Tips dan Trik Menjadi Pengusaha sembako Yang Sukses

Cara Membuka Usaha Grosir Sembako

Bisnis yang selalu berkaitan dengan hajat orang banyak peluang bisnisnya akan semakin menjanjikan karena dari segi pemasaran tidak akan menemui banyak kesulitan.Wajar saja jika kemudian pelaku usaha lebih memilih peluang usaha yang membidik barang kebutuhan pokok sebagai barang dagangannya salah satunya Usaha Grosir Sembako.Meskipun usaha ini bukan hal baru namun peluangnya masih tetap menjanjikan seiring dengan semakin banyaknya perumahan perumahan baru khsusunya didaerah perkotaan.Tak heran jika ada sebuah perumahan baru usaha yang paling pertama muncul adalah usaha sembako.
 

ide-usaha-toko-sembako-modal-kecil-hingga-grosir

Usaha grosir sembako jika dibandingkan dengan usaha lain yang sejenis misalnya toko sembako atau toko kelontong peluang bisnisnya lebih luas karena target pasarnya selain toko toko sembako bisa juga konsumen eceran disitulah kelebihannya grosir oke eceran juga oke walaupun target utamanya tetap grosir.Usaha grosir sembako tergolong usaha yang cukup mudah dilakukan asalkan memiliki modal yang cukup dan karena taget pasarnya toko toko sembako otomatis modal yang dibutuhkan relatif besar karena toko anda harus menyediakan barang dalam partai besar jadi bila anda ingin membuka usaha ini pastikan memiliki modal yang mencukupi.
Meskipun kelihatannya mudah namun untuk memulai usaha ini memerlukan serangkaian perhitungan yang matang sehingga usaha grosir sembako yang anda rintis bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.Beberapa langkah penting yang harus anda lakukan untuk membuka usaha grosir sembako diantaranya;


1.Menentukan lokasi yang strategis.
Langkah ini mutlak anda lakukan sebelum memutuskan untuk membuaka usaha grosir sembako karena lokasi sangat menentukan kesuksesan usaha grosir sembako.Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau,parkir yang memadai,mudah dilalui kendaraan besar seperti mobil truk karena untuk mempermudah distribusi.Perhatikan juga pesaing anda apakah sudah banyak atau masih sedikit Idealnya belum banyak pesaing.Amati juga target pasar anda apakah disekitar lokasi banyak toko toko sembako.

2.Tentukan pemasok toko grosir anda.
Usaha grosir sembako sangat tergantung pada pasokan barang dari pihak lain misalnya agen atau distributor langsung.Namun untuk langkah awal membuka usaha grosir sembako anda bisa mencari pasokan dari agen besar dan anda harus bayar tunai.Jika usaha grosor anda sudah berjalan dan memiliki pelanggan tetap anda bisa mencari pasokan dari distributor langsung dan biasanya tanpa diundangpun mereka akan datang ke toko anda.Jika omsetnya bagus bukan tidak mungkin anda akan diberii fasilitas bayar tempo sehingga usah anda bisa semakin besar.

3.Siapkan Sarana pendukung.
Merintis usaha grosir sembako diperlukan ketekunan dan kesabaran tidak bisa langsung maju dalam waktu sekejap.Apalagi jika sudah ada pesaing anda harus pandai pandai mencari pelanggan baru.Salah  satu nilai lebih yang bisa anda jadikan sebagai daya tarik bagi pembeli adalah pelayanan.Berikan pelayanan kepada pembeli dengan sebaik-baiknya misalnya proses transaksi yang cepat atau layanan antar.Oleh karena itu anda harus menyiapkan sarana pendukung agar pelayanannya memuasakan misalnya kendaraaan untuk layanan antar atau karyawan untuk membantu pelayanan.
Demikian informasi tentang Cara Membuka Usaha Grosir Sembako yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.Terima kasih atas kunjungannya.

Kelebihan Bisnis Rumahan Warung Sembako

Bisnis sembako memiliki kelebihan karena segmentasi pasarnya yang hampir menyeluruh. Bisnis ini membidik bukan hanya kalangan atas namun juga kalangan bawah, hampir semua manusia terkhusus yang hidup di Indonesia sangat membutuhkan apa yang dijual di warung sembako sehingga terlepas dari ketatnya persaingan. Usaha bisnis warung sembako bisa jadi adalah peluang usaha yang sangat menggiurkan dengan keuntungan yang sangat lumayan.
Selain itu, keuntungan yang didapat terbilang lumayan besar. Seperti penuturan Gunawan P, seorang penjual sembako mengatakan bahwa dengan modal 10 juta ia dapat menghasilkan keuntungan rata – rata Rp. 5,5 juta perbulan. Hal ini bisa terwujud jika kita memiliki strategi penjualan yang bagus karena bisa dikatakan bahwa bisnis rumahan warung sembako adalah bisnis yang cukup ketat persaingannya. Namun ini juga tergantung dari lokasi usaha.
 

Kekurangan Rumahan Warung Sembako

Karena menjual banyak barang, maka tentu membutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam mengurus bisnis ini. Anda harus telilit menentukan jenis dan harga barang yang dijual. Karena anda membeli dengan sistem grosir sementara nantinya dijual dengan cara eceran maka anda harus cermat dalam menghitung harga tiap satuan ecer. Selain itu di beberapa tempat persaingan warung sembako terbilang cukup ketat karena bisnis ini memang bisnis yang menguntungkan sehingga banyak orang yang juga ingin meraup keuntungan dari bisnis ini.
 

Tips Sukses Bisnis Rumahan Warung Sembako

Untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha ini, ada baiknya anda menjalankan beberapa tips berikut ini diantaranya adalah :
1. Pemilihan lokasi usaha
Pemilihan lokasi usaha bisa jadi menjadi syarat penting dalam kesuksesan berbisnis warung sembako. Usahakan mencari tempat yang strategis yang dapat dijangkau oleh banyak orang. ANda bisa membukanya di pinggir jalan, di perempatan atau di pusat kegiatan masyarakat. Selain itu usahakan untuk membuka bisnis ini ditempat yang masih minim persaingan.


2. Utamakan Kualitas Produk dan Pelayanan
Kepuasan pelanggan adalah harga mati bagi suksesnya warung sembako. Hal ini membuat anda harus lah memberikan pelayanan yang prima. Siapkan barang barang berkualitas agar pelanggan puas serta cobalah untuk lebih ramah dan lebih menebar senyum kepada pelanggan.
 
3. Mencari Grosiran Termurah
Dalam hal ini, anda dituntut untuk dapat memilih tempat grosir yang menjadi kulakan anda dengan harga termurah.Semakin murah barang yang anda beli maka margin keuntungan semakin besar sehingga hasil yang didapat semakin besar.

Raih Keuntungan Dari Usaha Toko Grosir Sembako

Usaha grosir sembako adalah pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki modal pas-pasan. Dengan modal yang kecil anda dapat menjadi produsen suatu barang tertentu. Dengan menjadi produsen anda akan mampu menarik konsumen yang lebih banyak.

Jenis usaha grosir sembako ini merupakan peluang usaha yang sangat baik untuk dikembangkan. Melihat barangnya adalah sembako yang merupakan kebutuhan pokok semua orang tentu ini sudah merupakan satu pilihan bisnis yang tepat. Terlebih lagi apabila toko grosir sembako tersebut dikelola dengan baik dan benar.

Dengan membuka toko grosir sembako anda pun bisa meraih keuntungan berlipat. Keuntungan dari usaha usaha toko grosir sembako dapat anda siasati dari harga jual yang anda tentukan. Dalam model bisnis ini harga Rp.100,- pun menjadi sangat berharga. Sebab, harga tersebut akan dikalikan dengan banyaknya barang yang dibeli konsumen. Untuk itu jangan menganggap remeh dengan selisih harga sekecil apapun itu dalam bisnis ini.

Sebaliknya, jika barang yang anda jual ternyata terbukti lebih mahal meskipun hanya seratus rupiah dari toko lain justru akan mengakibatkan konsumen berpindah tempat. Untuk itu, survey harga ke toko-toko sesama grosir sembako yang ada di sekitar menjadi sangat penting. Dengan mengetahui perbandingan tersebut anda akan mampu bersaing dari segi lain.  Misalkan, harga grosir suatu barang yang anda jual memiliki harga yang sama dengan pesaing, maka yang harus anda lakukan adalah memperhatikan masalah pelayanan, pengemasan, keramahan, kebersihan, dan unsur lain yang berbeda dengan toko lainnya.

Masalahnya, seringkali toko grosir sembako terkesan kotor dan seadanya saja dalam hal penataan. Padahal, secara tidak langsung, konsumen sangat memperhatikan hal kebersihan dan kenyamanan dalam berbelanja. Kelemahan yang dianggap wajar ini sebenarnya dapat menjadi senjata ampuh bagi anda yang menekuni bisnis usaha grosir sembako.

Karena bisnis usaha grosir sembako lebih mengandalkan faktor kali dalam penjualan maka ada beberapa tips yang harus benar-benar anda perhatikan, sebagaimana berikut:

Pertimbangkan jenis barang dalam menentukan harga

Untuk menentukan harga jual suatu barang tidak dapat dipukul rata. Misalnya, harga barang sembako kardusan tentu tidak dapat anda samakan profitnya dengan barang satuan seperti kecap. Untuk itu anda perlu menentukan rumus dalam menentukan harga.

Contohnya, untuk barang yang cepat laku anda bisa mengambil keuntungan sebesar hanya 10%. Sedangkan barang yang laku dalam waktu yang lama bisa anda tetapkan profit sebesar 20-25%. Hal ini untuk mengontrol agar barang yang anda jual tidak terkesan terlalu mahal.

Carilah distributor langsung

Karena keuntungan dari usaha grosir sembako tidak terlalu besar, untuk itu sebisa mungkin anda mendapatkan barang dari distributor secara langsung tanpa perantara. Dengan demikian harga yang anda dapatkan untuk dijual kembali pun akan dapat bersaing dengan pengusaha lainnya. Sebab, bagaimanapun juga harga dari distributor pasti lebih murah dibandingkan dengan barang yang sudah sampai ke tangan kedua. Dan akan lebih menguntungkan lagi apabila barang-barang yang anda jual adalah barang titipan dari pemilik pengusaha tertentu. Dalam hal ini anda akan lebih diuntungkan karena anda tidak perlu alokasi modal.

Menjual barang yang banyak dicari konsumen

Bisnis toko grosir harus memperhatikan tips yang satu ini. Sebab, bisa dikatakan bahwa ini adalah poin terpenting dari kesuksesan usaha kelontong. Untuk meraih kesuksesan dalam usaha grosir sembako sebisa mungkin anda hanya menjual barang yang banyak dicari pembeli.

Contohnya: beras, minuman, gula, garam, rokok, LPG, perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya. Dengan menjual barang-barang ini anda tidak perlu lagi risau. Sebab, sampai kapanpun barang tersebut pasti dicari dan dibeli oleh orang lain. Untuk itu, fokuslah dalam pelayanan saja maka konsumen pasti berlangganan kepada anda.


Trend 2016 Peluang Usaha Rumahaan yang Masuk Akal, dan Tidak Repot

Konsepnya adalah delivery lokal, dengan metode Online, jika dilokasi anda ada komoditi produk yang bisa di onlinekan maka ini adalah pulang yang sangat besar. Anda hanya perlu memfasilitasi pembeli dengan produk yang mereka inginkan dengan metode online sistem. Misalnya jika anda berdomesili didekat pasar atau kafe/restauran jika ada yang ingin membeli mereka tidak perlu  pergi jauh-jauh panas-panas keluar rumah mereka. karena sudah dikover oleh anda.  Apa lagi dengan kesibukan dan kemajuan zaman saat ini dimana semua harus cepat dan produktif dengan demikian kemajuan teknologi semakin maju dalam mempermudah untuk memenuhi kebutuhan manusia ini lah yang akan kita manfaatkan sebagai peluang usaha yang MASUK AKAL.

Dibutuhkan dalam usaha ini adalah website yang mudah, murah, dan nyaman untuk di akses baik dari smartphone maupun PC. kami menyediakan design website yang mudah sekali di opersionalkan dengan display yang modren dan menarik dibandingankan dengan yang lain. TIDAK PERLU AHLI, web ini cocok juga untuk orang AWAM, kami  juga akan sediakan panduan untuk mengelolanya.

 faktor penting dalam menjalankan bisnis warung sembako dengan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan:

Lokasi usaha
Berhubung yang saya ulas adalah usaha warung sembako dirumah, pastinya lokasinya dirumah anda. Berarti kita harus melihat apakah rumah anda strategis apa tidak untuk berjualan. Tidak mungkin anda mengandalkan tetangga anda selamanya, anda juga perlu menjaring pembeli yang kebetulan lewat kaarena melihat warung anda. Semakin warung anda dilihat orang, semakin besar pembeli di warung anda, karena kelihatan, aksesnya mudah dari jalan.
Sumber bahan sembako
Perlu diketahui bahwa jika anda memasok barang dari agen agen kecil kemungkinan mereka sudah numpangi harga sendiri sehingga bahan bahan yang anda pasok harganya lebih mahal. Untuk itu carilah ke agen pusat di kota anda. Kalau pusat terlalu jauh anda bisa mendatangi pasar tradisonal, karena yang menjual secara grosir dan umumnya penjual menjual hasil panen mereka. Tentu harga lebih murah karena tanpa perantara.
Jenis sembako yang dijual
Sebisa mungkin jenis sembako yang dijual bukan jenis kemasan yang biasanya dijual toko modern seperti alfa dan indomart. Percuma saja, karena anda akan salah saing. Kalau bisa anda menjual bahan sembako yang bisa ecer dan grosir, bukan kemasan dan instant.
Pelayanan yang baik dan ramah
Kemungkinan besar anda akan menghadapi para tetangga yang suka hutang dan membayar diakhir bulan , bahakan semaunya kalau sudah punya uang. Jika ada, biarkan saja, layani dengan ramah tanpa membedakan antara yag hutang dan tidak. Para penghutang adalah pelanggan setia warung anda. Diakhir bulan atau waktu tertentu pasti anda akan mendapatkannya  hutangan itu. Jadi jangan khawatir anda bangkrut.
Laporan keuangan yang baik
Bautlah laporan serapi mugkin per hari agar anda bisa menganalisa keuntungan dan kerugian. Jadi harus ada laporan, laporan itu untuk evaluasi anda selanjutnya, Evaluasi tersebut digunakan untuk perbaikan warung anda.
Kombinasikan dengan usaha lain
Ramainya pembeli di warung anda pasti ada jeda, jadi alangkah baiknya untuk mengkombinasikan usaha dengan usaha lain seperti jual pulsa dan jual aneka jus dan sop buah. Waktu jeda anda tidak sia sia hanya untuk menunggu pembeli sembako. Itung itung daripada bengong, hehe.
Mungkin masih banyak lagi faktor yang mempengaruhinya dalam memulai usaha bisnis sembako, Sukses tidaknya tergantung anda sebagai pelaku usaha. Ya demikian, semoga bisa membantu anda dalam mengelola usaha warung sembako.