Usaha Kursus Rumahan Yang Menjanjikan

Usaha Rumahan bimbingan belajar mulai marak di lakukan setelah diberlakukannya keputusan pemerintah terkait dengan standar kelulusan.  Dengan batas nilai kelulusan yang menjadi harga mati untuk lulus tidaknya siswa di almameter entah SD, SMP maupun SMA menjadikan para orangtua berlomba – lomba menambah jam pelajaran anaknya di lembaga bimbingan belajar baik yang bertaraf nasional seperti Primagama, Neutron, maupun tingkat kecil di pedesaan.
Para guru honorer dan mahasiswa ataupun kalangan umum yang berkompeten di bidang pendidikan berlomba – lomba pendidikan usaha kecil – kecilan mendirikan bimbingan belajar. Dengan modal kecil serta sistem bisnis yang tidak terlalu rumit sehingga menjadikan bisnis ini dipilih sebagai bisnis sampingan oleh masyarakat. Nah, untuk anda yang berencana mencari usaha rumahan serta ingin mengetahui bagaimana cara  maupun analisa usahanya, akan saya suguhkan kepada anda
sukses-dengan-usaha-bimbingan-belajar-rumahan-2

Ide Usaha Rumahan Bimbingan Belajar Dengan Modal Kecil

1. Persiapan
Sebelum anda memulai usaha rumahan anda ada baiknya harus anda putuskan jenis bimbingan belajar seperti apa yang akan anda pilih. Secara garis besar bimbingan belajar di bagi menjadi dua yakni
  • Bimbel Klasikal
Bimbingan ini berlokasi pada satu tempat dengan jumlah murid yang bisa mencapai puluhan siswa. Model ini sama seperti yang biasanya di laksanakan di sekolah – sekolah formal. Jika anda memiliki ruangan kosong yang bisa anda gunakan untuk menampung beberapa siswa, anda bisa menggunakan model ini.
Kelebihan model ini terletak pada hasilnya yang terbilang lumayan karena banyaknya murid yang bisa anda tampung. Namun, dengan banyaknya murid maka diperlukan keahlian dan kesabaran ekstra untuk membimbing banyak karakter siswa dan harus mengerti kemampuan siswa yang berbeda – beda.
Usahakan, buatlah manajemen keuangan yang jelas. Kurikulum, RPP dan evaluasi yang baik agar dalam mengajar dapat terarah dan tertarget, Evaluasi berguna sebagai indikator keberhasilan pembelajaran sehingga anda bisa menentukan langkah anda selanjutnya.
Tarif bimbel ini bulanan. Tidak perduli seberapa sering si murid berangkat atau tidak berangkat. Hitungannya perbulan selama si murid masih terdaftar sebagai peserta didik. Jika anda memasang tarif rata -rata Rp. 50.000/ bulan untuk masing – masing murid. JIka anda memiliki 40 murid maka anda mendapatkan Rp. 2 juta. Lumayan bukan?
  • Bimbel Les Privat
Model usaha rumahan bimbel ini memiliki kelebihan karena kemudahannya dimana anda hanya memantau satu siswa sehigga tidak sulit untuk meningkatkan hasil belajar. Anda bisa fokus pada satu anak tidak seperti bimbel klasikal yang harus lebih bersabar dan lebih rumit. Namun, hasilnya tentu kurang besar dibandingkan les klasikal kecuali tarif les privat anda besar dengan perbandingan 1 anak les privat sama besar hasilnya dengan 10 anak les klasikal.
Jika anda ingin bimbel anda bukan hanya usaha kecil yang hasilnya pas – pasan, maka ada baiknya anda memilih usaha rumahan les klasikal.
Untuk tarif bimbel privat, biasanya di kenai per pertemuan namun di bayarkan perbulan. Contohnya, per pertemuan anda memasang tarif Rp. 30.000/ pertemuan. Anda mengajar 3 x seminggu. Maka dalam satu bulan untuk satu anak didik anda mengapatkan 12 x 30 rb sehingga satu bulan jika anda full mengajar anda akan mendapatkan Rp. 360.000 / bulan untuk satu anak.
  • Bimbel Semi Klasikal – Privat
Jenis ini sebenarnya lebih mirip dengan les klasikal dimana anda tidak hanya mengurus satu anak namun beberapa murid. Bedanya, anda hanya menerima murid dalam kisaran yang sangat sedikit maksimal 5 anak. Usaha rumahan ini terbilang lebih mudah dan hasil pencapaian nilainya lebih tinggi dengan bayaran lebih tinggi dari klasikal dan lebih kecil dari les privat murni.
Untuk pembayaran misalkan anda memasang tarif Rp. 20.000/ anak dengan jumlah siswa 5 anak dan anda mengajar untuk satu kelas 12 x pertemuan selama satu bulan maka anda mendapatkan hasil 20.000 x 5 x 12 = 1, 2 juta untuk satu kelas.
Selain itu, anda juga harus menentukan mata pelajaran apa yang ingin anda ajarkan. Kelas berapa, pada tingkatan pendidikan yang mana yang akan anda ajarkan juga harus anda perhitungkan. Jangan memaksa kan diri untuk mengejar mata pelajaran yang kurang anda kuasai. Untuk pemula dan awalan, ajarkan materi atau pelajaran yang paling anda kuasai agar anda dapat menaikan nilai siswa. Dengan nilai siswa yang bagus, maka anda akan mendapat kredibilitas sehingga tanpa anda lelah promosi, bimbel anda akan ramai dengan sendirinya.
Mana jenis bimbel yang harus anda pilih?
1. Kenali tingkat ekonomi masyarakat 
Anda dalam menentukan tarif tentu harus melihat kemampuan masyarakat setempat karena kekauatan ekonomi di desa dengan di kota berbeda. Untuk masyarakat kota yang lebih banyak kelas menengah atas serta kesadaran pendidikan yang sudah tinggi, maka akan sangat mudah measang tarif yang tinggi. Namun bagi masyarakat desa, anda harus bijak dalam menentukan tarif agar bimbel anda tetap laku.
Maka, pintar – pintarlah menghitung. Bimbel privat biasanya di pilih oleh mereka yang mampu secara finansial. Jika anda merasa terlalu kecil, maka anda bisa nenilih les klasikal. Mesipun bayaran per anak sedikit namun anda bisa menambah kelas, menambah quota murid per kelas serta anda bisa juga membuat ruangan baru agar menampun jumlah murid yang lebih banyak.
2. Kenali Kemampuan Anda
Pada les klasikal anda harus siap menghadapi banyaknya karakter pada siswa sehingga anda harus mengerti bagaimana mengurus karakter – karakter yang berbeda tersebut. Anda juga harus bersiap untuk menghadapi pertanyaan yang keluar dari mereka. Jika anda kurang siap, pilihlah les privat yang lebih mudah. Anda tidak akan kesulitan dalam berbicara karena hanya di dengarkan oleh satu orang, sama seperti anda mengajari adik anda sendiri.
Usaha rumahan bimbel ini bisa di bilang sangat menguntungkan dengan modal yang terbilang kecil tergantung mau bimbel seperti apa yang ingin anda ambil.
Siasat yang Layak Kamu Lakoni, Jika Punya Mimpi Ingin Membuka Bisnis Bimbingan Belajar Sendiri

Zaman sekarang banyak sekali peluang usaha yang bisa dijadikan ladang pekerjaan. Tak terkecuali usaha bimbingan belajar yang mulai menjamur dimana-mana. Usaha ini memang menggiurkan, karena hampir semua pelajar memerlukan. Kamu sebagai anak muda, juga bisa kok ikut berkecimpung ke dalam bisnis yang satu ini.

Tidak hanya menguntungkan, namun kamu sekaligus bisa berkontribusi mencerdaskan anak bangsa. Bagi kamu yang memang berminat untuk terjun ke bisnis yang satu ini, tak perlu ragu walau modal sangat minim, kamu bisa mencermati tips yang akan dijabarkan berikut ini.

Bentuk skema konsep, rencana bisnis, dan tentukan target pasarmu dari awal. Selain itu tentukan juga apakah kamu akan membeli franchise atau memulai usaha sendiri?

Tetapkan apakah kamu ingin memulai bisnis sendiri atau memulainya dari franchise via

Sebelum mulai menekuni bisnis yang satu ini, kamu harus menentukan dulu pilihan bimbingan belajar seperti apa yang akan kamu dirikan. Apakah kamu akan membeli franchise bimbel yang sudah terkemuka atau kamu akan memulai dan membuat bimbingan belajarmu sendiri?

Franchise bimbingan belajar tentunya memiliki untung besar yang siap diraup, namun perlu diketahui bahwa kamu juga harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Ya, membeli bisnis franchise bimbel ini kamu diharuskan menyiapkan dana sekitar 100 hingga 500 juta. Tuh lumayan besar ‘kan uang yang harus kamu anggarkan? Belum lagi jika membeli franchise kamu tak bisa bebas menentukan target pasar karena kamu harus mengikuti aturan dari bimbel yang kamu beli.

Lain halnya dengan memulai bisnis bimbingan belajar dengan brand sendiri, memang pada awal akan terkesan berat, karena kamu harus memulai segalanya dari nol. Termasuk memasarkan jasa dan membuat orang percaya serta menjaring konsumen sendiri. Namun, tentunya mendirikan bimbel dengan brand sendiri tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan cara ini kamu bisa menekan modal seminim mungkin dan apabila ditekuni, keuntungan yang kamu raup tak kalah menjanjikan dengan bimbel franchise. Lagipula, kamu juga bisa menentukan target pasar serta memberikan image tersendiri untuk bimbel yang kamu dirikan.

Image berbeda perlu disematkan kepada perusahaan jasa milikmu. Ini salah satu cara jitu supaya orang-orang jadi tertarik untuk mencicipi layananmu.

Image tentunya diperlukan untuk membuat calon konsumen tertarik terhadap jasa yang kamu tawarkan. Selain membuat tempat bimbingan belajarmu terlihat beda, orang-orang juga jadi tertarik untuk turut mencoba. Misalnya saja kamu bisa memberikan promo terlebih dahulu dengan memberikan potongan harga, sehingga bimbel milikmu memiliki tarif lebih murah dan terjangkau dibanding bimbel lainnya.

Atau kamu juga bisa menekankan kelebihan bimbingan belajar milikmu bahwa tenaga pengajar yang ada semuanya dari universitas favorit dengan IPK lebih dari 3. Bahkan, kamu bisa juga memberikan promosi besar-besaran berupa les gratis sampai TOEFL mencapai 500. Dengan image yang kamu bentuk semacam ini, bukan tidak mungkin jasa yang kamu tawarkan akan sangat diminati oleh para pelajar.

Bekerja sama dengan beberapa kawan merupakan kunci, sekaligus supaya usaha yang kamu rintis ini makin mumpuni.

Untuk memperkuat bisnis yang kamu tekuni ini, kamu bisa kok merangkul satu dua kawan untuk diajak bekerja sama. Dengan begini, beban kerja bisa lebih ringan karena kalian bisa berbagi tugas. Misalnya saja satu orang bisa menyebarkan lowongan dan bertugas menjaring serta menyeleksi tenaga pengajar. Satu orang lainnya bertugas untuk mempromosikan perusahaan jasa yang tengah kamu rintis ini, entah aktif di dunia maya ataupun getol menyebarkan brosur di sekolah-sekolah sasaran.

Jaringan perkawanan juga merupakan cara ampuh untuk memasarkan jasa yang sedang kamu geluti ini. Kamu bisa menawarkan jasa les privat kepada saudara atau adik kawan. Kemudian perlahan-lahan kamu bisa mengajak kawan sekolah dari muridmu untuk ikut bergabung di dalam les privat.

Tak usah bingung mendapatkan stok tenaga pengajar, kamu bisa turut serta mengajak para adik angkatan untuk ikut ambil bagian.

Kamu tak usah terlalu memusingkan bagaimana cara mendapatkan tenaga pengajar. Kamu bisa kok menjaring adik tingkat dari berbagai ragam jurusan sebagai calon tenaga pengajar di bimbingan belajar milikmu. Caranya pun cukup sederhana, kamu tinggal membuat brosur lowongan dan menempelkannya di papan pengumuman seputaran kampus.

Bisa dipastikan mereka akan berminat, karena menjadi guru privat dapat menjadi pemasukan tambahan sekaligus batu loncatan setelah lulus kuliah nanti. Untuk sistem gajinya, kamu bisa menggunakan sistem bagi hasil. Misalnya saja kamu 30% dan untuk tenaga pelajar mendapat 70%.

Simulasi hasil yang akan kamu dapatkan
Tarif les privat siswa per 90 menit Rp 50.000
Upah tenaga pengajar : 70% x Rp 50.000 = Rp 35.000
Upah yang bisa kamu kantongi (satu siswa, satu pertemuan) = Rp 50.000 – Rp 35.000 = Rp 15.000

Lumayan kan upah yang bisa kamu kantongi, bayangkan saja jika kamu memiliki 10 siswa dengan jadwal 3x dalam seminggu untuk les, kira-kira berapa hasil yang akan kamu raup dalam sebulan?
Namun, yang harus digunakan sebagai catatan, kamu tidak bisa sembarang menjaring tenaga pengajar. Kamu harus mengutamakan, kredibilitas, dedikasi, serta kedisiplinan dari pengajar. Jangan sampai ada orangtua dari siswa yang mengeluhkan kredibilitas dari tenaga pengajar di akhir sesi les privat.

Selain menyiapkan tenaga pengajar, promosi ke berbagai sekolah maupun ke lingkungan perumahan juga harus dilakoni dengan gencar

Setelah tenaga pengajar sudah kamu miliki, ini saatnya kamu mempromosikan jasa yang kamu punyai. Gunakan image yang sudah kamu ciptakan untuk terjun ke dalam pasar dan mulai gencar melakukan promosi. Apabila bimbel yang kamu miliki menyasar anak-anak yang baru belajar membaca, kamu bisa datangi taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Lain halnya jika kamu menawarkan test TOEFL serta bimbingan belajar khusus siswa yang akan menempuh ujian. Kamu bisa mendatangi SMP dan juga SMA.

Jangan lupa juga untuk membuat brosur semenarik mungkin ya. Alih-alih menggunakan kertas putih, kamu bisa memilih kertas folio berwarna supaya lebih menarik mata.

Supaya makin kekinian sekaligus cepat dikenal, kamu juga perlu mempromosikan usahamu lewat media sosial dan website yang sama sekali tak memerlukan modal

Media social merupakan cara jitu lainnya untuk berpromosi. Kamu bisa membuat media social mulai dari facebook, twitter, hingga path. Selain supaya masyarakat mulai mengenal jasa yang kamu tawarkan, kamu juga bisa membuat mereka terpikat. Caranya cukup mudah, kamu tinggal sering-sering memposting atau mentweet mengenai tips atau cara praktis menyelesaikan soal. Usahakan kamu aktif untuk memposting dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Posisikan dirimu adalah tutor dan pembaca adalah muridnya. Dijamin, mereka akan dibuat penasaran dan ingin mencoba untuk mengikuti kelas bimbelmu.

Tidak hanya media social saja, kamu juga bisa membuat website khusus untuk perusahaan jasamu ini. Tidak harus menggunakan jasa website profesional, kamu bisa kok membuatnya berbekal website gratis yang bisa dengan mudah kamu temukan. Buat tampilan websitemu semenarik mungkin. Buat juga logo yang menarik dengan jargon yang oke dan mencerminkan kualitas bimbingan belajarmu. Terakhir, kamu juga bisa mencantumkan foto serta profil berikut keunggulan dari tiap-tiap pengajar, supaya klien tertarik karena merasa disodori banyak pilihan terbaik.

Selama masih jadi usaha rintisan tak perlu terburu-buru menyewa kantor demi menyambut pelanggan. Manfaatkan ruang yang ada — bahkan ruang tamu pun bisa disulap jadi kantor dadakan

Karena menggunakan modal yang seminim mungkin, tentu kamu belum bisa menyewa rumah untuk mendirikan kantor. Toh, keberadaan kantor ini dirasa kurang perlu kok, karena kamu bisa menggunakan website sebagai muka perusahaan. Terlebih lagi kamu menawarkan jasa privat yang mendatangi rumah siswa sehingga keberadaan kantor tak terlalu ambil bagian.

Apabila memang keberadaan kantor sangat diperlukan, kamu bisa kok membuat kantor dadakan di rumah. Sulap saja ruang tamu untuk menerima klien. Walau terkesan sederhana, namun mereka tak akan meragukan jika kamu memang berdedikasi tinggi untuk sungguh-sungguh menawarkan jasa yang terbaik di bidangnya.

Sukses dengan Usaha Bimbingan Belajar Rumahan

Usaha bimbingan belajar dan kursus adalah usaha yang tidak akan pernah mati selama manusia masih ada. Sebab kebutuhan akan ilmu pengetahuan tidak akan pernah berhenti. Bahkan, hingga usia lanjut manusia masih membutuhkan ilmu pengetahuan baru untuk diketahui. Oleh sebab itu, bisnis rumahan yang satu ini sangat cocok dijalankan untuk orientasi jangka panjang.

Prospek Membangun Usaha Bimbingan Belajar
Situasi yang ada saat ini adalah orang tua yang menginginkan anak-anaknya cerdas dan pintar saat mengikuti proses belajar di sekolah. Tidak heran jika para orang tua berlomba-lomba mencari tempat les yang bagus untuk memberikan pelajaran tambahan pada anak mereka. Ini menjadi peluang usaha yang sangat baik bagi pengusaha pemula. Apalagi jika memiliki ilmu pengetahuan yang bagus dan kesabaran menghadapi anak-anak.

Seperti yang sudah ada, banyak bimbingan belajar yang awalnya hanya sederhana kini telah berkembang menjadi usaha franchise yang tersebar di seluruh nusantara. Sasaran pengguna jasa bisnis bimbingan belajar ini hampir di segala usia, mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA hingga umum. Kelas yang ditawarkan pun beragam, ada kelas regular, kursus keahlian, atau kelas musiman seperti persiapan Ujian Nasional dan masuk universitas.

Memulai bisnis ini tidaklah sulit dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk modal. Cukup kemampuan ilmu pengetahuan, kesabaran dalam mengajar, dan aktif melakukan penawaran untuk mencari murid. Bahkan, jika tidak memiliki tempat yang bisa digunakan untuk kelas bisa memulai dengan mengajar privat mendatangi langsung rumah siswa. Apabila berminat memulai usaha bimbingan belajar ada beberapa tips yang bisa dibagi.

Tips Membangun Bimbingan Belajar
1. Memiliki kemampuan mendidik anak-anak, yaitu ilmu pengetahuan yang baik adalah modal utama dari bisnis ini. Lebih baik jika ilmu yang dimiliki adalah ilmu-ilmu yang laris dicari anak-anak yang membutuhkan tambahan pelajaran, seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris.

2. Kemampuan mencari tenaga pendidik yang memang ahli di bidangnya dan pandai dalam menyampaikan materi pada anak-anak serta tidak membosankan di depan kelas.

3. Mengajarkan materi yang tidak jauh berbeda dengan materi yang diujikan. Ini menentukan kesuksesan bisnis bimbingan belajar. Semakin banyak anak yang prestasinya meningkat setelah les di bimbingan belajar maka akan semakin baik pula prestasi bimbingan belajar tersebut. Pelanggan juga akan semakin banyak yang berdatangan untuk mendapatkan layanan jasa usaha ini.

4. Mengatur jadwal bimbingan dengan tepat, baik untuk tenaga pengajar maupun anak didik. Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi jadwal yang ‘bentrok’.

5. Membuat modul pengajaran untuk setiap mata pelajaran atau paket yang diajarkan. Penggunaan modul memudahkan pengajar juga siswa untuk belajar sesuai dengan urutan materi pembelajaran.

6. Memiliki kemampuan kerjasama dan koordinasi dengan pengajar dan staf pembantu lainnya. Terutama pada pengajar harus ada kerjasama yang baik, sebab mereka adalah ujung tombak dari bisnis ini.

7. Memiliki tempat yang layak untuk dijadikan kelas. Hal ini tidak mutlak apalagi jika ingin memulai dengan les privat dari rumah ke rumah. Hanya butuh sedikit tempat untuk administrasi. Tapi jika ada ruangan yang cukup luas untuk kelas itu lebih baik, artinya usaha bimbingan belajar dapat dilakukan di kantor dan di luar kantor, pemasukan juga akan bertambah.

8. Melengkapi kebutuhan usaha dengan inventaris kantor. Barang-barang yang diperlukan untuk usaha ini adalah satu unit komputer atau laptop untuk keperluan administrasi, alat tulis kantor, meja, kursi, dan whiteboard serta modul pengajaran. Untuk SDM yang dibutuhkan adalah tenaga pengajar, tenaga administrasi, staf keuangan, dan tenaga kebersihan.

Bisnis Rumahan Yang Menguntungakan Dengan Membuka Les Bahasa Inggris

Usaha rumahan meliputi banyak hal namun tak semua menjanjikan keuntungan yang maksimal. Salah satu bisnis rumahan yang menguntungkan adalah dengan membuka privat bahasa inggris. Tentu jenis usaha ini tak mudah dilakukan karena terkait dengan kemampuan bahasa, yang menurut banyak orang sulit. Meskipun demikian, tetap saja menjadi pengajar bahasa inggris bisa menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan. Agar sukses menjalankan bisnis privat bahasa inggris, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan sasaran terlebih dahulu. Misalnya, yang dibidik adalah siswa SMP.

Sama halnya dengan usaha lain, privat bahasa inggris tentu memerlukan promosi. Yang perlu dilakukan dalam hal ini adalah memasang leaflet atau menyebar brosur bahwa anda menerima privat bahasa inggris. Untuk memulai privat bahasa inggris, anda bisa memulai dengan menawarkan orang-orang sekitar terlebih dahulu. Ya, sebagai langkah awal jangan memasang tarif tinggi. Pastikan dulu anda bisa memberi kesan bahwa yang diberikan berkualitas.

Bisnis rumahan yang menguntungkan berkenaan dengan privat bahasa inggris harus dijalankan dengan sepenuh hati. Sering dijumpai orang sekitar senis dengan apa yang anda lakukan. Sayangnya hal ini bisa membuat mental down. Pastikan bahwa bisnis rumahan yang menguntungkan melalui privat bahasa inggris adalah hal yang anda yakini benar dan berpotensi menghasilkan uang. Selain itu, jenis bisnis ini mulia karena bisa membantu orang keluar dari masalah

Wiraswasta Rumahan Modal Murah Meriah, Bimbel Calistung

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa ikut membantu suami cari nafkah. Jika Anda berkomitmen ingin menjadi ibu rumah tangga yang utuh, tentu pilihan profesi yang tidak perlu meninggalkan rumah jauh lebih utama. Salah satu profesi ini adalah wiraswasta rumahan.

Kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengupas salah satu jenis wiraswasta rumahan yang cukup mudah Anda praktekan di rumah, dengan modal usaha yang tergolong kecil. Dan tentu saja insya Allah tidak sulit untuk memasarkannya. Usaha rumahan tersebut adalah usaha bimbel calistung.

Ide usaha bimbel calistung ini asalnya dari model pendidikan formal belakangan ini yang memang sudah bergeser jauh dari sistem pendidikan jaman tahun 80an dulu. Dahulu untuk masuk SD, tidak ada tes apapun, langsung masuk dan terdaftar jadi murid.Tapi sekarang, untuk masuk SD seorang anak harus memahami calistung (bahasa gaul dari baca tulis hitung). Bahkan tak jarang SD tertentu mengadakan tes untuk calistung sebagai syarat masuk. Anak yang tidak fasih dalam calistung akan kesulitan dalam mencari SD.

Dan kendalamnya adalah situasi orang tua dengan segala keterbatasan waktu dan kemampuan untuk membantu anak memahami calistung. Artinya, sering kali para orang tua membutuhkan peran pihak ketiga untuk membantu.

Meski sekarang semua anak sudah mendapat pendidikan formal dari Taman Kanak-kanak, tetap saja dianggap belum cukup. Disinilah peran penting usaha bimbel calistung.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, usaha yang satu ini bisa Anda golongkan sebagai wiraswasta rumahan. Pasalnya bimbel calistung tidak memerlukan sewa kantor atau ruko untuk operasional. Beda dengan usaha laundry. Cukup Anda sediakan sebuah ruangan ukuran kamar di rumah Anda sendiri.

Tata ruangan tersebut sedemikian rupa sebagaimana layaknya ruang kelas dalam kursus. Sebagai usaha wiraswasta rumahan, usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar. Dan yang paling penting hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 saja. Jadi peran Anda sebagai ibu rumah tangga tidak akan terganggu.

Jika Anda memang tertarik membuka usaha bimbel calistung ini, saya akan berikan beberapa hal yang perlu Anda persiapkan di awal. Yang jelas, tidak terlalu rumit sebagaimana biasanya usaha wiraswasta rumahan lainnya. Persiapan itu antara lain :

  1. Persiapkan Ruangan
    Sebagaimana telah saya bahas sebelumnya, usaha ini hanya membutuhkan sebuah ruang atau kamar yang Anda tata sebagai ruang kelas. Sebagai catatan, ruang kelas ini sebaiknya nyaman dan menarik bagi anak-anak. Misal ruangan dengan warna cerah atau ornament yang bernuansa anak anak. Anda bahkan bisa memilih konsep lesehan dengan karpet dari evamat puzzle huruf. Nantinya karpet bisa Anda jadikan media belajar juga.
  2. Persiapkan Materi
    Memberi kursus untuk anak-anak jelas berbeda dengan kursus untuk anak sekolah. Anak anak cenderung menyukai materi yang bersifat bermain dan bersenang-senang. Jadi berikan materi belajar dengan konsep anak-anak, supaya mereka lebih cepat paham sekaligus tidak cepat bosan. Anda bisa memperkaya diri Anda dengan materi dengan berbagai buku materi PAUD dan TK di berbagai toko buku.
  3. Tentukan Pasar Anda
    Di awal, Anda harus tentukan dulu segmentasi pasar mana yang akan Anda masuki. Pasar ekonomi menengah ke atas atau pasar menengah kebawah. Ini nantinya akan berkaitan dengan sistem promosi, media promosi yang Anda pilih serta pembuatan modul dan peraga dalam kelas. Kalangan ekonomi ke atas jelas akan menuntut Anda dengan fasilitas no 1, media peraga terbaik seiring kemampuan mereka dalam membayar.
  4. Lakukan Promosi
    Promosi di sini tidak selalu berarti Anda harus mengeluarkan dana yang besar. Lakukan promosi efektif seperti promo di berbagai TK ketika pertemuan orang tua atau ketika pembagian raport. Anda juga bisa melakukan promosi di perumahan melalui pertemuan arisan.

Tidak begitu sulit kan membuka usaha bimbel calistung? Usaha wiraswasta rumahan yang satu ini jelas bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Selain modalnya yang kecil dan mudah Anda jalankan, usaha ini tidak menganggu kegiatan Anda sebagai ibu rumah tangga. Anda tertarik untuk menekuninya?

Les Bimbingan Belajar, Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Setiap orang tua tentu menginginkan hasil belajar putra-putrinya di sekolah memperoleh nilai yang baik. Banyak cara yang dilakukan, dari mulai mendisiplinkan waktu belajar hingga ikut mendampingi anak-anak belajar. Beratnya materi dan banyaknya jumlah mata pelajaran yang harus dihadapi anak pada masa sekarang ini sedikit memaksa para orang tua untuk memberikan perhatian ekstra.

Namun bagaimana dengan orang tua yang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mendampingi anak belajar? Termasuk para orang tua yang kedua-duanya harus bekerja. Sebagian ada yang baru malam hari bisa sampai di rumah. Sehingga kadang untuk memeriksa PR anak pun terlupakan.

Selain karena keterbatasan waktu dalam mendampingi anak belajar. Alasan lain adalah kadang kala anak tidak suka jika ayah atau ibunya yang mengajari mereka. Bisa jadi orang tua tidak cukup sabar dalam menjawab pertanyaaan-pertanyaan. Ketidaksabaran berujung pada marah-marah jika anak tidak mampu menjawab dengan betul. Semakin anak dimarahi, semakin lemah pula daya tangkapnya. Akibatnya bisa cukup fatal yaitu anak akhirnya merasa trauma ketika harus belajar di rumah.
Disamping itu, materi pelajaran anak sekolah sekarang ini begitu kompleks. Silakan saja cek buku cetak anak atau adik anda. Berbeda dengan apa yang dulu pernah orang tua pelajari di sekolah. Belum lagi jika ada mata pelajaran muatan lokal seperti bahasa Mandarin atau Sempoa yang belum tentu semua orang tua kuasai.Jalan yang ditempuh oleh orang tua saat ini adalah menyerahkan pendampingan belajar anak pada orang lain yang lebih mampu. Mampu disini dapat diartikan menguasai materi pelajaran dan mampu bertindak layaknya seorang guru. Walaupun berarti ‘uang sekolah’ anak menjadi dobel tetapi ini dapat menjadi solusi agar anak bisa belajar dengan terarah.

Berangkat dari persoalan diatas terciptalah sebuah peluang usaha yang dapat dilakukan di rumah yaitu les bimbingan belajar (bimbel). Pekerjaan sebagai guru les dapat dilakukan sebagai usaha pokok dalam artian full time atau sampingan.