Rabu, September 28, 2022
spot_img
BerandaIde Memulai Suatu BisnisAneka Macam Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Aneka Macam Peluang Usaha Yang Menjanjikan

 

Ide Peluang Usaha Musiman yang Menguntungkan

Setiap tahun musim itu pasti datang dan pergi. Berbagai peluang usaha yang bisa kita jalankan pada saat tiba musimnya. Pada dasarnya kita harus pintar-pintar melihat dan memanfaatkan peluang yang ada disekitar kita. Seperti memanfaatkan momen bulan puasa dan menjelang lebaran, tahun baru, atau ketika ada acara-acara tertentu dan lain-lainnya.

Meskipun bersifat musiman, bisnis musiman bisa menawarkan keuguntungan yang sangat besar jika dikelolah dengan baik. Terkadang tidak jarang juga peluang bisnis musiman ini bisa dimulai dengan modal kecil atau seadaanya. Contohnya anda memanfaatkan momen HUT RI dengan membuat bendera.

Nah, pastinya untuk membuat bendera tidak membutuhkan modal yang besar. Berikut ini kami rangkum 6 peluang usaha musiman yang cukup menguntungkan dengan modal kecil.

1. Bisnis Jualan Baju Kaos Bola

Di tempat kita, yaitu indonesia merupakan salah satu negara pengila bola terbesar. Jadi tidak heran jika musimnya tiba banyak sekali anak muda sampai orang dewasa sekali pun bela-belain begadang untuk nonton petandingan sepakbola.

Nah, kesempatan ini yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual baju kaos bola ataupun pernak pernik yang berhubungan dengan sepak bola. Untuk sepakbola banyak sekali momen yang bisa kita manfaatkan, diataranya saat piala dunia, maupun piala eropa, piala asia ataupun pada musiman kompetisi bola lainnya. Keuntungan dari bisnis ini adalah musimnya relatif lama.

2. Bisnis Jualan Trompet

Bisnis jualan terompet ini boleh dibilang sangat singkat, hanya dalam kurung waktu lebih kurang 2 mingguan. Namun, keuntungan yang kita dapatkan sangat besar, dengan modal seadanya kita bisa membuat terompet sendiri dirumah dan menjualnya pada saat 2 minggu sebelum pergantian malam tahun baru.

3. Usaha Musiman Jualan Makanan & Minuman Segar

Jualan makanan bisa kita lakukan kapan saja, tidak ditentukan oleh waktu. Namun, jualan makanan dan minuman segar ini akan lebih meningkat omsetnya jika tepat pada musimnya.

Seperti bulan puasa, yaa, memang bulan puasa atau bulan ramadhan merupakan bulan perbuah berkah, tidak hanya dari segi pahala tetapi kita juga bisa mendapatkan pundi-pundi keuangan dengan menjual makanan sehat dan minuman segar untuk berbuka.

4. Usaha Sablon Kaos Saat Musim Kompaye Tiba

Saat musimnya kompanye tiba partai politik akan berbondong-bondong mencari perhatian dan suara sebanyak mungkin dari masyarakat. Mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan suara rakyat. Dan semua partai politik akan membuat baju kaos untuk kompanye dengan gambar dan tulisan tertantu.

Nah, ini merupakan peluang yang cukup bagus dan menguntungkan untuk dijalankan dengan membuka bisnis sablon kaos.

5. Bisnis Musiman Saat Valentine Tiba

Bagi anak muda hari valentine merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu. Hati mereka akan senang dengan datangnya hari valentine ini. Berbagai rencana sudah disiapkan, termasuk juga memberikan kado kepada pasanganya.

Jika mereka berencana untuk memberikan kado pada pasanganya, kita juga bisa membantu mereka dengan menjual berbagai aneka jenis dan modal kado, baik itu berupa boneka atau makanan seperti coklat, karena makanan cokelat salah satu makanan yang bayak dicari. Pada musim ini kita akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar jika kita bisa membuat boneka dengan desain unik dan menarik.

6. Bisnis Musiman “Jasa Cuci Sofa”

Hampir setiap tahun jakarta mengalami banjir, tampaknya banjir sudah merupakan kegiatan musiman setiap tahunya. Dibalik musibah pasti ada keberkahan, ini juga kesempatan bagus untuk kita dengan memberikan jasa cuci sofa, kepada mereka yang membutuhkan jasa kita. Banyak sekali kantor atau rumah mewah yang kebanjiran, dan rata-rata mereka membutuhkan jasa cuci sofa.

Nah, itulah 6 ide peluang usaha musiman dengan modal relatif kecil. Bagaimana menurut anda? Usaha manakah yang akan dipilih. Tetapi sebelum memulai bisnis musiman ini perhitungkan dulu modal dan bagaimana peluangnya.

5 Peluang Bisnis Yang Cemerlang di Bulan Ramadhan

Tak terasa bulan Ramadhan sudah ada di depan mata. Suasana bulan Ramadhan memang membawa suatu atmosfir tersendiri bagi kehidupan masyarakat beragama Islam. Suasana khidmat nan syahdu biasanya mewarnai berbagai kegiatan di bulan seribu berkah. Memperbanyak ibadah tentu menjadi kewajiban umat beragama Islam, terutama di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan bukan hanya menjadi bulan seribu berkah untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Bulan Ramadhan juga merupakan momen yang tepat untuk mengembangkan berbagai peluang usaha, banyak lho bisnis yang laris manis di waktu bulan puasa. Nah, sekarang Anda harus memanfaatkan kemampuan berbisnis untuk memulai jenis usaha yang tepat selama bulan Ramadhan.

Ingin tahu peluang bisnis di bulan Ramadhan yang memiliki potensi keuntungan bagus? Yuk simak dulu ulasannya berikut ini:

1. Hidangan Untuk Bulan Puasa

Satu dua hari pertama pasti para ibu rumah tangga sedang giat-giatnya membuat hidangan buka puasa. Namun di hari-hari berikutnya, para ibu cenderung gemar membeli hidangan buka puasa di luar rumah. Oleh sebab itu, bisnis kuliner hidangan berbuka puasa menjadi salah satu peluang besar di bulan Ramadhan.

Selain itu, meningkatnya event buka puasa bersama juga membuat usaha catering ramai dilirik. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan baku makanan yang berkualitas dengan harga jual yang terjangkau. Selain itu, anda juga dapat berkreasi dengan produk kuliner yang unik dan sehat untuk menarik hati para calon pelanggan.

2. Bisnis Busana Muslim

Bulan puasa biasanya juga dimanfaatkan orang untuk mulai membeli baju muslim yang baru. Baju baru merupakan lambang kembalinya kesucian hati di hari Idul Fitri.

Bila anda memiliki relasi dengan supplier baju muslim atau bahkan memproduksi sendiri berbagai produk baju muslim, segera manfaatkan momen ini untuk mencari rezeki. Salah satu kebiasaan masyarakat dalam membeli baju muslim adalah dengan mengikuti tren baju muslim yang sedang populer di kalangan selebriti.

3. Bisnis Kue dan Parcel Lebaran

Kue-kue kering yang cantik dan menggiurkan tentu menggoda siapa pun yang melihatnya. Daripada repot-repot membuat kue lebaran sendiri, lebih baik membeli aneka kue lebaran yang lezat dan berpenampilan cantik. Bagi anda yang berbisnis kue lebaran, buatlah sistem promosi baru di momen bulan Ramadhan untuk menarik para pelanggan baru.

Anda dapat membagikan tester produk secara gratis atau menggunakan social media sebagai sarana promosi. Selain kue lebaran, parcel juga menjadi salah satu produk menarik yang banyak digunakan sebagai buah tangan bagi para kerabat dan sanak saudara. Saat ini terdapat beragam jenis parcel yang menarik mulai dari makanan, perlengkapan ibadah, parcel kue kering dan jenis-jenis parcel lainnya.

4. Bisnis Reservasi Tiket Transportasi

Bulan Ramadhan dan hari Idul Fitri juga sering dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman dan melepas rindu dengan sanak saudara dan handai taulan. Tak heran bila tiket transportasi umum via darat, laut maupun udara selalu ludes terjual menjelang bulan puasa.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis reservasi tiket transportasi. Selain dapat mengumpulkan rezeki dari bisnis ini, anda juga telah berupaya membantu orang-orang yang membutuhkan tiket mudik.

5. Penyalur Asisten Rumah Tangga dan Baby Sitter

Banyak ibu rumah tangga yang merasa kerepotan saat ditinggal asisten rumah tangga atau baby sitter mudik. Hal ini juga menyebabkan banyak pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai dan membuat rumah menjadi berantakan. Salah satu solusinya yaitu menyewa jasa asisten rumah tangga atau baby sitter infal selama bulan Ramadhan hingga hari Idul Fitri.

6. Bisnis Jual Alat Kebutuhan Solat

Bulan puasa tiba, maka perlengkapan solat biasanya diganti ke barang yang baru. Barang seperti sarung, mukena, atau sejada merupakan contoh barang dengan permintaan tinggi. Apalagi ditambahkan dengan variasi variasi menarik ke dalam perlengkapan tersebut, tentu akan laku dijual.

7. Penyewaan Mobil.

Jasa persewaan mobil pun tidak kalah menggiurkan dengan bisnis lainnya. Karena kurangnya kapasitas angkutan umum yang tersedia, banyak masyarakat mencari kendaraan sewaan. Maka tak heran saat bulan puasa dan menjelang lebaran, permintaan akan mobil sewaan meningkat.

Semoga dari uraian singkat ini bisa memberikan gambaran usaha bagi Anda dan semoga apapun usaha yang akan  dijalankan dapat memberi keberkahan untuk semua. Atau mungkin ada ide bisnis lain yang mungkin cocok silahkan berbagi ide disini.

8. Catering

Pada saat bulan ramadhan biasanya banyak yang mengadakan buka puasa bersama baik instansi maupun sebuah perkumpulan, jadi bisa dipastikan kebutuhan catering untuk buka puasa meningkat. Tidak ada salahnya memulai usaha catering pada bulan ini dengan membidik segmen “buka bersama” sebagai pasar utama.

9. Bisnis Parsel

Parcel lebaran tidak hanya berupa makanan/ minuman, bisa juga peralatan rumah tangga, alat sholat, buah buahan, bahkan barang elektronik. Kunci dari bisnis ini adalah mendapatkan sumber barang-brang yang akan ditata dalam parsel dengan harga murah, kreatifitas desain parsel dan tentu saja calon pembeli yang potensial.

Ini merupakan kesempatan bagus bagi Anda untuk mewujudkan bisnis musiman yang satu ini. Pastikan bahwa SDM yang Anda rekrut sebagai asisten rumah tangga atau baby sitter infal merupakan SDM yang berkualitas dan qualified untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

Di atas tadi adalah beberapa peluang bisnis di bulan Ramadhan yang bisa Anda pertimbangkan. Ternyata banyak juga ya jenis bisnis yang dapat ditekuni ketika menjelang bulan Ramadhan hingga momen Idul Fitri. Selalu berikan pelayanan dan kualits produk terbaik pada pelanggan Anda. Agar kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap produk Anda dapat senantiasa terjaga. Selamat berbisnis!

12 Contoh Peluang Usaha yang Menjanjikan di Desa

Tinggal di desa bukan berarti kita tidak bisa berkembang dan kalah dari orang yang tinggal di kota. Sebenarnya kesempatan untuk menjadi orang sukses tidak hanya ada di kota, namun di desa/kampung kesempatan menjadi sukses juga terbuka lebar. Tentunya semua itu butuh perjuangan serta kerja keras, karena berada di manapun kita, selama kita tidak mau berusaha maka kesuksesan tidak akan pernah datang menemui kita.

Lalu usaha apa saja yang bisa di jalankan di desa dengan modal kecil? berikut ini saya telah mengumpulkan 7 contoh usaha di desa yang bisa anda coba, semoga anda terinspirasi.

Contoh Usaha di Kampung Menjanjikan:

1. Jualan Pulsa Elektrik

Apabila dahulu ponsel hanya di miliki oleh orang kota, kini ponsel atau bahkan smartphone sudah di miliki oleh banyak orang entah itu orang kota maupun orang desa. Hal tersebut tidak bisa lepas dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Melihat peluang tersebut anda bisa memulai usaha jualan pulsa ini, selain menjual pulsa untuk HP anda juga bisa menjual pulsa token listrik.

2. Membuka Toko Kelontong

Usaha ini sangat cocok di jalankan sebagai bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga. Toko kelontong merupakan toko dengan ukuran sederhana yang menjual keperluan sehari-hari para ibu rumah tangga seperti sembako, makanan ringan, bumbu, perabot rumah tangga dan lain sebagainya.

3. Budidaya Ikan

Usaha ini bisa di coba dari hobi anda yang suka dengan ikan. Anda harus menentukan jenis ikan apa yang anda budidaya, apakah anda ingin budidaya ikan pedaging atau ikan hias. Salah satu jenis ikan yang mudah perawatannya ialah ikan lele, ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh. Anda bisa menentukan jenis ikan sesuai keinginan anda.

4. Ternak Hewan

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila ternak hewan menjadi primadona usaha di desa yang menguntungkan. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ternak hewan adalah tersedianya makanan hewan yang melimpah seperti rumput. Contoh hewan yang bisa anda ternak cukup banyak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain sebagainya.

5. Usaha Menjahit

Menjahit hanya di peruntunkan bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit. Namun apabila anda ingin membuka usaha menjahit di desa maka anda bisa membangun kios dan mencari karyawan. Sehingga anda tinggal memantau dan mengembangkan bisnis menjahit anda.

6. Bisnis Online

Apakah anda mengerti apa itu bisnis online? menurut saya pribadi bisnis online merupakan sebuah bisnis yang di jalankan secara online melalui laptop/komputer yang terhubung dengan internet. Bisnis online sangat menjanjikan untuk di coba, seperti menjual bibit tanaman online lewat sosial media.

7. Menjual Bibit Tanamaninvestasi untuk bisnis ini relatif kecil dengan modal awal pembelian bibit dengan skala besar tentu akan murah harganya. lalu mempersiapkan lahan untuk pembibitan serta kebun induk yang dirintis untuk kedepannya sebagai kebun induk untuk entres berbagai macam bibit tanaman. potensi ini bisa dikembangkan dengan memperluas areal kebun bibit atau dengan mensuplai ke daerah lain bibit tersebut.

8. Usaha Pembuatan dan Pengemasan Makanan ringan

Pembuatan makanan ringan seperti keripik, dodol, jenang, kerupuk, jajanan khas suatu daerah atau usaha kecil yang memang punya potensi di wilayah desa tersebut atau bisa di kembangkan ke daerah lain. atau bisa juga pengemasan makanan ringan yang sudah ada dibungkus dengan kemasan lebih kecil dan di jual kewarung warung terdekat atau supermarket.

9. Toko Pakaian

Pakaian atau sandang merupakan kebutuhan pokok manusia, jadi tidak heran bila usaha di bidang ini akan lebih mudah berkembang. Dan, di desa dimana jarak antara tempat tinggal dan tempat menjual pakaian di tengah kota sangat jauh, maka toko pakaian akan menjadi solusi untuk masalah ini. Anda pun akan lebih mudah mengembangkan ide usaha ini, mendapat lebih banyak konsumen dan keuntungan.

10. Pengepul Hasil Panen

Banyak penduduk desa yang berprofesi sebagai petani. Saat panen tiba, berbagai hasil panen akan lebih mudah Anda dapatkan. Kondisi ini sangat ideal untuk memulai usaha penjualan hasil panen. Anda dapat menjadi distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat Anda.

11. Pom Bensin Mini

Saat ini, alat transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak atau BBM sudah tersebar dan menjangkau ke semua tempat, termasuk desa-desa terpencil. Sayangnya, penyebaran stasiun pengisian BBM belum seluas penyebaran alat transportasi ini. Anda dapat menyediakan solusi untuk masalah ini dengan mendirikan pom bensin mini. Produk dan layanan Anda pasti akan dibutuhkan karena memberikan kemudahan bagi pemilik alat transportasi di desa.

12. Service elektronik

Masyarakat pedesaan masih berpedoman bahwa barang elektronik merupakan barang yang berharga. jadi biasanya apabila barang elektroniknya rusak ada kecenderungan untuk memperbaiki atu service barang tersebut dibanding dengan beli baru. jika mempunyai ketermapilan elektronik bisa juga dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.

Itulah 12 contoh usaha di desa yang bisa anda coba, anda tertarik dengan salah satunya? silahkan anda jawab sendiri dan mulailah berwirausaha sekarang juga. Kami rasa cukup sekian, semoga bermanfaat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

ONE MORE TEMINABUAN

ONE MORE BUNTOK

ONE MORE KEBAYORAN BARU

ONE MORE KENDARI

Recent Comments