yang anda jual, ini sama halnya dengan toko fisik pada bisnis online. Jadi buatlah toko online dengan desain dan tampilan semenarik mungkin.
Selain membuat toko online secara berbayar melalui website share hosted dengan domain dan hosting berbayar. Apabila anda pebisnis yang tidak memiliki cukup modal atau sekedar berkeinginan belajar memulai bisnis online shop dengan cuma-cuma tanpa modal, maka anda bisa mencoba memulai bisnis online shop tanpa modal dengan membuat toko online berbasis platform blogger. Blogger adalah situs web 2.0. yang bisa anda manfaatkan untuk membuat blog gratisan.
Nantinya alamat URL blog toko online anda akan menggunakan subdomain seperti bisnisbajuonlineshop.blogspot.com , ini dirasa kurang baik untuk sebuah website toko online. Untuk meyakinkan pengunjung melakukan pembelian maka sebaiknya anda menggunakan top level domain (TLD) .com, jadi alamat url website toko online anda akan menjadi www.bisnisbajuonlineshop.com.

Nah untuk menggunakan domain www.namabisnis.com pada blogger maka anda bisa menerapkan blog custom domain.

Atau anda bisa membuat langsung website toko online profesional anda sendiri dengan CMS WordPress. Asalkan anda mau belajar, punya sedikit modal (sekitar 300ribu) untuk membeli domain dan sewa hosting, maka anda sudah bisa membuat website online shop profesional sendiri. Simak tutorialnya disini Cara Membuat Website Profesional

7. Mencari mitra kerjasama reseller

Hebatnya dalam berbisnis online itu tidak harus membuat dan menjual produk buatan sendiri. Kita bisa bekerjasama dengan orang lain / perusahaan yang juga mencari mitra untuk menjualkan produknya, atau dengan kata lain produsen / perusahaan yang menyediakan program dropship. Dengan kata lain dalam bisnis online shop reseller disini maksudnya kita menawarkan dan menjual produk orang lain.
Lalu bagaimana cara memperoleh keuntungan dari bisnis reseller? yakni dengan meninggikan harga. Misalnya pada sebuah contoh kasus, produsen produk fashion baju muslim menawarkan harga satuan Rp. 100 ribu untuk pembeli biasa dan Rp. 80 ribu untuk pembeli reseller. Maka sebagai reseller disini kita bisa menjual seharga Rp. 100 ribu di website toko online kita dan mendapat keuntungan Rp 20 ribu untuk tiap potong baju muslim yang berhasil kita jual. Atau bahkan sah-sah saja apabila kita menjualnya di toko online kita lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan produsen untuk pembeli biasa.
8. Menentukan media bisnis online
Untuk berbisnis online baju bagi pemula dapat memilih dan menggunakan situs dagang online yang telah tersedia sebagai sarana promosi dan menawarkan produk bajunya. Seperti, tokobagus.com dan berniaga.com. Atau pebisnis pemula juga dapat memanfaatkan blog dan forum jual beli seperti Kaskus, serta dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram.
9. Mendatangkan pengunjung / traffic 
Berbicara toko online tentu sangat berkaitan dengan pengunjung website yang nantinya akan menjadi pembeli produk anda. Toko online berfungsi untuk menarik perhatian pelanggan, dimana pada bisnis internet untuk menarik perhatian pelanggan yaitu caranya dengan mendatangkan traffic. Semakin banyak traffic maka akan semakin besar persentase kemungkinan konversi penjualan produk pada webiste toko online kita.
Pengunjung situs sendiri dapat datang dari berbagai cara, namun yang paling potensial mendatangkan banyak pengunjung hingga 80 % sekaligus yakni pengunjung yang berasal dari traffic organic dari mesin pencari Google dan beberapa persen pengunjung referral dari social media seperti facebook, twitter dan google plus.
10. Melakukan konversi penjualan 
Konversi penjualan adalah bagian terpenting dalam upaya menjadikan pengunjung website menjadi pembeli. Kebanyakan pebisnis online shop gagal pada tahap ini, mereka mampu menjaring banyak pengunjung, tapi gagal menjadikan pengunjung menjadi pembeli.
Sebaiknya dalam menjual produk di toko online itu anda mencantumkan detail produk, harga, metode pembayaran, dan cara konfirmasi pembayaran, selengkap-lengkapnya. Sebab apabila tidak mencantumkan hal-hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan pengunjung tentang keaslian produk. Karena dalam kasus tertentu ada juga pengunjung yg tidak jadi membeli dikarenakan tidak adanya detail metode pembayaran. Hal ini tentu menyia-nyiakan upaya kerja keras kita dalam meningkatkan penjualan.
Cukup sekian 6 hal diatas yang harus anda pahami. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memulai bisnis online shop anda. Jika dirasa artikel ini bermanfaat mohon bagikan artikel ini ke social media, dan apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Adapun jika anda sudah terjun menyelami bisnis reseller terlebih dahulu, saya harap anda juga bisa berbagi pengalaman dalam mengembangkan bisnis online shop anda melalui kolom komentar dibawah ini.

11. Perlakukan konsumen dengan sepatutnya

Seperti halnya pada toko konvensional, konsumen pasti ingin dilayani dengan baik, sopan dan dihargai saat membeli. Jadi, ketika uang dari pembeli telah diterima maka segeralah untuk mengirimkan barangnya. Buat kemasan yang rapi, pengiriman tepat waktu akan membuat para konsumen terkesan dan percaya pada toko baju online Anda dan tak ragu lagi untuk melakukan pembelian berikutnya. Konsumen yang puas biasanya akan mempromosikan toko online Anda ke pada teman dan kerabatnya yang lain.
12. Transaksi mudah
Transaksi yang mudah akan lebih menarik minat pembeli. Jadi, gunakanlah rekening bank yang umum dipakai, sehingga konsumen tidak akan berpikir panjang untuk melakukan transaksi jika rekening penjual ada di bank besar. Kemudahan bertransaksi ini harus diperhitungkan pada saat Anda akan membuka rekening tabungan untuk bertransaksi atau menerima dana transfer dari konsumen.

Tata Cara Bisnis Batubara

Indonesia adalah salah satu surganya sumber daya alam dunia, hampir sepertiga sumber kekayaan sumber daya alam berada di Indonesia. Batubara adalah salah satunya, batubara adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang masih memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Untuk memulai bisnis batubara, tentu harus belajar terlebih dahulu, agartau tata dan cara pengelolaan yang baik dan benar.

Untuk mengetahui tata cara pembelian batubara, berikut di bawah ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Pihak yang berhak menjual batubara
Merujuk pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (“UU Minerba”), diatur bahwa para pihak yang dapat melakukan kegiatan usaha di bidang pertambangan adalah pihak-pihak yang memiliki izin dalam bidang usaha pertambangan. Dalam hal kegiatan usaha yang akan dijalankan adalah jual beli batubara, maka berdasarkan UU Minerba pihak yang berhak untuk melakukan kegiatan penjualan batubara tersebut adalah pemegang IUP Operasi Produksi (“IUP OP”) dan IUPK Pengangkutan dan Penjualan (“IUPK Trading”).

2. Perjanjian Jual Beli Batubara
Setelah kita mengetahui para pihak yang berhak melakukan penjualan batubara, maka tahap selanjutnya adalah pembuatan perjanjian jual beli batubara antara perusahaan saudara dengan pemegang IUP OP atau dengan pemegang IUPK Trading.

Pada dasarnya, perjanjian jual beli batubara merupakan perjanjian yang sama dengan perjanjian lainnya yang harus memenuhi unsur dari Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPerdata”). Namun, khusus untuk perjanjian jual beli batubara terdapat hal-hal yang harus diperhatikan pada pembuatan perjanjian tersebut yaitu:

Lingkup Hak Izin Menentukan Lingkup Wilayah Penjualan Batubara
Dalam membuat perjanjian dengan penjual yang dalam hal ini adalah IUPK Trading, Kita harus mengetahui lingkup izin yang dimiliki oleh pemegang IUPK Trading tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana cakupan hak atas wilayah penjualan yang dimiliki oleh pemegang IUPK Trading. Dalam hal IUPK Trading diberikan oleh Menteri, maka kegiatan penjualan dapat dilakukan lintas provinsi dan negara, kemudian jika diberikan oleh Gubernur maka kegiatan penjualan batubara dapat dilakukan lintas kabupaten atau kota, sedangkan jika diberikan oleh Bupati maka kegiatan penjualan terbatas hanya pada satu kabupaten/kota.

Status Clean and Clear
Berdasarkan praktik dalam usaha pertambangan, batubara yang dijual oleh pemegang IUPK Trading dipersyaratkan diperoleh dari pemegang IUP OP yang telah terdaftar dalam daftar clean and clear yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (“ESDM”) yang dibuktikan dengan sertifikat clean and clear.

Harga Batubara
Bagi para pihak yang ingin melakukan jual beli batubara dan akan menentukan harga batubara harus mengacu kepada Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral dan Batubara. Harga batubara akan ditentukan oleh ESDM yang berlaku untuk jangka waktu tertentu dan ditetapkan berdasarkan peraturan direktorat jenderal. Penentuan harga patokan batubara ini dimaksudkan sebagai patokan dalam menentukan besarnya jumlah royalti yang harus dibayarkan oleh para pihak dalam perjanjian tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kami simpulkan bahwa pada dasarnya jual beli batubara merupakan jual beli yang sama dengan jual beli lainnya. Namun, terdapat hal-hal lain yang harus diperhatikan oleh para pihak dalam melakukan jual beli batubara yang akan dituangkan dalam perjanjian jual tersebut.

Dasar hukum:
1.    Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
2.    Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara
3.    Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral dan Batubara

Cara Ampuh Bangun Bisnis Tanpa Modal

Satu hal yang menjadi penghambat apabila seseorang ingin mulai membuka sebuah usaha adalah sumber modal. Banyak orang yang ingin memiliki usahanya sendiri namun tidak mampu melakukannya dikarenakan tidak memiliki cukup uang sebagai sumber modal awal.

Namun ternyata, hal tersebut bukanlah hambatan yang besar. Anda tetap bisa menjadi seorang pengusaha sukses dengan modal minim apabila Anda mampu mengkombinasikan keterampilan, etos kerja serta taktik pemasaran yang baik.Berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda coba untuk mulai membangun bisnis dengan modal minim:

1. Ciptakan sesuatu
Menciptakan sesuatu memang membutuhkan budget tertentu dalam pembuatannya, namun ternyata, produk hasil karya kita sendiri ini dapat dijual dengan harga yang jauh lebih besar dibanding ongkos pembuatan.

Anda bebas memilih produk apapun yang ingin Anda buat. Untuk segi pemasarannya, Anda dapat mencoba menjual di beberapa website online seperti Abe’s Market, Etsy, Ebay ataupun Bonanza.
Beberapa produsen memilih untuk menjual produknya di beberapa platform yang berbeda untuk menarik massa lebih banyak. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus terus memperbaharui produk Anda di semua website tempat Anda menaruh barang.

2. Menjual kembali
Jika membuat sebuah produk baru merupakan hal yang sulit Anda lakukan, cobalah untuk menjual barang-barang yang sudah ada. Banyak pengusaha yang mampu tumbuh sukses hanya dengan memperjualbelikan barang-barang yang sudah dibuat sebelumnya.
Hal ini dapat Anda coba lakukan dengan berbagai cara seperti mengadakan garage sale atau membuka toko jual beli online.

3. Menawarkan jasa
Satu cara ampuh yang dapat Anda kerjakan untuk memulai membuka usaha tanpa harus memiliki modal yang banyak adalah dengan menawarkan kemampuan yang Anda miliki. Ada banyak sekali jasa yang dapat Anda tawarkan sesuai dengan latar belakang atau passion yang Anda tekuni.

Beberapa pekerjaan memang membutuhkan keterampilan khusus. Namun, banyak penawaran jasa yang dapat Anda kerjakan dan tidak membutuhkan keterampilan khusus, seperti menjadi pengasuh anak atau asisten pribadi.Terlihat mudah memang apabila Anda memilih untuk menekuni pekerjaan ini. Akan tetapi, Anda juga harus mampu membuat citra positif agar keterampilan Anda dapat terus dipakai oleh para klien.
Anda dapat mempromosikan diri Anda melalui beberapa website seperti Fiverr, Craigslist, Elance, Taskrabbit and Skillshare. Selain dapat mempromosikan diri, di website tersebut Anda juga dapat menunjukkan pengalaman serta contoh pekerjaan yang sudah Anda kerjakan sebelumnya.


Cara Membuat Website Gratis Untuk Pemula

Penggunaan website saat ini semakin hari semakin bertambah banyak hal ini terjadi karena kemajuan tehnologi dan tuntutan hidup pada jaman sekarang. Seiring dengan itu penyedia jasa pembuatan website murah juga tumbuh dan berkembang di mana mana. Website yang dalam bahasa Indonesia berarti situs web, merupakan suatu halaman web yang pada dasarnya berupa sebuah berkas baik itu berupa berkas gambar, tulisan, video dan lain sebagainya.

Cara membuat website untuk pemula yang belum paham sama sekali soal seluk beluk web sebenarnya mudah sekali dan tidak perlu khawatir sama sekali soal pengetahuan script, html, php, css, javascript dan segala yang berbau ilmu pemrograman, karena sekarang ini tidak lagi serumit dulu yang mana harus bisa ini-itu baru bisa punya web sendiri.

Cara Membuat Website gratis

1. Kunjungi situs www.idhostinger.com
2. Scroll ke bawah sedikit, Lihat Logo Google, Dan Klik logo tersebut, Kemudia masukan email yang Anda miliki.
3. Setelah memasukan alamat email dan menekan enter, Pihak Idhostinger akan meminta izin untuk mengakses alamat dan info profil, Setujui dengan mengklik terima, Kemudian akan diarahkan ke menu paket hosting.
4. Terdapat 3 pilihan paket hosting yang dapat Anda pilih, Tetapi karena kita ingin belajar cara membuat website gratis maka pilihlah paket hosting yang gratis, Klik Orde
5. Pada menu order hosting baru, Isikan kotak kosong subdomain sesuai dengan nama yang diinginkan ditambah dengan pilihan nama domain esy.es, 16mb.com, 96.lt, besaba.com, hol.es, zz.mu, pe.hu. Kedua bagian ini akan menjadi alamat website Anda nantinya. Atau jika Anda menginginkan alamat website dengan domain TLD .com ataupun domain Indonesia, Anda dapat mencari dan membelinya di Niagahoster (bagian dari idhostinger.com).
Sedangkan pada bagian ubah tipe domain jangan diklik, biarkan posisi default saja. Selanjutnya masukan password, Kemudian klik lanjutkan.
 6. Selanjutnya akan terbuka layar baru yaitu konfirmasi order, Lakukan klik pada bidang kotak kosong yang bertuliskan ‘saya bukan robot’  isi kode captcha kemudian klik verifikasi, dan klik order, tunggulah hingga proses ini selesai.
7. Setelah proses selesai, klik tanda + pada menu daftar akun hosting, dan klik auto installer.
8. Selanjutnya akan masuk ke menu auto installer, Di sini Anda akan menemukan banyak aplikasi yang dapat dipergunakan, Scroll ke bagian Content Management, cari wordpress karena kita akan mempelajari cara membuat website gratis dari wordpress.
9. Setelah diklik maka akan masuk ke menu layanan website gratis dari wordpress, Nah di sini Anda harus mengisi beberapa bagian antara lain :
a. Username Administrator
b. Password Administrator
c. Judul Website ( nama website / thema website )
d. Tagline Website ( Deskripsi singkat website )
e. Yang lainnya biarkan default saja ya

Sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya, Anda perlu mempelajari dan mengetahui pembuatan sebuah logo. Karena logo merupakan hal penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Ia akan memberikan identitas kepada sebuah website sehingga akan menjadi ciri tersendiri bila menggunakannnya. Memang tidaklah mudah merancang sebuah logo, Tapi kini Anda tidaklah perlu pusing dan khawatir dengan hal itu. Ada tools online yang dapat membantu Anda.
Anda bisa mengunjungi situsnya langsung yaitu Logaster yang akan membantu Anda merancang logo dengan sangat cepat dan mudah secara online hanya dalam hitungan menit saja. Anda cukup memasukkan nama perusahaan dan pilih jenis usaha, dan Logaster dengan cepat akan menampilkan berbagai bentuk logo yang dapat dipilih bahkan Anda dapat dengan mudah mengeditnya bila ingin mengganti warna, font, ukuran dan lain-lain.

10. Kemudian klik instal, Tunggu proses hingga selesai, Klik URL jika ingin melihat tampilannya.

11. Dan website gratis Anda sudah jadi, Anda dapat login ke website Anda dengan cara mengetik www.namadomain/wp-admin atau mengetik www.namadomain/wp-login.php. Isikan username dan password yang dibuat sebelumnya, Kemudian Anda akan masuk ke wordpress sebagai tanda bahwa Anda telah berhasil membuat website sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments