Usaha Sampingan, Usaha Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

6 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jaman sekarang wanita dan pria sudah sama hak dan tanggungjawabnya dalam banyak hal, termasuk dalam urusan ekonomi keluarga. Kalau kita perhatikan, saat ini banyak sekali wanita yang berhasil di dunia kerja, bahkan beberapa diantara mereka memiliki karir yang lebih cemerlang dibanding pria. Ketika mereka menikah, banyak wanita yang memiliki karier yang bagus di dunia kerja terpaksa harus meninggalkan pekerjaannya karena harus mengurus keluarga, namun ada juga yang tetap bekerja di kantoran, ini menjadikan Ibu Rumah tangga perlu mempunyai usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa di kerjakan di rumah.

Berkarier di dunia kerja sekaligus mengurus keluarga pasti sangat sulit untuk dilakukan, apalagi bila sudah punya anak. Beberapa wanita mungkin akan memilih menjadi ibu rumah tangga dan meninggalkan pekerjaannya, namun beberapa wanita lain lebih memilih untuk tetap bekerja dan menghasilkan uang. Bagi wanita yang sudah terbiasa bekerja pasti akan merasa stress bila hanya di rumah saja mengurus keluarga dan anak. Mereka ingin melakukan sesuatu yang bisa mengisi waktu luangnya di rumah dan juga menghasilkan uang.

Bagi ibu rumah tangga yang terbiasa bekerja dan ingin membantu kondisi ekonomi keluarga, usaha modal kecil rumahan adalah pilihan yang terbaik. usaha modal kecil di rumah  bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan tugas sebagai ibu rumah tangga dan tetap berada di rumah, namun tentunya akan semakin repot karena harus mengerjakan banyak hal.

peluang-bisnis-rumahan-tepat-untuk-ibu-rumah-tangga

Berikut ini adalah 6 ide bisnis sampingan dengan modal kecil yang bisa di lakukan di rumah untuk ibu rumah tangga:
1. Bisnis MLM Produk Kosmetik

Wanita dan kosmetik adalah dua hal yang hampir tidak bisa dipisahkan. Sesibuk apapun seorang wanita karier atau ibu rumah tangga pasti akan selalu memperhatikan masalah kecantikan dan perawatan diri. Menjual produk kecantikan adalah salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Lalu, kenapa harus bisnis MLM?

Saya sangat tertarik membaca sebuah sales page dari Melilea, yaitu bisnis MLM produk Melilea yang dibangun secara online oleh Ibu Yuliawati. Anda pasti sudah tahu kan apa itu Melilea? Perusahaan ini sangat terkenal dengan berbagai produk kosmetik wanita dan Makanan organik untuk semua usia. Melileajuga terkenal dengan reputasi baiknya di Indonesia dan juga dunia. Trus?

Peluang usaha dari Melilea itulah yang dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga ini (Yuliawati). Dengan kerja keras, mereka membangun sebuah jaringan MLM yang sangat besar di Indonesia yang fokus memasarkan produk Melilea, yaitu komunitassehatorganik.com. Dan memang kerja keras mereka ada hasilnya. Penghasilan  ibu rumah tangga ini cukup fantastis dari bisnis MLM MELILEA yang mereka jalankan secara online.

kunjungi facebook Ibu Yuliawati di https://www.facebook.com/yuliawatimulia  dan konsultasikan rencana anda membangun binis modal kecil dari rumah, da bagaimana di balik cerita ia menjalankan bisnisnya dari rumah.

Bisnis MLM adalah satu-satunya model bisnis yang memberikan keuntungan berkali-kali kepada setiap membernya, tentunya dengan beberapa kriteria sesuai dengan aturan bisnis Multi Level Marketing yang sehat, dan sesuai syariah. Setiap ada penjualan yang dilakukan seorang member maka dia akan mendapatkan komisi, dan setiap kali downlinenya melakukan penjualan maka upline dan downline tersebut juga akan mendapat komisi, begitu seterusnya. Ya, kurang lebih seperti itu. Ulasan lebih lengkap tentang bisnis MLM MELILEA akan saya buat di artikel khusus.
2. Usaha Makanan

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan dalam memasak, maka peluang usaha makanan bisa menjadi pilihan usaha sampingan dengan modal kecil yang baik. Makanan ini bisa berupa makanan pokok ataupun makanan camilan, tergantung potensi bisnis makanan di sekitar Anda.

Jika tempat tinggal Anda berada di sekitar perkantoran atau kampus maka peluang usaha makanan pokok akan sangat menguntungkan dan termasuk usaha dengan modal kecil. Para mahasiswa dan juga karyawan kantor pasti akan mencari makan siang setiap harinya. Selain itu, keuntungan dari tiap porsi makanan yang dijual biasanya tinggi.
3. Usaha Kerajinan Tangan

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dalam membuat kerajinan tangan maka ini bisa dijadikan peluang usaha dan menghasilkan uang. Usaha kerajinan merupakan alah satu usaha sampingan yang bisa di lakukan dengan modal yang kecil, dan untung yang besar, bisnis kerajinan tangan sangat potensial bila lokasi Anda berada di daerah wisata, dimana ada turis lokal ataupun mancanegara yang selalu datang ke sana.

Usaha produk kerajinan tangan yang unik biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Selain membantu mempromosikan kebudayaan daerah dengan kerajinan tangan pada turis, Anda juga bisa  mendapatkan usaha sampingan dan menghasilkan uang dari penjualan kerajinan tangan tersebut.

Misal saja jika kita liburan ke Jogja, banyak sekali kita temukan kerajinan tangan yang unik dan membuat wisatawan tertarik untuk membelinya. Misalnya gelang dari batok kelapa, cincin perak yang unik, baju batik bola, dan blankon. biasanya wisatawan membeli satu bahkan Beberapa barang sekaligus, walaupun mungkin tidak di  pakai dan hanya dijadikan hiasan saja,
4. Bisnis Jual Beli Saham

Jual beli saham atau reksa dana bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan yang di kerjakan dari rumah, karena memang bermain saham bisa menghasilkan uang dalam waktu yang relatif singkat. Bisnis sampingan ini cukup banyak diminati oleh ibu rumah tangga, tanpa harus meninggalkan rumah bisa mendapatkan keuntungan.

Namun, sebelum memilih jual beli saham sebagai usaha sampingan , kita harus pelajari terlebih dahulu metode jual belinya, dan bagi muslim penting untuk selalu memilih saham yang bergerak dalam bidang yang bermanfaat serta produknya halal. juga di pikirkan agar bisa menjalankan bisnis ini bisa dilakukan secara online, dan tidak perlu meninggalkan rumah karena bisa dikerjakan secara online.
5. Menjadi Perancang Pakaian

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan dalam merancang busana, maka keterampilan ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang bisa di kerjakan di rumah. Anda tidak harus membuat busana yang mengikuti tren, tapi bisa membuat sesuatu yang lebih inovatif dalam rancangan pakaian Anda.

Langkah pertama mungkin Anda bisa merancang pakaian cantik untuk putri atau kerabat Anda. Ketika banyak orang melihat rancangan baju Anda tersebut dan tertarik, kemungkinan besar orderan akan datang terus menerus. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan peluang saha sampingan modal kecil rumahan yang satu ini
6. Menjadi Seorang Desainer atau Dekorator Interior

Seorang ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang sebagai seorang desainer interior atau punya hobby mendekorasi interior rumah, maka keterampilan dan hobby tersebut sebaiknya dimanfaatkan sebagi peluang bisnis.

Tidak semua orang memiliki keahlian dalam mendekor interior rumah mereka. Peluang bisnis rumahan ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dalam mengatur interior sebuah rumah menjadi enak dipandang dan nyaman.

Sebenarnya masih ada banyak ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Namun, saya tidak bisa menuliskan semua ide usaha rumahan tersebut dalam artikel ini. Poin yang perlu diperhatikan oleh seorang pebisnis yang juga sebagai ibu rumah tangga; kebutuhan ekonomi memang penting, namun tugas sebagai ibu rumah tangga juga merupakan sebuah tanggungjawab yang sangat besar. Karena itu, pilihlah sebuah bisnis rumahan yang bisa dikerjakan tanpa mengorbankan tanggung jawab Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.

Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Semua orang sudah pasti ingin memiliki pendapatan sendiri, karena akan lebih mudah dan enak untuk membelanjakan dan membeli barang yang diinginkan tanpa perlu bersusah payah meminta dahulu kepada suami. Disini akan ada ulasan mengenai usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang dapat menjadi pilihan untuk para. Kegiatan mengurus rumah yang telah diselesaikan pada pagi hari terkadang membuat ibu-ibu hanya berkumpul dengan tetangga dan mulai bergosip. Padahal sebenarnya kegiatan seperti itu hanya akan membuang waktu saja. Lebih baik anda memulai untuk melakukan bisnis yang dapat dilakukan dari rumah.

Ayo Praktekkan Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga!

Apa saja usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga?

  • Berjualan Jajanan Anak Sekolah

Kesempatan untuk melakukannya sangat besar, apalagi tempat tinggal anda berada dekat dari sekolah. Biasanya sebelum pulang, para siswa-siswi menyempatkan diri untuk membeli makanan atau minuman. Untuk jenis minuman yang banyak disenangi adalah jus buah, cappuccino cincau dan  bubble (pop ice yang diblender dan ditambah pemberian keju, agar-agar, choco chip dan lainnya). Sedangkan makanan seperti mi gaul, sosis goreng, rollade dan nugget. Modalnya sedikit tapi keuntungan besar. Ya, itulah yang akan anda rasakan dengan menjalankan usaha rumahan modal kecil. Sambil mengisi kesibukan ternyata dapat menghasilkan uang.

  • Membuat Kreasi Dari Kain Bekas

Hampir semua wanita memiliki kemampuan menjahit atau menyulam, tapi biasanya hanya dimanfaatkan untuk menambal celana atau baju yang berlubang. Padahal sebenarnya dapat dijadikan bisnis. Anda hanya memerlukan kain perca atau potongan yang sudah tidak terpakai dari tukang jahit atau pabrik garmen terdekat. Dengan harga murah bisa mendapatkan sekantong besar, malah ada yang memberikannya secara Cuma-cuma alias gratis karena dianggap sampah. Modal awal hanya Rp 1000.000 untuk membeli mesin jahit, benang, media aplikasi seperti kain atau kaos dan aksesoris yaitu manik-manik, pita dan lainnya.

Anda bisa merubah pakaian polos menjadi unik dan menarik, juga membuat produk lain seperti menyulam sarung bantal, taplak meja, penutup galon di dispenser, bando lucu dengan boneka mungil, tas, tempat laptop, dompet handphone dan masih banyak lagi. Dapai dikreasikan sesuai dengan keinginan anda.

Pilihan diatas dapat dicoba untuk usaha rumahan modal kecil bagi ibu rumah tangga. Tentu tanpa mengganggu kewajiban anda menemani si kecil bermain seperti biasa. Jadi akan mendapatkan keuntungan lebih tanpa perlu menyita banyak waktu bersama keluarga.

Macam Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa memiliki penghasilan? Malah dari profesi yang identik dengan pekerjaan rumah ini Anda bisa banyak menemukan inspirasi bisnis tanpa modal yang bisa dikembangkan. Menjadi ibu rumah tangga memang sangat melelahkan, hampir lebih semua waktunya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Mulai dari mengurus anak, memasak dan juga bersih-bersih rumah. Tapi bila pandai mengatur waktu sebenarnya Anda masih bisa memiliki sedikit celah waktu yang bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha sampingan tanpa modal.

Tanpa modal bisa diartikan dengan menggunakan sumber daya lain selain materi. Karena setiap bisnis atau usaha sudah pasti memerlukan modal, modal di sini bukan hanya materi mungkin berupa ide, keahlian, jaringan dan lain-lain. Banyak orang yang beralasan ketika akan membuka bisnis terkendala dengan modal uang, padahal Tuhan sudah menganugrahkan tubuh dan akal yang sehat. Jika mau Anda bisa sedikit berpikir kreatif bagaimana cara memulai usaha rumahan tanpa modal yang memberikan keuntungan besar.

Tips Memulai Sampingan Usaha Tanpa Modal

Jika modal materi yang Anda jadikan alasan orang untuk tidak membuka bisnisnya maka Anda seharusnya belajar dari orang-orang yang sudah sukses merintis bisnis mereka. Para pengusaha besar rata-rata merintis bisnis mereka dari nol dan nyaris tanpa modal uang sepeserpun. Berikut ini beberapa tips agar bisa membuka bisnis tanpa modal.

  • Perluas Jaringan

Ini sebuah langkah awal agar Anda bisa memulai bisnis tanpa modal yaitu dengan memperluas pergaulan. Perbanyak teman dan bangun relasi sehingga bila ada sebuah peluang bisnis baru Anda bisa cepat tahu informasi tersebut. Para pengusaha sukses yang merintis usahanya dari nol ternyata mempunyai kesamaan yaitu sama-sama memiliki jaringan bisnis yang luas di bidang mereka.

Dengan memiliki banyak relasi Anda punya banyak inspirasi bisnis dari orang yang Anda kenal. Atau mungkin diantara relasi Anda ada yang mau memberikan permodalan untuk bisnis yang Anda rintis tentu disini dengan sistem bagi hasil. Atau Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk mereka dengan modal kepercayaan saja.

  • Miliki Keahlian dan Bangun Kepercayaan

Mungkin Anda tidak punya modal materi, tapi Tuhan telah memberikan anugerah kepada Anda tubuh yang sehat, akal dan pikiran yang bisa Anda gunakan dengan bebas. Berlatih lah satu keahlian dan jadilah yang paling Ahli di bidang yang Anda geluti.

Jika Anda telah memiliki keahlian akan mudah mendapatkan kepercayaan dari relasi maka hal yang perlu Anda perhatikan ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari teman adalah dengan menjaganya. Jaga amanah yang diberikan oleh teman Anda, karena dengan modal kepercayaan Anda akan mudah untuk merintis bisnis sampingan tanpa modal.

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Beberapa usaha sampingan ini bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga dan untuk memulai bisnis ini nyaris tanpa modal. Untuk menjalankan bisnis ini modal awalnya hanya relasi dan juga kepercayaan.

1. Agen asuransi

Sebagai ibu rumah tangga Anda tentu akan menjalani beberapa aktivitas seperti mendatangi arisan, mengantar buah hati Anda ke sekolah, atau dalam rapat pertemuan antar orang tua wali murid. Dengan adanya aktivitas tersebut Anda bisa memanfaatkannya dengan menawarkan beberapa asuransi yang memberikan jaminan pendidikan dan kesehatan keluarga. Bagi keluarga dikalangan menengah biasanya sangat tertarik dengan asuransi, karena mereka memiliki dana yang terbatas, hal ini bisa menjadi celah usaha yang bisa Anda manfaatkan dengan menjadi agen asuransi tertentu.

2. Direct Selling

Satu lagi peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan ketika melakukan pertemuan dengan banyak orang yaitu dengan menawarkan berbagai produk secara langsung. Anda bisa menggunakan katalog produk-produk tertentu untuk menawarkan produk yang Anda jual. Dengan menggunakan katalog Anda tidak perlu lagi melakukan stock produk sehingga modal yang dikeluarkan sangatlah minim yaitu hanya untuk membeli katalog saja.

3. Online shop

Cara lain untuk mempunyai bisnis smapingan tanpa modal adalah dengan membuka bisnis online. Bisnis ini hampir sama dengan sistem direct selling, bedanya katalog yang digunakan berupa katalog digital. Anda bisa bekerja sama dengan beberapa suplier yang memiliki produk dan menjual kembali produk tersebut dengan sistem dropship. Usaha sampingan online ini mengeluarkan modal untuk biaya online dan juga pemeliharaan website.

4. Content Writer

Bila Anda suka menulis dan ingin mengembangkan bakat yang Anda miliki? Mungkin ide bisnis sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Selain bisa menambah wawasan serta mengasah skill yang Anda miliki, Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari hobi tersebut. Jasa menulis ya itulah profesi yang baru-baru ini muncul karena banyaknya kebutuhan konten tulisan yang berkualitas. Anda bisa menjadi penulis di beberapa website untuk menyusun sebuah artikel yang menarik dan enak untuk dibaca. Untuk memulai bisnis ini Anda hanya memerlukan koneksi internet dan juga kemampuan merangkai kata yang memenuhi standar penulisan dalam web.

4 Jenis Usaha Rumahan Yang Lagi Trend di Tahun 2016

Seperti banyak hal lain, usaha pun memiliki pasang surutnya. Kadang, sebuah usaha mengalami masa surut karena jenis usaha tersebut sudah tak lagi menjadi trend. Walau usaha yang berdasarkan trend seringnya hanya bersifat sementara saja namun sudah banyak buktinya bahwa usaha yang mengikuti trend membawa banyak sekali keuntungan. Perubahan trend dari tahun 2015 ke 2016 pun membawa perubahan di dunia bisnis dan usaha.

Di tahun 2016, beberapa bisnis sudah mulai menunjukan penurunan peminat karena bergantinya trend. Sedangkan beberapa jenis bisnis yang lain justru menunjukan peningkatan peminat yang cukup signifikan. Beberapa bisnis seperti usaha batu-batuan mulia seperti akik, semakin menunjukan penurunan pada tahun 2016 ini. Padahal jenis bisnis tersebut sempat menjadi sangat berkembang pada tahun 2015 lalu.

Perkembangan trend pada usaha rumahan memiliki banyak sekali faktor. Yang paling mendasar tentu berubahnya minat dari pembeli. Namun selain itu, beberapa usaha yang sifatnya trend pun seharusnya bisa bertahan lama asal dapat kreatif dalam mengembangkan usaha sesuai dengan trend yang berlaku kala itu.

Misalnya saja, usaha makanan ringan martabak manis yang sempat begitu terkenal di tahun 90-an, tahun ini pun kembali terkenal lagi. Salah satunya berkat kekreatifan para penjual yang “merombak” martabak manis menjadi lebih modern dengan menambahkan beberapa rasa seperti rasa green tea atau Red velvet. Tambahan berbagai jenis coklat pun menjadi salah satu cara untuk membuat usaha tersebut menjadi trend kembali.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa jenis usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016. Penasaran?

4 jenis usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016

  1. Berjualan produk-produk unik dan langka online

Di tahun 2016, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online ketimbang harus pergi ke toko secara lansung. Kesibukan di kota besar pun membuat banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk berbelanjan melalui online. Yang dibeli melalui online pun semakin bervariasi. Bila pada tahuh-tahun lalu yang dibeli hanya sekedar pakaian, hingga peralatan elektronik, maka di tahun 2016 pun akan semakin bervariasi. Salah satunya yang paling tengah menarik, ialah barang-barang unik dan langka.

Barang-barang unik yang sulit didapatkan di toko langsung pun saat ini semakin banyak saja dijual melalui online. Kebanyakan yang dijualn adalah produk-produk inovatif dari Jepang dan Cina misalnya.  Peralatan-peralatan unik ini memang saat ini belum banyak dijual di toko-toko offline, inilah mengapa banyak konsumen yang memilih membeli produk tersebut secara online.

Keuntungan dari usaha ini adalah belum banyaknya pesaing. Untuk saat ini, hanya beberapa toko online saja yang menyediakan barang-barang unik inovatif ini.

Kekurangannya, sulitnya mencari distributor yang menyediakan barang-barang tersebut.

  1. Bisnis katering harian dengan menu spesial dan unik

Bila dulu, katering hanya untuk acara-acara tertentu saja, mislanya saja untuk acara pernikahan, kumpul keluarga atau acara-acara lain. Namun untuk saat, usaha katering bisa menjadi usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016. Namun bukan seperti katering-katering biasa, yang sedang banyak digemari malah katering-katering dengan menu harian.

Ya, lagi-lagi semakin sibuknya warga perkotaan membuat usaha katering harian semakin digemari saja. Katering yang menjadi menu harian baik itu untuk makan pagi, siang atau malam memang sangat memudahkan terutama untuk pekerja kantoran di perkotaan yang nayris selalu sibuk.

Namun selain usaha katering dengan menu “biasa” untuk makan pagi, siang dan malam, saat ini pun sudah semakin banyak usaha katering dengan menu khusus. Misalnya saja, usaha katering dengan menu khusus seperti menu untuk anak-anak, hingga katering dengan menu khusus untuk diet. Anda bisa melihat ide resep-resep masakan yang sangat banyak di internet untuk memulai bisnis kuliner.

Keuntungan : Usaha ini tengah memiliki banyak sekali peminat sehingga sepertinya tak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan. Selain itu, cara pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial pun menjadikan usaha ini semakin mudah untuk dijalankan.

Kerugian : Memerlukan keahlian khusus memasak. Selain itu juga perlu kreatifitas agar pelanggan tak mudah bosan dengan menu yang ditawarkan.

  1. Berjualan Makanan dan Minuman unik melalui online

Di tahun 2016 ini memang yang paling akan umum dilakukan adalah berjualan online. Dan masih sama seperti tahun sebelumnya, usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016 pun masih dalam bidang kuliner. Hanya saja di tahun ini, usaha kuliner yang digemari justru yang memiliki keunikan. Entah itu karena kemasan yang unik, atau memang memiliki suatu rasa dan jenis baru yang unik.

Misalnya saja, beberapa waktu lalu masyarakat begitu menggemari jenis minuman yang dijulan dengan kemasan dot untuk bayi. Suatu hal yang sebenarnya biasa saja, namun karena dikemas dengan cara yang unik, maka banyak orang yang tertarik untuk membeli minuman tersebut.

Keuntungan : bila barang tersebut mampu menarik perhatian, maka tak perlu diragukan lagi keuntungan yang akan didapat

Kerugian : kemampuan untuk memasak serta kreativitas untuk menemukan sesuatu yang baru dan sama sekali unik.

  1. Layanan media berbasis online

Satu lagi usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016 adalah startup online. Usaha ini bisa jadi sebuah layanan media, misalnya saja website berita, review produk, review film hingga menyediakan sistem akuntansi dan banyak lain. Layanan service online ini memiliki banyak sekali kemungkinan yang bisa dipilih berdasar dari kemampuan dan minat yang dimiliki. Kantor berita online serta penyedia jasa seperti menonton film online hingga membaca komik maupun novel online pun bisa menjadi pilihan. Atau bahkan, menyediakan jasa jual beli online dalam sebuah website yang besar. Misalnya saja seperti yang saat ini sudah banyak beredar dan terbukti menunjukan kesuksesan yang tak bisa begitu saja diremehkan.

Saat ini, layanan dengan basis online memang lebih digemari terlebih dengan meningkatnya para pekerja lepas atau freelancer.

Layanan media dengan basis online memang untuk awal dapat dilakukan dari rumah, namun seiring perkembangan dan semakin meningkatnya pekerjaan Anda kelak bukan berarti pekerjaan ini akan membutuhkan ruang bekerja yang lebih luas.

Keuntungan : Banyaknya pilihan serta kemungkinan yang bisa dipilih berdasar dari keinginan atau kemampuan dari sang peminat.

Kerugian : banyak tantangan yang dihadapi bila ingin serius mendalami bidang pekerjaan ini.

Memilih usaha atau pekerjaan berdasar dari trend memang memiliki banyak sekali tantangan. Terlebih mengingat trend dapat mudah sekali berganti. Tak perlu menunggu hitungan tahun, bahkan dalam hitungan bulan saja, trend tersebut dapat dengan mudah berganti dengan trend baru. Namun seharusnya dengan semakin banyak tantangan yang diterima semakin menarik pula jenis pekerjaan ini.

Dari keempat usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2016 diatas, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Wiraswasta Rumahan

Wiraswasta rumahan adalah salah satu usaha  yang bisa menguntungkan bagi anda  terutama mahasiswa dan ibu-ibu rumahan.  Di jaman yang sulit ini tidaklah buruk mencoba usaha sendiri atau berwira usaha untuk mencari penghasilan sendiri. kita  tidak perlu bekerja dengan orang lain dimana kita kemungkinan mendapat perlakuan tidak adil atau kejam di sana. Kita bisa kerja dengan aturan sendiri tanpa perlu tekanan dari orang lain. ada berbagai keuntungan dalam bekerja seperti ini.

Memahami Wiraswasta Rumahan

Wiraswasta adalah pekerjaan dimana kita menjual produk atau jasa kepada masyarakat.  Produk atau jasa ini bermacam-macam tetapi  harus berguna bagi masyarakat.   Wiraswasta adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja  karena tidak perlu ijasah. Pekerjaan ini yang terpenting adalah pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankan usaha. Jika anda ingin menjadi wirausaha yang baik anda harus memiliki skill bukan ijasah.
 
Wiraswasta bisa menjual 2 hal yaitu produk atau jasa. Produk adalah benda yang dijual untuk digunakan oleh masyarakat. Produk ini bisa dari makanan  hingga perumahan. Contoh penjualan produk wiraswasta rumahan adalah pulsa.  Bisnis pulsa bagus bagi bisnis rumahan karena siapapun bisa melakukannya. Kita bisa mendaftar kepada salah satu  operator kemudian menjual pulsa tersebut kepada kerabat atau teman.
 
Selain itu wiraswasta yang bisa dilakukan dalam bentuk jasa adalah  menyediakan les bagi anak-anak. Les disini bisa bermacam-macam dari matematika hingga fisika.. yang paling terkenal adalah les bahasa inggris. Di sini nanti kita belajar suatu mata pelajaran kemudia mengajarkan kepada anak-anak di SD.
 
Selain menentukan produk atau jasa hal kedua yang dilakukan adalah  menentukan strategi bisnis. Strategi bisnis ditentukan oleh banyak factor namun ada 1 hal yang penting untuk mendapat keuntungan yaitu mengetahui pasar. Di sini kita harus bisa mengetahui produk apa yang paling diinginkan oleh masyarakat.
Wiraswata rumahan adalah salah satu alternative yang cukup baik bagi anda untuk mencari penghasilan. Jika kita bisa bekerja sendiri dan mendapatkan penghasilan sendiri mengapa kita tidak melakukannya sesegera mungkin.