Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan Bagi Karyawan Kantor Dan Mahasiswa.

 

Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan

 Seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, suatu saat mereka pasti ingin memiliki bisnis sendiri. Memang, menjadi seorang karyawan (apalagi kalau posisinya bagus dan bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang besar) adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena dia memiliki penghasilan rutin setiap bulan, jadwal kerja yang teratur, jaminan kesehatan dari perusahaannya, dan juga memiliki nilai prestise yang tinggi. Ini adalah impian dari sebagian besar orang yang bekerja di perusahaan orang lain. Namun, tentunya tidak semua orang akan memiliki peluang yang sama seperti yang di dapatkan oleh orang lain, bahkan terkadang ada faktor X yang membut karir seseorang terhambat walaupun dia telah bekerja keras dalam bekerja di sebuah perusahaan.

Bekerja di sebuah perusahaan memberikan keuntungan di satu sisi, yaitu adanya jaminan kesehatan dari perusahaan, gaji yang pasti setiap bulannya, jenjang karir, dan beberapa kelebihan lainnya. Namun di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan menjadi seorang karyawan kantoran, seperti; peluang karir karyawan yang terbatas, adanya resiko dipecat bila tidak bekerja maksimal, merasa gaji tidak sesuai dengan beban kerja, waktu yang habis di kantor, dan mereka yang bekerja di kantoran sering merasa buntu dan jenuh dengan segala rutinitas mereka sebagai karyawan. Banyak dari antara mereka yang memutuskan untuk keluar dari zona nyaman mereka di kantor untuk memulai sesuatu yang baru dan penuh tantangan.

Nah, itulah yang menyebabkan banyak karyawan yang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya. Kebanyakan dari mereka bisa menjalankan usaha sampingan tersebut sambil tetap bekerja di kantor, tapi banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan bisnis sampingan tadi menjadi sumber penghasilan utama mereka. Tidak jarang juga karyawan yang meninggalkan dunia kerja kantora demi untuk fokus pada bisnis mereka yang memang menunjukkan potensi yang sangat baik.

Pilih Kerja Sampingan Atau Usaha Sampingan?

Jika dibandingkan dengan pekerjaan sampingan, usaha sampingan jauh lebih menguntungkan. Karena selain usaha tersebut adalah miliki kita pribadi juga berpotensi memiliki keutungan yang lebih besar. Dan bahkan tidak mungkin yang awalnya hanya usaha sampingan saja dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan keterampilan dan keseriusan kita dalam mengelola usaha yang kita jalani tesebut. Sehingga yang tadinya hanya usaha sampingan bisa menjadi sumber penghasilan utama tanpa repot-repot bekerja pergi pagi pulang petang penghasilan pas-pasan lagi.

Usaha Sampingan Adalah Solusi

Sulitnya hidup tak seharusnya membuat kita menyerah, namun memaksa kita untuk berfikir dan mencari solusi terbaik demi mengatasi setiap kesulitan-kesulitan tersebut. Dalam hal ekonomi memang tak selamanya bisa terjamin jika kita mengandalkan gaji. Jika anda pejabat mungkin beda lagi, meski hanya mengandalkan gaji bisa hidup dengan bermewah-mewah. Lain halnya dengan rakyat kecil yang bekerja sebagai karyawan entah itu karyawan pabrik, karyawan swasta atau kantoran memiliki tingkat gaji yang terbatas. Dan bahkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga saja meski sebenarnya banyak yang belum mampu mencukupi.

Usaha Apa Yang Bagus? Modalnya Berapa?

Usaha sampingan karyawan ada beraneka macam jenisnya dan sebenarnya menjalankan usaha bukanlah hal yang sulit. Tidak sedikit usaha-usaha yang dapat dimulai dengan modal dibawah 50 juta, dibawah 20 juta, dibawah 10 juta, 5 juta bahkan dibawah 1 juta. Usaha tak harus besar namun bisa diawali dari bawah dulu dengan modal seadanya. Yang terpenting kita tahu bahwa usaha tersebut nantinya memiliki potensi yang bagus, sehingga dengan menekuninya bisa jadi berkembang dengan pesat dan menjadi usaha berskala menengah keatas.

Ketika kita bicara tentang peluang usaha sampingan, maka akan ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita manfaatkan yang ternyata ada di sekitar kita. Seringkali kita tidak menyadari peluang bisnis sampingan ini karena kita terlalu fokus pada pekerjaan di kantor. Bila Anda adalah seorang karyawan dan mencari peluang bisnis sampingan maka Anda perlu memperhatihkan peluang bisnis di bawah ini.

I. Memanfaatkan Hobby Sebagai Usaha Sampingan

Ada banyak sekali orang yang sukses menjalankan usaha yang dimulai dari hobby. Keuntungan yang di dapatkan dari usaha ini juga terbilang cukup besar. Apa saja jenis hobby yang bisa jadi peluang usaha sampingan?

1. Hobby Memancing
Sudah tidak heran lagi bahwa ada banyak sekali laki-laki yang suka memancing ikan, baik itu ikan tawar ataupun ikan laut.  Kalau Anda memiliki hobby memancing, kenapa tidak mencoba menjalankan usaha sampingan dengan memanfaatkan hobby Anda ini? Seseorang yang memiliki hobby memancing – mungkin Anda – pasti memiliki pengetahuan yang cukup tentang tehnik dan cara memancing yang baik, dan juga mengetahui peralatan memancing yang dibutuhkan. Manfaatkan ini sebagai peluang usaha, bagaimana caranya?

Anda bisa menyediakan peralatan alat pancing dan memasarkannya pada teman-teman Anda yang memiliki hobby yang sama. Tapi tentunya ini akan membutuhkan modal. Kalau Anda tidak mempunyai modal yang cukup, Anda bisa menjual keahlian Anda dalam memancing pada peng-hobby pancing yang masih pemula. Berikan training cara memancing yang baik pada mereka dan saran-saran terbaik yang Anda miliki. Tentu saja Anda harus memiliki keahlian khusus dalam memancing. Bila Anda ingin menjual kemampuan memancing Anda secara online, maka menjual eBook cara memancing adalah cara terbaik dan termurah. Media online dapat menjangkau banyak orang dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual produk eBook yang Anda buat.

2. Hobby Memasak
Biasanya ini dilakoni oleh para wanita, namun tidak menutup kemungkinan dijalankan juga oleh para pria karena banyak pria yang memiliki kemampuan dalam memasak. Memiliki hobby memasak adalah salah satu hobby yang menyenangkan karena berhubungan dan rasa makanan yang dibuat. Selain menyenangkan, hobby memasak juga bisa dijadikan peluang usaha sampingan bagi karyawan yang memiliki keahlian dalam memasak, bagaimana caranya?

Dengan kemampuan memasak yang Anda miliki, Anda bisa menjalankan usaha warung makan, katering, atau menjual kue-kue buatan Anda. Setahu saya, usaha makanan memiliki potensi bisnis yang sangat baik karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Untuk menjalankan usaha makanan ini tentunya Anda membutuhkan modal yang cukup agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan maksimal. Nah, bila Anda tidak memiliki modal untuk membuat usaha makanan, Anda masih memiliki peluang usaha sampingan dari kemampuan Anda tersebut, yaitu dengan menjual eBook. Buatlah eBook tentang masakan atau kue-kue dengan resep khas dari Anda, dan proses penjualan secara online bisa dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, atau bisa juga melaui blog pribadi Anda.

Sebenarnya masih banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan hobby. Silahkan menjelajahi hobby Anda, perhatikan apakah Anda bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

II. Memanfaatkan Keahlian atau Keterampilan Sebagai Usaha Sampingan

Masing-masing orang pasti mempunyai keahlian dan keterampilan yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila kita memanfaatkan keahlian dan keteramlilan kita itu menjadi peluang usaha sampingan. Selain kita bisa membantu orang lain yang ingin mempelajari keahlian yang kita miliki, kita juga bisa menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Apa saja keahlian dan keterampilan yang bisa dijual?

1. Keahlian Membuat Website/ Blog (web developer)
Ini adalah salah satu keahlian yang memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Saat ini semakin banyak para pelaku bisnis ataupun perorangan yang ingin memiliki website atau blog tapi mereka tidak memiliki keahlian untuk membuatnya. Tentu saja ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website/ blog sangat beragam, yaitu berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 100 juta per website. Untuk harganya, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Anda dan desain website yang Anda kerjakan.

2. Keahlian Bermain Alat Musik
Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki kemampuan dalam bermain musik, bahkan mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk belajar musik dari orang lain. Salah satu orang yang memanfaatkan keahlian dalam bermain musik adalah saya. Saya sangat menyukai alat musik gitar dan cukup ahli dalam memainkannya. Waktu masih kuliah, saya pernah memberikan les private belajar bermain gitar pada mahasiswa lain dengan biaya yang menurut saya lumayan besar. Anda mungkin memiliki keahlian pada alat musik lain, misalnya seperti piano, terompet, drum, bass, dan lain-lain, manfaatkanlah keahlian Anda itu menjadi peluang usaha sampingan yang bisa memberikan keuntungan buat Anda.

Masih banyak jenis keahlian lain yang bisa kita manfaatkan. Namun sebelum kita menjalankan peluang usaha sampingan tersebut, pastikan bahwa Anda memang seorang yang cukup mahir dalam bidang tersebut.

III. Memanfaatkan Internet Untuk Pemasaran Bisnis

Sebaik apapun sebuah bisnis, tetap harus didukung oleh pemasaran yang baik. Internet adalah salah satu media pemasaran yang sangat efektif saat ini karena kita bisa memasarkan produk apapun melalui internet. Beberapa bisnis yang saat ini go online diantaranya:

1. Bisnis MLM Online
Dulu bisnis MLM banyak dijalankan secara offline. Saya juga pernah melakukannya, dan saya gagal. Namun, sejak bisnis MLM dijalankan secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Dan kemudahan ini juga yang saya rasakan ketika berbisnis MLM online. Seorang karyawan atau bahkan seorang ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis MLM online tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya.

2. Pemasaran Bisnis Makanan Secara Online
Pemasaran via internet memang luar biasa, hal inilah yang disadari oleh para pengusaha makanan seperti Mie Ayam Grobakan, Tahu Jeletot Taisi, Angkringan Nasi Kucing 78, Radja Pizza, dan masih banyak usaha makanan lainnya. Sistem waralaba yang mereka tawarkan secara online ternyata cukup banyak peminatnya sehingga membuat bisnis mereka semakin berkembang.

Selain yang disebutkan di atas sebenarnya masih sangat banyak peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh seorang karyawan yang ingin memiliki usaha sendiri. Namun, perlu kita ingat bahwa ini adalah bisnis sampingan, sebaiknya jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai pekerja kantoran. Bila Anda memang ingin fokus pada usaha Anda tersebut dan ingin meninggalkan pekerjaan lama Anda, maka Anda harus memperhitungkan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Bisnis itu tidak selalu berjalan dengan mulus walaupun kita telah bekerja keras menjalankannya, jadi Anda harus mempersiapkan segalanya sebelum mengambil keputusan.

Demikianlah artikel tentang peluang usaha sampingan untuk karyawan, semoga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca blog ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, salam sukses buat Anda.

Macam-Macam Peluang Bisnis Sampingan Tanpa Modal Menjanjikan Untung Besar

1. Menjadi Blogger Pebisnis

Menjadi blogger sebenarnya membutuhkan modal juga seperti untuk beli laptop atau seperangkan komputer dan koneksi internet, namun bagi anda yang sudah punya keduanya dan hanya dimanfaatkan untuk hal yang kurang bermanfaat bisa jadi tanpa modal. Menjadi blogger dapat dimulai secara gratis tanpa mengeluarkan uang lagi kecuali untuk biaya internet bulanan anda, jika ada wifi gratis bahagia hidup anda.
Banyak sekali penyedia layanan blog gratis salah satunya ialah Blogger.com miliknya google. Anda bisa memulai membuat blog secara gratis dan mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat serta banyak dicari oleh pengunjung dan yang lebih penting topik blog tersebut merupakan topik yang anda suka sehingga tak bosan nantinya. Barulah ketika sudah paham betul seputar bidang usaha ini anda mengeluarkan uang sebagai modal untuk jadi lebih profesional, modal tersebut digunakan untuk membeli hosting, domain dan keperluan-keperluan blogging lainnya.
Menjadi blogger pebisnis berbeda dengan kebanyakan blogger lain yang hanya memanfaatkan blognya dengan isi curhatan atau puisi yang gak jelas. Blogger pebisnis lebih kepada mengisisnya dengan hal-hal yang bermanfaat sehingga dapat menghasilkan uang.

Lantas darimana saja uang itu didapat? Pertama dari menyediakan space iklan, affiliate, pay per lead, program PPC seperti Google Adsense, CPM, CPA dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan yang perlu anda ketahui adalah beberapa teman saya bisa sukses hasilkan ratusan juta setiap bulannya dari usaha sampingan ini. Yang jelas penghasilan tersebut bisa diatas gaji karyawan, guru bahkan ceo perusahaan.

2. Menjadi Penulis Lepas (Freelance)

Memiliki keahlian dibidang menulis merupakan salah satu aset penting dalam usaha sampingan ini. Anda bisa menjadi penulis lepas untuk majalah online, situs berita, koran, dan ghost writer, dan semua ini cukup menjanjika. Penghasilan yang bisa diperoleh dari usaha ini cukup lumayan, saya memiliki teman yang mampu menghasilkan uang sekitar 5-7 juta setiap bulannya dari menjadi penulis lepas yang hanya dijalankan sebagai

usaha sampingan

.

3. Berjualan Barang Online dengan Sistem Dropship

Dropship ini sejenis reseller, bedanya kita tak perlu repot-repot stock barang. Sehingga tugas kita hanya berkonsentrasi pada promosi serta malayani pembeli saja. Cara promosi yang bisa dipakai adalah memanfaatkan toko online dan media-media social seperti facebook, twitter, bbm, dan aneka layanan chatting lainnya. Sehingga dengan begitu bisa dikatakan tanpa modal karena yang terpenting hanya promosi saja. Anda bisa memulainya dengan menawarkannya pada rekan-rekan anda seperti di facebook terlebih dahulu.

4. Membuka Jasa Online

Jasa online yang bisa dijual ada banyak sekali, mulai jasa desain logo, desain web, jasa penulis artikel, jasa SEO (search engine optimizatio) dan masih banyak lagi. Usaha ini bisa dikerjakan secara fleksibel tanpa takut mengganggu pekerjaan utama anda.

5. Menjadi Agen Properti

Menjadi agen properti bisa jadi salah satu usaha tanpa modal yang mmeiliki untung besar. Untuk memulainya tak memerlukan modal sama sekali hanya keterampilan anda dalam menawarkan properti seperti rumah atau apartemen. Umumnya komisi yang didapat kurang lebihnya sekitar 2,5%. Bayangkan jika anda bisa menjual rumah seharga 200 juta maka anda akan mendapat komisi sekitar 5 juta, dan apabila bisa menjual rumah seharga 1 milyar anda akan mendapatkan komisi sekitar 25 juta.

6. Menjadi Guru Les Privat / Membuka Bimbingan Belajar

Usaha ini tentu bisa dimulai tanpa modal uang namun modal ilmu. Usaha ini cocok untuk para guru bahkan para mahasiswa yang ingin memperoleh penghasilan tambahan. Membuka bimbingan belajar bisa dijalankan dirumah anda, dan bisa jadi pilihan yang sangat bagus karena akan sangat potensial sekali.
7. Bisnis Jualan Barang Bekas
Bisnis jualan barang bekas merupakan bisnis sampingan yang memerlukan modal. Bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas yang biasanya disepelekan oleh banyak orang, namun merupakan barang yang berarti bagi orang yang membutuhkannya. Seperti misalnya membeli kipas angin di pasar barang bekas, kemudian dijual kembali kepada teman kampus yang membutuhkan kipas untuk kamar kosnya. Semakin cermat membaca peluang, semakin kecil modal yang dibutuhkan dan semakin besar laba yang didapat.

8. Bisnis Jasa Foto dan Video
Bisnis jasa foto dan video juga merupakan bisnis sampingan mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Bisnis ini biasanya ditekuni mahasiswa jurusan fotografi, sehingga mereka dapat berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang didapat di kampus. Walaupun awalnya hanya sebagai bisnis sampingan sewaktu kuliah, namun bisnis ini berpotensi besar jika dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus. Sehingga dapat menjadi rintisan bisnis yang serius setelah lulus kuliah nantinya.

9. Bisnis Hiburan Music
Bisnis hiburan musik merupakan bisnis yang cocok bagi mahasiswa yang hobi nge-band. Dalam bisnis ini mahasiswa dituntut dapat menyanyi atau menguasai salah 1 alat musik, kemudian menjadi penghibur di cafe yang menyediakan fasilitas full musik bagi para pengunjungnya. Ini merupakan salah 1 bisnis sampingan yang cukup lumayan honornya. Bahkan Anda dapat mengumpulkan personil band sendiri untuk menjadi professional performer dari kafe ke kafe.

10. Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis jasa desain grafis merupakan bisnis yang memerlukan modal kecil. Namun bisnis ini menuntut ketrampilan mengoperasikan software, misalnya saja photoshop untuk membuat desain grafis. Bisnis ini memiliki prospek yang cerah, karena banyak orang yang membutuhkannya, seperti tugas desain grafis dari teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto dan jasa desain lainnya, khususnya dari orang yang suka desain atau seni.

11. Bisnis Jasa Penerjemah
Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, baik Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan Anda dapat mulai menawarkan jasa kepada mahasiswa lain yang berbeda jurusan, seperti jurusan IT dan jurusan lainnya.

12. Bisnis Jasa Prainting
Bisnis jasa printing memerlukan modal minimal 1 buah laptop, print dan perlengkapan lainnya. Peluang usaha ini cukup menjanjikan, karena banyak orang yang membutuhkan, seperti mahasiswa yang tidak bisa lepas dari tugas atau laporan berupa hard copy. Ini merupakan peluang untuk mendirikan jasa printing, baik print tugas sesama mahasiswa maupun jasa print kepada orang umum. Jasa printing ini dapat dibuka di tempat tinggal, seperti di rumah, kost atau kontrakan Anda. Bahkan jasa printing ini dapat dijadikan rintisan bisnis untuk dikembangkan menjadi bisnis percetakan yang lebih besar setelah lulus kuliah.

13. Bisnis Kaos
Bisnis kaos sedang menjadi tren bisnis anak muda masa kini, sehingga banyak bermunculan distro. Ini adalah kesempatan untuk ikut meramaikannya, namun dalam bisnis ini mahasiswa dituntut kreatifitasnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mempunyai hubungan yang baik dengan konveksi dan sablon. Kemudian Anda dituntut kreatifitasnya membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual. Semakin keren desain Anda, semakin banyak pula orang yang membelinya.
14. Bisnis Jasa Pengiriman
Bisnis jasa pengiriman merupakan bisnis sampingan dengan memanfaatkan motor. Bisnis sampingan ini sangat menguntungkan, karena tidak memerlukan modal yang besar. Namun Anda wajib memiliki kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman, agar tidak tersesat dan tidak menghabiskan banyak BBM.
15. Bisnis Jasa Pembuatan Website
Saat ini bisnis jasa pembuatan website merupakan bisnis yang menjanjikan, karena hampir semua perusahaan, sekolah, kampus dan blog atau website personal sangat banyak bertebaran di internet. Ini adalah peluang yang sangat menguntungkan. Bisnis ini cocok dijalankan mahasiswa IT yang mempunyai jurusan berkaitan dengan pembuatan website. Anda dapat menggunakan keterampilan mengolah kode PHP atau ASP secara manual atau menggunakan CMS, seperti wordpress untuk membuka bisnis jasa pembuatan website.
16. Bisnis Jualan Pulsa
Bisnis jualan pulsa merupakan bisnis yang membutuhkan modal yang sangat kecil, sehingga banyak yang menjadikan bisnis ini sebagai bisnis pertama untuk mulai belajar berbisnis. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dan dapat langsung jalan, seperti menjual ke saudara dan teman dekat. Namun sebelum memulai bisnis ini siapkan strategi secara hati-hati agar bisnis dapat terus bertahan, karena banyaknya orang dekat yang bayar pulsa belakangan.
17. Menjadi publisher bagi seorang Blogger

Bisnis yang cocok bagi seorang bogger adalah menjadi publisher beberapa penyedia layanan iklan seperti Google Adsense misalnya. Bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan yang cukup keren karena Anda akan terhubung dengan jaringan global. Namun ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis ini. Karena setiap waktu harus terus update dengan tantangan yang baru. Ada banyak cara monetize blogger, seperti ikut PPC, pasang iklan, atau menjual produk dari blog.
18. Bisnis Jasa Servis Laptop
Bisnis jasa service laptop merupakan bisnis sampingan yang dapat jalankan oleh mahasiswa teknik computer yang mengerti dan mempunyai keterampilan hardware maupun software laptop, serta mempunyai skill yang mumpuni. Selain membutuhkan keterampilan hardware dan software, Anda harus mempunyai peralatan perbaikan, seperti obeng, tang dan alat-alat penting lainnya. Setelah semuanya siap, saatnya mempromosikan bisnis jasa servis laptop ini kepada teman, saudara dan tetangga.
19. Bisnis Jualan Aplikasi Game
Bisnis jualan aplikasi game merupakan bisnis yang berhubungan dengan hobi main game. Bisnis ini dapat dijalankan jika Anda mempunyai koleksi game yang sangat banyak, baik game android maupun game PC yang banyak peminatnya, khususnya kalangan mahasiswa. Anda dapat juga membuka jasa copy game untuk teman, semakin koleksi game, maka semakin banyak pula pilihan pelanggan. Ini menjadi nilai plus, karena pelayanan terbaik dan harga termurah banyak di cari orang.
20. Bisnis Jualan E-book
Bisnis jualan E-book secara online saat ini sangat populer dan disukai banyak orang. Semakin banyak E-book yang dijual di internet, maka pelanggan E-book di internet juga semakin banyak. Selain itu perkembangan gadget dan smartphone yang semakin pesat, membuat banyak orang lebih memilih E-book daripada buku hard copy. Produk E-book yang dijual sebaiknya merupakan hasil karya sendiri yang bermanfaat bagi pembacanya.
21. Bisnis Penitipan Hewan
Bisnis penitipan dan perawatan hewan merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa dan mahasiswi yang senang dengan dunia hewan. Bisnis ini sebaiknya dijalankan di area yang cukup luas, karena ada banyak hewan yang ditangani. Bisnis ini tidak dapat dijalankan sendirian, sebaiknya berdayakan karyawan untuk membangun bisnis ini agar menjadi lebih besar dan terkenal.
 
Itulah beberapa contoh jenis usaha sampingan tanpa modal yang menguntungkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang menginginkan sebuah usaha namun tak memiliki modal. Modal bukanlah segalanya yang paling penting adalah kemamuan kita untuk memiliki usaha. Salam sukses!