Senin, Juli 15, 2024
spot_img
BerandaIde Memulai Suatu BisnisTips Dan Trik Memulai Bisnis Kost-kostan Yang Menjanjikan

Tips Dan Trik Memulai Bisnis Kost-kostan Yang Menjanjikan

 

Bisnis Kos Kosan adalah Bisnis yang Menguntungkan

Apakah bisnis kos kosan adalah bisnis yang menguntungkan? Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh orang-orang yang meragukan potensi bisnis kost. Hal ini sangat wajar mengingat modal yang diperlukan untuk memulai usaha kost sangat besar. Untuk memulai sebuah usaha rumah kost, seorang pengusaha kost perlu menyiapkan sebuah rumah kost yang harganya bisa mencapai angka ratusan juta hingga milyaran rupiah. Angka yang fantastis tersebut masih harus ditambahkan dengan modal untuk membeli perabotan dan peralatan elektronik seperti kulkas, televisi dan AC. Namun dibalik besarnya modal yang harus disediakan, bisnis kos kosan menawarkan begitu banyak keuntungan. Beberapa keuntungan dari menjalankan usaha kost antara lain:

1. Permintaan akan rumah kost sangat tinggi

Kebutuhan akan rumah kost selalu bertambah setiap tahun. Hal ini disebabkan karena pangsa pasar bisnis kos kosan, yaitu mahasiswa dan karyawan selalu bertambah. Inilah yang menyebabkan bisnis kost selalu ramai. Untuk memaksimalkan keuntungan Anda, usahakan membangun rumah kost di dekat kampus atau pusat bisnis, karena kedua tempat tersebut merupakan lokasi yang sangat diincar oleh para penyewa kost.

2. Bisnis kos kosan memberikan penghasilan rutin dan jangka panjang

Penghasilan dari bisnis kost bersifat rutin dan jangka panjang, karena tiap bulan Anda akan menerima penghasilan dari hasil sewa kost. Jangka waktu sewa kost juga cukup lama, bisa mencapai beberapa tahun. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penyewa kost adalah mahasiswa yang merantau dari kota lain. Selama si penyewa kost masih kuliah, ia akan tetap menyewa kost Anda, bahkan beberapa penyewa kost yang telah lulus kuliah memilih untuk bekerja di kota tersebut dan memutuskan untuk tetap tinggal di kost.

3. Pengelolaan kost relatif mudah

Menjalankan usaha kos kosan bisa dibilang sangat mudah. Kerepotan Anda hanya akan terjadi di awal bisnis, yaitu pada saat menyiapkan kamar-kamar kost, mulai dari desain kamar kost, membeli perabotan dan peralatan elektronik yang menjadi fasilitas kost, mencari asisten rumah tangga dan petugas keamanan, serta mempromosikan kost. Setelah tahapan tersebut berlalu, Anda tinggal menyerahkan pengelolaan rumah kost kepada orang kepercayaan Anda. Sesekali Anda perlu berkunjung ke rumah kost untuk memeriksa keadaan kost, menerima uang sewa kost, serta membayar tagihan-tagihan seperti listrik, air dan gaji asisten rumah tangga dan satpam.

4. Peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan

Alasan lain mengapa bisnis kos kosan adalah bisnis yang menguntungkan adalah karena Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dari usaha ini. Selain dari uang sewa kost, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menyediakan jasa dan menjual barang-barang kebutuhan penghuni kost. Beberapa jasa yang dapat ditawarkan kepada penghuni kost antara lain laundry, antar jemput dan catering. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti pulsa, air mineral dan mi instan. Penggunaan beberapa fasilitas tertentu seperti AC, internet, televisi berlangganan dan kamar mandi dalam juga bisa diperhitungkan sebagai biaya tambahan diluar sewa kost.

5. Penghasilan lebih tinggi dibanding menyewakan rumah

Pada saat ingin memperoleh penghasilan pasif dari sebuah rumah, ada dua pilihan utama, yaitu disewakan atau dikostkan. Karena alasan kepraktisan, pada umumnya orang lebih memilih menyewakan rumahnya. Menjalankan usaha rumah kost memang sedikit lebih rumit dibanding menyewakan rumah, namun penghasilan yang diperoleh setimpal dengan pengorbanan yang dilakukan. Penghasilan dari menjalankan usaha kost jauh lebih tinggi dibanding menyewakan rumah, terlebih bila Anda menyediakan fasilitas tambahan seperti yang telah kami uraikan di atas.

Karena Anda rutin mengontrol rumah kost, maka kondisi bangunan atau rumah kost akan lebih terawat dibanding bila Anda menyewakan rumah. Sudah bukan rahasia umum bahwa penyewa rumah tidak terlalu memperhatikan perawatan rumah, sehingga pada akhir masa sewa Anda akan menerima rumah dalam keadaan bocor atau rusak, dan Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan atau renovasi sebelum menyewakan kembali rumah tersebut kepada orang lain.

7. Kenaikan harga rumah kost lebih tinggi

Andaikata suatu saat Anda ingin menjual rumah kost yang telah Anda kelola, maka harga rumah kost pasti lebih tinggi bila dibandingkan dengan rumah biasa. Selain karena kondisi bangunan yang lebih terawat, adanya penghasilan rutin dari anak kost juga menjadi nilai tambah. Calon pembeli rumah kost atau pihak lembaga keuangan yang memperhitungkan perkiraan harga rumah akan memasukkan penghasilan rutin tersebut sebagai salah satu nilai positif yang mampu meningkatkan harga jual rumah.

7. Menjalin relasi

Sudah jamak kita dengar cerita mengenai pensiunan yang hidup sendiri, jauh dari anak-anaknya yang tinggal di luar kota. Mereka memilih untuk mengekostkan rumah tinggal mereka. Selain memberikan penghasilan tambahan bagi mereka, kehadiran anak-anak kost juga mampu menjadi sumber keceriaan di hidup mereka. Ada juga cerita mengenai pengelola kost yang akhirnya menjalin hubungan bisnis dengan anak kost atau orang tua dari anak kost. Selain itu, kami juga pernah mendengar cerita mengenai pengelola kost yang menjalin hubungan yang erat dengan mahasiswa dari luar negeri yang mengikuti program pertukaran pelajar. Menjalankan bisnis kos kosan tidak melulu soal uang, namun lebih dari itu, menjalin hubungan dengan orang lain.

Itulah beberapa keuntungan bisnis kos kosan yang berhasil kami himpun. Bagaimana dengan Anda? Apakah ada keuntungan lain yang Anda peroleh dari menjalankan bisnis kost?

Setelah mengetahui keuntungan membuka usaha sewa kost-kostan, mungkin anda berminat sekarang untuk membuka usaha tersebut. Nah, untuk itu anda dapat membaca beberapa halberikut:

Peluang Usaha Sewa Kost-kostan Modal Kecil

1. Lokasi Yang Tepat

Lokasi merupakan indikator utama dalam menjalankan usaha ini, karena lokasi yang strategis akan membuat usaha sewa tempat kost menjadi ramai. Tempat yang paling tepat dan strategis untuk membuka usaha kost ialah tempat yang dekat dengan suatu lembaga ataupun perusahaan seperti kampus, sekolah, pabrik, perusahaan, pasar dan lain sebagainya.

2. Tempat Yang Nyaman

Tempat yang paling pas untuk di sewakan ialah tempat yang nyaman, bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, dan yang pastinya bersih. Anda tidak harus membuat tempat sewa kost yang mewah seperti layaknya hotel, anda hanya perlu membuat tempat yang sederhana, lengkap dengan dapur dan kamar mandi serta bersih.

3. Harga Sewa

Penentuan harga sewa kost-kotsan merupakan hal yang harus di pertimbangkan dengan matang. Ada dua jenis penentuan harga sewa tempat kost, yang pertama harga per orang dan yang kedua harga per kamar.
  • Untuk harga per orang ialah harga yang di kenakkan kepada setiap 1 orang. Misalnya : jika 1 kamar kapasitas 5 orang dengan tarif sewa Rp. 200.000,- per orang hanya di tinggali oleh 2 orang saja, maka masing-masing membayar sama yakni Rp.200.000,-.
  • Untuk harga per kamar ialah harga yang di kenakkan kepada setiap 1 kamar. Misalnya : jika 1 kamar di sewakan dengan harga Rp. 500.000,- maka meskipun kamar itu di isi oleh 1, 2, 3 atau bahkan 5 orang pendapatan per kamar tetap yakni Rp. 500.000,-.
Kedua jenis penentuan harga tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun saya rekomendasikan untuk mengambil jenis harga per kamar, karena jauh lebih menghasilkan dari pada per orang.
Bagaimana sahabat? anda tertarik dengan usaha sewa kost-kostan. Semoga saja anda tertarik ya dan mulai menjalankan bisnis ini. Ingat semua bisnis apabila di jalankan dengan sungguh-sunguh dengan niat mencari rejeki yang halal pasti mendapatkan hasil yang di inginkan. Sekian informasi Peluang Usaha Sewa Kost-kostan Modal Kecil dan Menjanjikan yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Mau Bisnis Kos-kosan? Perhatikan 4 Hal Ini

Apabila Anda memiliki lahan yang berada di kawasan pabrik atau perguruan tinggi, ada baiknya Anda memanfaatkannya secara maksimal. Anda bisa mulai merintis bisnis passive income.

Salah satunya yaitu bisnis kos-kosan. Ini merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup bisa menjamin pertambahan pendapatan rumah tangga, terutama ketika masa pensiun tiba. Alur bisnisnya sangat mudah dan memiliki prospek positif ke depannya.

Meski digadang-gadang menguntungkan, namun Anda tetap harus cermat. Salah satunya dalam hal memilih lokasi. Bila Anda mendapakan lokasi yang strategis, maka Anda memiliki kemungkinan mendapatkan pendapatan yang lumayan besar.

Namun, itu saja belum cukup. Apabila Anda serius ingin menggeluti bisnis ini, maka perhatikan beberapa hal ini, seperti berikut ini:

Modal Besar
Tidak bisa dipungkiri, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Terutama untuk pembangunankos-kosannya. Untuk modal ini anda dapat mengajukan KTA. Apabila Anda sudah memiliki lahan, maka biaya pembangunan ini bisa diminimalisir.

Namun, apabila belum memiliki lahan, maka Anda harus mencari lahan yang terletak pada lokasi yang strategis. Misalnya, dekat dengan jalan raya, warung makan, pasar, atau pusat kesehatan.
Meski Anda memiliki modal yang besar, jangan terlalu berbangga diri. Bisnis tetaplah bisnis. Anda akan menemui persaingan yang ketat. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila mampu memaksimalkan kemampuan tersebut.

Namun, modal besar pun bisa membawa Anda ke dalam jurang kerugian. Oleh sebab itu, prinsip berhati-hati dan teliti merupakan salah satu cara yang patut Anda praktekkan.

Lokasi Strategis
Alasan kenapa orang lebih memilih kos dari pada pulang ke rumah, yaitu lokasi yang lokasi kos lebih dekat dengan lokasinya bekerja atau sekolah. Selain itu, faktor lain yang juga menjadi pertimbangan para penghuni kos, yaitu jarak kos dengan tempat-tempat vital seperti rumah makan, mini market, rumah sakit, dan tempat lainnya sangat dekat. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membangun kos, pastikan lokasi lahan memang benar-benar strategis.

Oleh sebab itu, ketika Anda memutuskan membeli lahan untuk dibuat kos, maka ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Tentukan siapa target market Anda dan lokasi seperti apa yang akan Anda sasar. Hindari sembarangan ketika memilih lahan. Lahan yang strategis kelak akan menguntungkan bisnis kos. Apabila salah memilih dan ternyata lahan yang Anda beli tidak strategis, maka kerugian pasti akan dialami.

Perlengkapan Lengkap
Apa yang Anda sediakan kepada penghuni kos? Ini merupakan faktor lain yang mempengaruhi harga sewa kos. Sebelum mulai membangun, ada baiknya Anda tentukan siapa target penyewa kos kelak? Apabila targetnya hanya mahasiswa, maka Anda cukup menyediakan perlengkapan standar kamar kos. Misalnya, kasur, meja belajar, lemari kecil. Ini akan berpengaruh dengan harga sewa nantinya.

Beda lagi bila Anda menargetkan pekerja atau mahasiswa kelas eksklusif. Maka, mau tidak mau Anda harus melengkapi kos dengan perlengkapan ala kos eksklusif. Seperti, TV, AC, dan Kamar Mandi dalam. Dampaknya, biaya sewa pasti lebih mahal dibanding kos biasa.Keamanan dan Kebersihan
Berbisnis kos merupakan jenis bisnis yang banyak diincar. Karena pola dan alur bisnisnya yang mudah dan tidak ribet. Ketika sudah jalan, perawatannya pun mudah. Anda tidak membutuhkan keahlian khusus. Yang harus diperhatikan, yaitu kebersihan kos dan keamanan. Dua hal inilah yang sebaiknya Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis kos.Bila Anda mampu menjaga kebersihan dan keamanan kos, maka bisa dipastikan para penghuni kos akan betah. Lalu, Anda hanya tinggal menunggu biaya sewa datang. Inilah jenis passive income yang patut Anda coba.

Tertarik Membangun Bisnis Kos?
Berbisnis kos memang sejak lama dilirik oleh pebisnis, namun kenyataannya masih sedikit yang bisa sukses terjun dalam bisnis ini. Alasannya klasik, mereka serampangan ketika memulainya. Tidak memperhatikan lokasi, tidak menentukan target, bahkan hal yang utama, seperti letak, tidak dihiraukan.

Masalah yang sering terdengar, pebisnis macam ini hanya terfokus pada keuntungan yang didapatkan. Padahal, bila ingin mendapatkan keuntungan besar, maka Anda membutuhkan tekad dan usaha yang besar. Bisa jadi, meski memiliki modal besar, Anda tetap harus “turun lapangan” untuk mengetahui situasi dan kondisi lahan usaha. Jadi, tertarik berbisnis kos-kosan?

Tips dan Trik dalam Bisnis Kost-kostan

Bisnis Kos-kosan adalah salah satu bisnis yang paling stabil di Indonesia, peluang bisnis ini sangat menjanjikan terutama di kota-kota besar seperti Denpasar. Banyaknya arus masuk penduduk yang setiap tahunnya kian meningkat ke kota ini tentunya secara langsung mempengaruhi angka permintaan akan tempat tinggal yang semakin besar. Sementara itu untuk mendirikan sebuah tempat tinggal di kota besar bukanlah hal yang murah, biasanya harga tanah sudah sangat mahal sehingga akan membuat orang berpikir 2 kali untuk mendirikan rumah sendiri. Disinilah peluang bisnis kos-kosan, yang tentunya dapat menjadi pilihan rumah tinggal dengan harga terjangkau bagi para pendatang.

Untuk memulai sebuah bisnis kos-kosan tentunya ada beberapa aspek yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Nah disini kami akan memberikan beberapa tips dan trik sebelum anda memutuskan untuk terjun menggeluti bisnis kos-kosan sebagai berikut :

  1. Lokasi, Penentuan lokasi adalah langkah pertama yang harus anda lakukan dalam memulai berbisnis kos-kosan, lokasi dapat anda pilih sesuai dengan segmen target pasar anda nantinya. Jika anda ingin mentargetkan mahasiswa, maka pilihlah lokasi didekat kampus atau jika anda mentargetkan karyawan maka pilihlah lokasi di sekitar areal perkantoran.
  2. Jaminan Keamanan, Kenyamanan, dan Kebersihan, Persaingan memang biasa terjadi disetiap bisnis termasuk bisnis kos-kosan ini. Bila disekitar tempat anda ingin mendirikan kos-kosan sudah banyak berdiri kos-kosan dengan fasilitas yang sama dengan anda, maka jaminan akan keamanan kenyamanan serta kebersihan ini dapat menjadi nilai tambah untuk kos-kosan anda. Kenyamanan untuk kamar juga merupakan hal yang sangat penting, dapat dilihat dari pencahayaan, sirkulasi udara dan ukuran ruangan yang lega.
  3. Harga, Menentukan harga juga merupakan hal yang cukup sulit, karena beda lokasi biasanya berbeda juga harganya. Harga ini bisa tergantung dari fasilitas apa yang kos-kosan anda berikan serta jarak kos-kosan ke kampus atau kantor juga sangat mempengaruhi harga ini. Semakin lengkap fasilitas yang anda berikan maka semakin mahal harga sewa kos-kosan anda.
  4. Layanan Tambahan, Menyediakan pelayanan tambahan juga bisa menjadi nilai plus untuk kos-kosan anda. Layanan seperti akses wifi gratis 24 jam tentunya akan sangat menarik perhatian dari para mahasiswa. Dan bila penghuni kos-kosan anda karyawan maka layanan cuci baju ( laundry ) bisa menjadi pilihan anda, karena biasanya mereka sudah kelelahan ketika pulang bekerja dan tidak sempat untuk mencuci pakaian maka layanan laundry dari anda akan sangat membantu mereka, ini juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk anda.
  5. Akses, kemudahan akses terutama akan transportasi massa juga sangat penting. Ini akan lebih memudahkan calon penghuni kos-kosan anda untuk pergi kemana-mana tanpa takut mengalami kesulitan dalam mencari kendaraan umum.
  6. Fasilitas, keberadaan fasilitas ini juga sangatlah penting tergantung lokasi dan target pasar anda. Bila anda metargetkan mahasiswa, mungkin anda bisa menerapkan fasilitas standar untuk menekan biaya sewa. Tetapi bila anda menargetkan karyawan, bisa saja anda menambahkan fasilitas seperti AC dan Kamar Mandi dalam yang tentunya akan membuat mereka lebih nyaman.

Setelah tahap awal diatas dapat anda kuasai dan berjalan dengan baik, maka inilah waktunya bagi anda untuk mempertahankan dan akhirnya mengembangkan bisnis kos-kosan anda. Mempertahankan keamanan serta kenyamanan dan mengembangkan bisnis kos-kosan dapat anda lakukan dengan melakukan beberapa hal berikut ini seperti :

Seleksi, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kos-kosan anda karena ketidak jelasan dari asal-usul serta identitas penghuni kos-kosan anda maka ada baiknya melakukan interview singkat secara santai dan halus ketika mereka ingin mendaftar menjadi penghuni kos-kosan anda. Pertanyaan-pertanyaan ringan untuk memperoleh informasi tentang dari mana asal mereka, apa pekerjaan mereka, dimana mereka bekerja serta status mereka adalah hal yang minimal harus anda ketahui.

Tata Tertib Pengunjung, kos-kosan memang sering di identikan dengan kehidupan yang bebas tanpa pengawasan dari orang tua. Disinilah dibutuhkan tanggung jawab anda untuk mengelola ketertiban pengunjung kos-kosan anda karena baik buruknya anda mengelola ketertiban penghuni kos-kosan akan menentukan bagaimana citra kos-kosan anda dilingkungan sekitar.

Bisnis Pendukung, karakteristik penghuni kos-kosan yang biasanya ingin serba praktis dan cepat dapat anda manfaatkan untuk membuka bisnis pendukung seperti usaha warung/minimarket , konter tempat mengisi pulsa, serta jasa pencuci pakaian biasanya adalah hal yang sangat dibutuhkan dimasa sekarang ini. Selain mentargetkan konsumen yang berasal dari dalam kos-kosan anda, kemungkinan juga anda bisa mendapatkan konsumen dari luar kos-kosan anda yang tentunya semakin membuat pendapatan anda semakin besar dan bisnis anda semakin berkembang.
Demikianlah beberapa tips dan trik didalam memulai sebuah bisnis kos-kosan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments