Kamis, Februari 2, 2023
spot_img
BerandaBisnis Kecil Dan MenengahLangkah-langkah Membuka Usaha Suvenir Untuk Pernikahan

Langkah-langkah Membuka Usaha Suvenir Untuk Pernikahan


Cara Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

Salah satu pertanyaan yang beberapa kali ditanyakan kepada saya ketika sedang online adalah, “Mas, bagaimana sih dulunya Cara Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan yang sekarang mas jalankan ini?” Pertanyaannya sih sederhana sekali, namun kalo dijawab secara detil bisa jadi panjang penjelasannya, hehehe…Saya memulai Bisnis Souvenir Pernikahan ini awalnya tidak direncanakan dengan detil ataupun dengan perhitungan matematis yang cukup rumit, misalnya berapa modal yang dibutuhkan, apa yang harus daya siapkan, bagaimana estimasi penghasilannya, bagaimana perhitungan balik modalnya, dll. Saya malah tidak pernah melakukan itu semuanya.

Semua saya jalankan mengalir begitu saja. Pokoknya bisnis souvenir pernikahan ini ingin saya seriusi bersama istri (maklum saat itu memang menjadi satu project bersama istri). Segala teori tentang wirausaha atau bisnis benar-benar saya tabrak. Pokoknya dijalankan dulu. Meskipun disisi lain saya sudah memikirkan pasti juga akan nabrak-nabrak dgn beberapa masalah, namun show must go on..!

Cara Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan
Setelah saya terjun langsung menjalankan Usaha Souvenir Pernikahan ini akhirnya saya jadi mengerti dan tahu betul, bagaimana Cara-Cara Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan yang harus dilakukan step by stepnya. Jadi semacam menjadi panduan untuk bisa memulai bisnis souvenir pernikahan itu dari awal.

Langkah demi langkah ini memang hasil pengalaman saya pribadi dalam menjalankan bisnis souvenir pernikahan. Dimana ini nantinya akan saya coba untuk saya tuliskan secara berseri, Inshaa Allaah akan saya beri judul “14 Cara Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan”. Akan saya bahas satu persatu agar bisa diikuti dengan baik.

 

Tips Memilih Souvenir Pernikahan

1. Pertimbangkan Jumlah Dan Harga
Tips pertama adalah, dalam masalah jumlah souvenir yang anda pesan. Dalam memesan souvenir pernikahan anda harus memesan lebih banyak daripada jumlah undangan yang anda sebarkan. Penambahan souvenir ini bertujuan untuk menghindari souvenir yang kurang seperti rusak atau hilang. Untuk masalah harga, jumlah anggaran yang anda keluarkan untuk souvenir harus dibagi dengan jumlah undangannya, sehingga anda tau berapa kira-kira biaya souvenirnya.
 
2. Banyak Bertanya dan Cari Refrensi
Setelah anda tahu berapa harga yang cocok dengan anggaran anda, segera berburu ke tempat-tempat yang menjual souvenir. Untuk refrensi, anda bisa bertanya kepada kerabat atau teman yang sudah melangsungkan resepsi pernikahan untuk mendapatkan tempat yang menjual souvenir yang bagus.Tanyakan juga ketepatan waktu pembuat souvenir dalam menyelesaikan pesanannya, termasuk kualitasnya. Setelah anda tahu tempat yang cocok, anda bisa langsung datang ke toko tersebut dan langsung memilih.
 
3. Pilih Souvenir Yang Bermanfaat atau Pajangan
Ratusan souvenir akan membingungkan anda. Untuk itu, pilih souvenir yang bermanfaat bagi tamu undangan anda, namun tetap mempertimbangkan harga. Seringkali pengantin memberi souvenir yang bermanfaat namun memiliki kualitas yang jelek, karena terbentur harga misalnya saja, kalkulator, notes, atau alat manicure. Meski pun bagus, tapi jika berkualitas jelek hanya akan bisa digunakan sebentar sebelum akhirnya disimpan didalam laci atau dibuang. Sayang bukan?
 
Untuk amannya, pilih souvenir yang bisa dijadikan pajangan di meja atau lemari. Souvenir jenis ini biasanya sangat disukai dan kualitasnya pun cukup bagus. Oh ya, usahakan pilih souvenir yang cocok untuk laki-laki maupun perempuan. Untuk itu jangan pilih souvenir yang terlalu maskulin, atau terlalu feminim ya!
 
4. Hias Dengan Pita
Souvenir akan semakin cantik dan sopan jika dibungkus dengan wadah atau setidaknya plastik dan pita. Ini menunjukkan anda berterima kasih dan menghormati tamu undangan yang sudah hadir. Pita atau wadah, pilih yang memiliki warna senada dengan dekorasi atau tema. Anda juga bisa menyematkan ucapan terima kasih di pitanya.
 
5. Pilih Yang Ukurannya Tepat
Agar tamu undangan mudah dalam membawa souvenir, pilih ukuran yang tepat. Jangan terlalu kecil tapi juga jangan terlalu besar.
 
6. Inisial Nama Kecil
Menurut survey yang dilakukan oleh vemale.com, orang-orang tidak suka dengan souvenir yang memajang foto pengantin atau inisial nama yang terlalu besar. Untuk itu, tempatkan inisial nama anda dan pasangan di tempat yang agak tersembunyi dan ukurannya kecil.
 
 
Mudah sekali bukan memilih souvenir pernikahan? 
 

Ide Souvenir Pernikahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri Tanpa Bikin Bengkak Anggaran Resepsi

 

Penikahan jadi momen yang dinanti oleh banyak orang. Namun,tak sedikit orang yang menunda menggelar pesta pernikahan karena dana yang belum terkumpul banyak. Pasalnya biaya pesta pernikahan memang tidak murah. Kamu harus mengeluarkan uang untuk sewa gedung, bikin undangan, bikin seragam, sewa jasa dekorasi, katering hingga souvenir.

Tenang, diantara sekian banyak kebutuhan, kamu masih bisa memangkas dana pesta pernikahan dengan bikin souvernir sendiri kok. Tanpa harus mengandalkan jasa profesional, sekarang kamu bisa menciptakan souvenir yang indah dengan cara yang mudah . Jika mulai menggarapnya jauh-jauh hari sebelum pernikahan, souvenir yang ratusan jumlahnya tak mustahil kamu buat dengan tangan sendiri. Penasaran? Berikut ini instruksinya.

1. Berikan para tamu undangan satu pot tanaman sukulen yang mudah dirawat, dijamin tamumu pasti tak akan menolak.

Agar para tamu undangan tak menyesal telah datang ke pesta pernikahan yang kamu gelar, berikanlah souvenir yang berkesan. Misalnya satu pot tanaman sukulen yang mungil. Cara membuatnya juga mudah kok. Pesan berbagai jenis tanaman sukulen berbentuk mini dari mulai harga Rp. 1500- Rp. 5.000. Lalu beli pot tanaman plastik sekitar Rp. 1000. Agar lebih menarik, kamu bungkus pot tanamanmu dengan kertas karton berwarna coklat.

Caranya, gunting kertas membentuk segiempat dan letakkan pot di bagian tengah. Setelah itu, gunakan jari untuk membuat pola bungkusan seperti pada gambar. Lalu ikat dengan tali rotan yang harganya murah. Jangan lupa pasangi label hari pernikahan kalian ya. Jadi deh. Cepat dan mudah ‘kan? Membuat souvenir sendiri itu tidak ribet kok, asal kamu mau mempersiapkan jauh-jauh sebelum hari pernikahan.

2. Sembari mencerdaskan anak-anak bangsa, menyediakan souvenir unik paket menggambar dengan tema pernikahan juga bisa bikin pesta penikahanmu tak mudah dilupakan.

Kamu ingin hari pernikahanmu dikenang banyak orang? Gampang! Bikin saja souvenir unik yang jarang diterapkan banyak orang. Salah satunya adalah paket menggambar bertema pernikahan.

Cara bikinnya mudah kok. Pertama-tama cetak sketsa gambar bertema pernikahan, misalnya pengantin, kue penikahan, atau gaun di kertas HVS putih. Lalu selipkan 3 crayon warna yang berbeda. Tenang, alat gambar ini harganya murah kok 1 paket crayon isi 12 bisa kamu beli dengan harga kurang lebih Rp 6.500. Lalu tambahkan clipboar yang harganya murah sekitar Rp.5000an sebagai alas. Kemudian ikatlah menggunakan benang rajut. Dan jangan lupa tambahkan label pernikahan berisi tangga dan nama kedua mempelai.Nah, jika ingin lebih murah lagi, clipboard bisa ditiadakan kok. Dengan souvenir ini, kamu bukan hanya bikin pernikahanmu tampak unik, anak-anak para tamu undangan juga bisa menjadi lebih kreatif lagi.

3. Berikan tamu undanganmu sebotol mini candy ball warna-warni, alhasil mereka pasti jadi lebih ceria lagi.

Sebagai rasa terima kasih, maka kamu harus memberikan souvenir yang menarik. Salah satunya dengan mnghadiahi botol mini berisi candy ball warna-warni. Tak perlu bayar jasa profesional untuk membuatnya, kamu bisa menciptakannya sendiri kok.

Beli botol jar mini dengan harga sekitar Rp. 3000 an. Lalu isi dengan candy ball warna-warni yang bisa kamu beli perkilo. Setelah itu, labeli dengan stiker yang kamu desain sendiri. Setelah itu, pasagi pita di bagan tutupnya. Mudah ‘kan? Ratusan souvenir bisa kamu selesaikan dalam waktu sebulan jika kamu mengerjakannya saban akhir pekan.

4. Hanya dengan sedikit sentuhan kreativitas, mini notebook yang murah meriah bisa kamu jadikan sebagai souvenir hari pernikahan.

Kamu ingin memberikan souvenir yang bermanfaat tapi tetap indah dan bikin pernikahanmu tak terlupakan? Kamu bisa menambatkan hati pada souvenir dalam bentuk mini notebook. Tenang, kamu tak perlu buru-buru pesan ke percetakan. Demi menghemat biaya pernikahan, kamu bisa bikin sendiri di rumah.

Caranya mudah kok, kamu siapkan kertas HVS. Lalu kamu bagi kertas menjadi 6 bagian. Lipat secara vertikal dan gunting tengah-tengan kertas pada dua kotak. Setelah itu kamu renggangkan, dan satukan dua sudut guntingan. Jadi deh buku saku yang berjumlah 8 halaman. Nah, agar lebih menarik, kamu gunakan kertas HVS warna-warni dan pasangi cover buku yang kamu bikin sendiri. Misalnya gambar digital seperti pada contoh di atas atau sketsa unik yang kamu sukai. Selain murah meriah, souvernir seperti ini bisa bikin pernikahanmu tak terlupakan.

5. Tabung reaksi tak hanya bisa digunakan untuk penelitian, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai wadah resep kopi untuk para tamu undangan.

Menghemat biaya pernikahan bisa dilakukan dengan cara membuat sendiri souvenir yang akan diberikan pada tamu undangan. Salah satunya adalah ramuan kopi yang dalam botol reaksi. Jenis souvenir ini murah dan mudah dibuat kok.

Botol reaksi bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 3500 per botol. Lalu masukkan bahan ramuan kopi. Dan jangan lupa pasangi label petunjuk penggunaan dipermukaan botol ya. Label ini bisa kamu desain sendiri dan cetak di jasa percetakan. Tenang, harganya murah, untuk 15 biji lembar kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 5000an. Lalu tutup dengan potongan kayu atau plastik.
Nah, agar lebih menariik, buat saja pilihan menu. Misalnya, mocha berisi kopi, susu, dan coklat. Espresso berisi kopi hitam saja. Dan kopi tubruk berisi kopi dan gula pasir. Souvenir seperti ini pasti bikin tamu undanganmu tak sabar untuk menyeduhnya di rumah. Gampang dan menarik ‘kan?

6. Ingin memberikan souvenir mewah tapi murah? Buat saja gelang manik-manik sendiri di rumah.

Sebagai ucapan terima kasih pada para tamu undangan, gak ada salahnya memberikan souvenir yang mewah dan berharga. Tanpa meninggalkan kesan mewah namun tetap murah, pilih saja gelang manik-manik sebagai souvernirmu.

Beli manik-manik secara grosir, harganya cukup menyenangkan Rp 5000 bisa mendapatkan 200 biji. Lalu rangkai 15-20 biji pada tali gelang yang juga bisa kamu beli secara grosiran. Jangan lupa pasangi label ucapan terima kasih atau kata-kata mutiara. Dijamin, tamu undangan pasti bakal senang.

7. Selain menyelamatkan lingkungan, souvenir dalam bentuk bibit tanaman juga bikin mereka ingin segera ikut andil menanam.

Cara membuat agar pesta pernikahan yang kamu gelar terasa berkesan itu mudah kok, salah satu caranya dengan memberikan souvenir yang unik dan berbeda dari lainnya, misalnya dengan memberikan bibit tanaman. Kamu bisa pesan bibit perkilogram agar lebih murah. Misalnya kacang, cabai, bayam, atau pepaya. Lalu kamu beli kertas karton warna coklat yang berukuran dan bikin amplop kecil darinya.

Caranya, gunting kertas berbentuk persegi panjang ukuran 13 x 15 cm. Lalu buat pola seperti pada gambar dan gunting bersamaan beberapa tumpukan lembar kertas agar cepat selesai. Kemudian rangkailah pola menggunakan lem agar amplop mini tercipta. Gunakan amplop buatanmu sendiri sebagai wadah bibit souvenir. Dan jangan lupa tulis label, kata-kata indah atau ucapan terima kasih dari pena ya.

8. Kalau tamu undangan tak terlalu banyak dan budgetmu lumayan, gak ada salahnya berikan souvenir mini buket bunga yang indah dan bikin mereka merasa bahagia.

Kamu menggelar acara pernikahan yang lebih privat dengan tamu undangan yang terbatas? Berikan saja souvenir berupa buket bunga mini yang kamu bikin sendiri. Biayanya gak mahal kok, kamu hanya butuh uang Rp. 5000an untuk satu buket ini. Nah, cara bikinnya mudah kok, beli saja jenis bunga yang murah misalnya bunga mawar. Kalau kamu beli secara grosiran, kamu bisa mendapatkan mawar dengan harga murah Rp 1.000 -2.000 pertangkai mawar. Lalu satukan dengan beberapa jenis bunga kecil yang murah atau daun tambahan. Lalu kemas menggunakan kertas krep.

Caranya, gunting kertas berbentuk segi empat, lalu letakkan buket bunga yang sudah diikat dengan tali di bagian tengah. Tutup buket dengan menarik sisi kertas bagian kanan, bagian bawah dan dan bagian kiri. Kemudian ikat dengan tali rotan. Nah, agar lebih cantik, kamu bisa tambahkan kertas coklat. diluarnya. Dan jangan lupa berikan label ucapan terima kasih atau kata-kata puitis ya.

Souvenir dalam pernikahan memang tidak wajib, tapi para tamu undangan akan merasa senang saat kamu memberinya sebagai rasa terima kasih pada mereka. Nah, agar biaya pernikahan bisa lebih hemat dan tamu undangan tetap senang, souvenir yang bisa dibikin sendiri di rumah ini layak jadi pilihan.Tanpa harus pesan di jasa profesional, 8 cara ini bisa kamu andalkan untuk menghadirkan souvenir murah dan indah.

Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil 

Bisnis souvenir pernikahan merupakan salah satu usaha yang sudah sejak lama dijalankan sebagian masyarakat Indonesia dan kini mulai bergeliat kembali. Souvenir pernikahan sangat dibutuhkan ketika momen pernikahan berlangsung untuk mengenang saat peristiwa-peristiwa penting yakni perkawinan sebuah acara sakral dan berpengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Perkawinan merupakan salah satu jalan untuk menghalalkan badan orang lain sebagai wujud cinta yang kuat seorang insan kepada pasangannya.

 
Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, oleh sebab itu, karena setiap pengantin menginginkan pernikahannya dapat selalu dikenang dengan indah oleh mereka dan orang lain atau tamu undangan yang hadir, mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk memesan souvenir pernikahan. Mereka akan memberikan cenderamata atau souvenir itu kepada keluarga besar dan orang lain atau tamu undangan yang hadir sebagai hadiah kenang-kenangan momen pernikahan mereka.

Menurut data penulis di lapangan, permintaan akan souvenir pernikahan di tanah air setiap tahun meningkat pesat apalagi pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Zulhijjah. Hal ini menjadikan peluang usaha souvenir pernikahan berpotensi menghasilkan keuntungan besar dengan modal kecil. Peluang bisnis souvenir pernikahan merupakan usaha rumahan yang dapat dijalankan sebagai pekerjaan sampingan, namun dengan potensi keuntungan yang lumayan besar.

Berikut ini macam-macam Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil yang dapat dijalankan sebagai bisnis sampingan di rumah, antara lain:

1. Souvenir produksi sendiri. Apabila anda mempunyai kreatifitas dan keahlian dalam membuat souvenir atau kerajinan tangan yang unik disesuaikan dengan tema pernikahan maka tak salahnya anda mencoba usaha pembuatan souvenir pernikahan produksi sendiri, contohnya korek api gas atau gantungan kunci dengan ukiran tulisan kedua mempelai dan dicantumkan tanggal pernikahan. Anda bisa membuat souvenir perkawinan dalam bentuk lainnya tergantung kreatifitas dan keahlian anda.

2. Souvenir produksi semi sendiri. Maksudnya, anda membeli produk souvenir yang umum lalu anda ubah menjadi souvenir pernikahan yang sudah jadi. Misalnya tas atau anda membeli tas dalam jumlah besar dengan harga sangat murah, kemudian anda kreasikan sendiri tas tersebut menjadi souvenir pernikahan yang unik dan menarik. Bisnis souvenir pernikahan jenis ini akan menghemat tenaga dan pikiran anda

3. Distributor. Anda sebagai distributor souvenir pernikahan yang menyalurkan produk-produk souvenir tersebut kepada para pengantin. Contohnya, jika anda bertempat tinggal di Bandung, anda bisa membeli souvenir pernikahan di Yogyakarta dalam jumlah besar, kemudian mendistribusikannya kepada para calon pengantin. Keunggulan jenis usaha souvenir ini ialah anda tidak direpotkan dalam pembuatan souvenir pernikahan.

Itulah tiga jenis usaha souvenir pernikahan yang bisa anda jalankan sekarang ini. Anda bisa memilih salah satunya disesuaikan dengan modal dan kemampuan serta keterampilan anda. Yang penting dalam usaha ini adalah promosi yang tepat dan akurat. Contohnya bekerjasama dengan pengusaha katering pernikahan, wedding organizer, dan lain-lain.

Demikianlah Peluang Usaha Souvenir Pernikahan Untung Besar Modal Kecil. Souvenir pernikahan adalah barang sederhana yang mudah dan praktis dibawa kemana-mana. Keuntungan dari bisnis souvenir pernikahan ini bervariasi. Misalkan dari satu souvenir, anda mematok keuntungan Rp.3000,- maka jika pesanan sebanyak 500 buah, anda mendapatkan keuntungan bersih mencapai Rp. 1.500.000,- untuk satu kali momen pernikahan. Lumayan bukan. Anda bisa menggunakan sistem uang muka atau pembayaran di depan sebagai pengikat dan untuk mencegah terjadinya pembatalan pesanan.


 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments