Peluang Usaha Pengolahan Limbah Plastik

 

Pengertian Plastik

Plastik merupakan senyawa polimer yang terbentuk dari polimerisasi molekul-molekul kecil hidrokarbon yang kemudian membentuk rantai panjang dengan struktur kaku.
Jenis-Jenis Plastik

1. PETE/PET

Ini merupakan tanda yang sering ada pada produk berbahan plastik seperti botol air mineral, botol jus dan hampir semua botol minuman lainnya. PET singkatan dari Polyethylene Terephthalate. Tanda ini umumnya berbentuk segitiga dengan angka 1 ditengahnya. Disarankan untuk tidak menggunakan botol jenis PETE secara berulang alias hanya untuk sekali pakai.

Sangat tidak disarankan juga menggunakan botol jenis ini untuk menyimpan air hangat apalagi panas, karena mengakibatkan lapisan polimer botol meleleh dan alhasil mengeluarkan zat karsinogenetik yang bisa berdampak pada penyakit kanker jangka panjang.

2.  HDPE

Tanda HDPE juga sering ada pada barang berbahan plastik seperti botol susu, tupperware, galon air minum dll. HDPE singkatan dari High Density Polyethylene. Biasanya tanda HDPE diberi angka 2

ditengahnya, berbeda dengan PETE yang diberi angka 1. Jenis botol ini lebih kuat, keras dan lebih tahan terhadap suhu tinggi dibanding jenis PET.

3. V/PVC

Jenis plastik ini paling sulit di daur ulang. Biasa ditemukan pada plastik pembungkus dan botol. Tanda ini diberikan angka 3 ditengahnya. Hati-hati, reaksi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik cukup berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.
4. LDPE

Low Density Polyethylene diberi angka 4 pada simbol. Contoh yang menggunakan bahan ini plastik tipe cokelat yang biasa dipakai tempat makanan, plastik kemasan dan botol yang lembek.
5. PP 

Jenis ini biasa digunakan pada botol tranpsparan yang tidak jernih. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya penembusan uap rendah, stabil terhadap suhu tingga dan ketahanan terhadap lemak. Logo PP diberi angka 5 ditengahnya. Disarankan carilah jenis barang berbahan ini (kode 5) untuk menyimpan kemasan makanan dan minuman.
6. PS

PS ini disimboli dengan angka 6. Umum digunakan sebagai tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai dsb. Disaranakn untuk menghindari bahan jenis ini karena berbahayabagi kesehatan otak dan mengganggu hormon estrogen pada wanita (bermasalah reproduksi) serta sistem syaraf. Ini disebabkan sulit didaur ulang.
7. OTHER

Ini tertera logo bertuliskan OTHER berangka 7 ditengahnya. Biasa ditemukan pada tempat makanan dan minuman contoh botol minum yang suka dibawa ketika olahraga, suku cadang mobil, komputer, alat elektronik dsb.

Umumnya proses penghancuran sampah memiliki lama waktu yang berbeda :
1. Styrofoam butuh 5 bulan
2. Plastik kemasan 50-80 tahun
3. Kantong plastik 10-12 tahun
4. Botol plastik tidak dapat diperhitungkan

Cara Pengolahan Limbah Plastik

Setidaknya ada 2 cara pemanfaatan limbah plastik yaitu reuse (pemakaian kembali) atau recycle (daur ulang).

vas-bunga-dari-botol-bekas

1. Reuse

Umumnya rumah tangga di Indonesia sering memanfaatkan limbah plastik untuk pemakaian kembali.
Seperti wadah cat untuk pot bunga.
2. Recycle

Limbah plastik juga bisa dimanfaatkan untuk membuat produk kerajinan seperti tas. Pemanfaatan limbah plastik daur ulang umumnya dilakukan oleh industri. Proses daur ulang plastik di Industri umumnya meilputi langkah-langkah berikut :

  • Sortir (pemilahan sampah)
  • Pemotongan (memperkecil ukuran)
  • Pencucian
  • Pengeringan (menguapkan air pada suhu tertentu)
  • Pemanasan (material dilelehkan pada suhu 200 derajat celcius)
  • Penyaringan (Lelehan plastik akan berbentuk silinder panjang kemudian dipotong-otong)
  • Pendinginan (material dilewatkan pada air dingin)
  • Pencetakan/penggilingan (pencetakan bijih plastik menjadi  lelehan kemudian dibentuk seperti mie berdiameter 4 mm)
  • Pembungkusan & pemeriksaan (pembungkusan material kering dalam karung plastik dan diperiksa)
  • Produk plastik

Limbah plastik pun ternyata bisa dijadikan BBM seperti yang dilakukan siswa-siswi SMK Negeri 3 Kota Madiun, Jatim. Satu kg limbah plastik bisa jadi 1 liter BBM dan caranya cukup sederhana. Berikut caranya :

  1. Pertama, kumpulkan limbah plastik kemudian dicacah. Bisa berupa limbah botol bekas air minum atau botol sampo (plastik).
  2. Hasil cacahan plastik kemudian dimasukkan ke dalam tabung penyulingan. Tabung tersebut dipanaskan pada suhu 250 – 400 derajat Celcius.
  3. Alat pembakaran bisa dibuat dari bekas tabung gas elpiji. Fungsinya sebagai tabung pembakar (pemanas).
  4. Tabung pemanas dihubungkan ke pipa penyulingan yang terhubung dengan tabung penadah uap atau hidrokarbon.
  5. Uap yang dihasilkan dari pembakaran didinginkan sampai cari dan mejadi minyak.
  6. Setelah itu, jernihkan untuk membedakan mana yang menyerupai bensin dan minyak tanah.

Nilai oktan BBM dari limbah plastik ciptaan SMK tersebut telah mencapai  84-85 %. Hanya saja nilai oktan Premium itu mencapai 87-88% dan Pertamax 92-92%. Sedikit lagi menyamai premium. Hasil BBM dari limbah plastik ini sudah pernah dicoba untuk bahan bakar menjalankan motor dan mobil dan hasilnya “work”, kendaraan bisa jalan. Hanya saja RPM mesin masih naik turun. Oleh karena itu, BBM ini perlu disuling kembali guna mengurangi kadar air, hingga kualitasnnya  semakin baik.

Nah, itulah 2 cara mengola limbah plastik yang perlu anda ketahui. Saya kira sampah plastik ke depan menjadi peluang usaha potensial. Selain, melimpah caranya pun dapat kita pelajari. Sudah saatnya, kita kembangkan bisnis berorientasi lingkungan yang bermanfaat bagi bumi dan masa depan alam.

Peluang Usaha Pengolahan Sampah dan Analisa Usahanya

Sampah! Mendengar kata ini disebutkan tentu akan terlintas di bena Anda sebagai suatu benda yang sangat menjijikkan? Sampah merupakan benda atau barang sisa yang sudah tidak terpakai atau digunakan lagi. Kehadiran sampah juga menjadi masalah yang cukup besar, adanya sampah mampu membuat terjadinya beberapa bencana mulai dari banjir, efek rumah kaca juga sebagai polusi.
Sampah seringkali dikaitkan dengan sesuatu yang kotor, kumuh dan sangat menjijikan. Namun siapa sangka jika sampah yang tak berguna tersebut dapat dimanfaatkan menjadi suatu benda yang bernilai tinggi. Sampah dapat disulap menjadi uang! Bagaimana bisa ya sampah kok bisa menjadi uang? Taukah Anda jika sampah disekitar kita yang tidak berguna dapat dimanfaaatkan dengan didaur ulang untuk dijadikan benda yang bermanfaat sehingga mampu menghasilkan uang. Bisnis pengolahan sampah memang akhir-akhir ini marak diperbincangkan masyarakat. Bisnis yang mengolah sampah belakangan ini semakin diminati masyarakat. Bisnis pengolahan sampah menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan tentunya juga mampu menjaga kelestarian lingkungan agar menjadi lebih baik.

Mendaur ulang sampah untung menghasilkan ulang adalah tujuan dari usaha pengolahan sampah. Namun tujuan utama dari usaha pengolahan sampah tiadak lain adalah menjaga kebersihan lingkungan dan melestarikannya. Sampah yang didaur ulang ialah sampah plastik yang sulit untuk dihancurkan. Adanya sampah plastik memang cukup mengganggu masyarakat, dimana butuh ratusan tahun agar sampah plastik ini dapat hancur. Naman akhir-akhir ini marak produk berbahan plastik juga kemasan plastik yang beredar di masyarakat.

Hal ini tentu akan membuat efek rumah kaca akan semakin meningkat. Penggunaan sampah plastik yang terus mengalami peningkatan tentu akan dapat ditangani dengan adanya usaha pengolahan sampah plastik. Usaha pengolahan sampah plastik merupakan sebuah usaha yang mampu menghasilkan juga memberikan untung terhadap kelestarian lingkungan.

Kini usaha pengolahan sampah plastik semakin diminati masyarakat di Indonesia. Meningkatnya jumlah sampah diberbagai daerah di Indonesia membuat usaha pengolahan sampah giat digencarkan masyarakat dan juga pemerintah. Bisnis pengolahan sampah semakin banyak diminati masyarakat. Usaha yang menggunakan bahan baku sampah yang tidak berguna ini sangat menguntungkan akan hasil yang akan didapatkan. Bisnis pengolahan sampah mampu mendatangkan keuntungan yang menggelinding dengan angka yang cukup besar. Peningkatan sampah plastik yang tak terkendali menjadikan potensi usaha pengolahan sampah kini semakin menjanjikan.

Pengolahan sampah plastik dengan cara penggilingan sampah plastik merupakan salah satu bagian dari daur ulang. Dengan cara tersebut sampah platik yang tidak berguna dapat dijadikan suatu benda dengan manfaat yang bagus dan menguntungkan. Sampah-sampah plastik yang digunakan untuk usaha pengolahan sampah plastik memang tidak sembarangan sampah saja. Sampah plastik yang dapat digunakan seperti botol minuman, gelas minuman, botol oli dan plastik sejenisnya.

Sampah-sampah dari jenis tersebut yang nantinya akan diolah dengan cara digiling dan kemudian menghasilkan biji plastik. Hasil biji plastik ini nantinya akan dijual ke pabrik untuk diolah kembali menjadi plastik baru. Plastik tersebut dapat dibuat menjadi perabotan rumah tangga baru yang digunakan oleh masyarakat. Cara pengolahan sampah plastik sendiri terbagi dalam dua cara yakni penggilingan kering dan juga basah. Pada cara penggilingan kering, proses pencucian dilakukan setelah melalui proses penggilingan. Sedangkan penggilingan basah yakni mencampurkan antara plastik dengan air dingin maupun panas.

Lantaran tingkat kebersihan serta kejernihan berbeda dari beberapa sumber, lebih baik untuk menggunakan air digin supaya menghasilkan olahan biji plastik yang lebih bersih. Produk biji pastik ini nantinya akan dijual ke berbagai perusahaan atau pabrik pengolahan plastik baik dalam negeri maupun luar negeri. Omset yang didapatkan lewat usaha pengolahan sampah plastik terbilang sangat besar . Bahkan sudah banyak pengusaha sampah platsik yang mampu menghasilkan omset hingga Rp 150- 250 juta-an.

Usaha pengolahan sampah plastik juga dikenal sebagai sebuah usaha yang memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Bahkan pasar ekspor produk biji plastik telah mencapai berbagai negara di dunia. Permintaan bahan baku plastik yang tinggi membuat negara Indonesia seringkali kewalahan saat memenuhi permintaan. Sehingga potensi usaha pengolahan sampah plastik sangat menjanjikan dan menguntungkan. Penghasilan lewat usaha pengolahan sampah plastik juga mengalir dengan deras sebab biasanya pengusaha yang membeli biji plastik membayar langsung pesanan dengan tunai . Keuntungan yang didapatkan lewat usaha pengolahan sampah plastik begitu cepat, dengan alas an tersebut apakah Anda tertarik untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik!

Usaha pengolahan sampah plastik merupakan salah satu usaha yang menguntungkan yang dapat dipilih sebagai usaha yang menjanjikan keuntungan kepada pelakunya. Banyak sekali sampah yang berserakan dan tidak berguna di lingkungan sekitar, sehingga kehadiran usaha pengolahan sampah plastik ini kini semakin berpotensi. Pangsa pasar olahan pengolahan sampah plastik menjadikan peluang usaha untuk pengolahan sampah plastik kini semakin lebih menjanjikan.

Usaha pengolahan sampah plastik menjadi salah satu industri rumahan yang patut untuk diperhitungkan. Usaha pengolahan sampah plastik dapat dijalankan secara langkah yang mudah juga untung yang didapatkan terbilang sangat fantastis. Meski usaha pengolahan sampah plastik ini mulai banyak bermunculan di masyarakat namun peminat usaha pengolahan sampah plastik ini tak surut bahkan terus bertambah. Tingginya penggemar pengolahan sampah plastik , membuat usaha pengolahan sampah plastik ini berkembang pesat hingga saat ini.

Peluang usaha dalam pengolahan sampah plastik
Peluang usaha dengan pengolahan sampah plastik terbilang sangat propektif dengan respon positif oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha pengolahan sampah plastik menjadi suatu pilihan usaha industri rumahan yang menguntungkan hingga banyak orang yang terpincut untuk menerjuni usaha tersebut. Usaha pengolahan sampah plastik menjadi suatu usaha berpotensi bagus dan juga cemerlang. Usaha pengolahan sampah plastik juga tidak mengenal waktu dan juga musim sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dijalankan diwaktu kapanpun.

Usaha pengolahan sampah plastik juga menjadi salah satu usaha yang mudah dilakukan mudah dengan keuntungan terbilang sangat fantatis. Peluang lewat usaha pengolahan sampah plastik ini memang cukup mencenangkan juga sangat cocok menjadi pilihan usaha yang cemerlang. Perkembangan usaha pengolahan sampah plastik yang dari waktu ke waktu menunjukan pertumbuhan yang pesat dan bagus membuat usaha pengolahan sampah plastik patut untuk diperhitungkan. Apakah Anda berminat untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik ini?

Prospek usaha pengolahan sampah plastik
Prospek saat menjalankan usaha pengolahan sampah plastik dapat dikatakan sangat bagus juga nampak cemerlang. Usaha yang menjual olahan biji plastik memiliki pasar penjualan yang sangat luas, bahkan permintaannya sangat tinggi dipasaran. . Pilihan usaha pengolahan sampah plastik tentu dapat diambil sebagai salah satu bisnis berprospek yang bagus.

Memulai usaha pengolahan sampah plastik
Jika Anda telah memutuskan untuk memulai usaha pengolahan sampah plastik memang tidak begitu sulit. Mpdal yang diperlukan dalam menjalanakan usaha pengolahan sampah plastik adalah mesin giling plasyik yang paling utama. Dengan menggunakan mesin tersebut maka Anda akan dapat mengolah sampah plastik utuk dijadikan menjadi biji plastik. Sehingga baji plastik ini yang nantinya akan dijual untuk menghasilkan nilai yang ekonomis.

Pelaku usaha pengolahan sampah plastik ?
Peluang lewat usaha pengolahan sampah plastik ini bisa untuk dijalankan bagi semua orang yang ingin memiliki bisnis industri sukses juga cemerlang. Proses pengolahan pengolahan sampah plastik yang cukup mudah dan juga cara pemasarannya yang tidak sulit menjadikan usaha pengolahan sampah plastik ini bisa dilakukan oleh siapapun. Usaha pengolahan sampah plastik bisa juga dijalankan bagi Anda semua yang ingin memiliki income yang menguntungkan dengan usaha tersebut.

Konsumen usaha pengolahan sampah plastik
Untuk mencari konsumen pengolahan sampah plastik memang tidaklah sulit. Biji plastik ini nantinya akan disetorkan atau dijual ke berbagai pabrik pengolahan plastik yang sudah banyak berdiri di Indonesia. Selain itupermintaan dari pabrik asing juag cukup deras sehingga konsumennya pun tak terbendung untuk olahan biji plastik.

Lokasi pengolahan sampah plastik
Jika Anda memiliki lahan luas, Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik. Dalam menjalankan usaha sampah plastik lahan luas diperlukan untuk menempatkan sampah plastik yang hendak akan diolah. Selain itu membutuhkan pula bangunan atau gudang untuk menyimpan hasil biji plastik. Jika lahan dan gudang Anda tidak memilikinya, Anda dapat menyewa tempat dahulu.

Keuntungan dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik
Keuntungan jika Anda memilih terjun di peluang usaha pengolahan dari sampah plastik ini yakni merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Selain itu Anda dapat mendapatkan barang bekas atau sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai jual yang tinggi. Banyak sekali keuntungan menjalankan usaha pengolahan sampah plastik yakni dapat menghasilkan keuntungan yang sangat fantastis.

Kekurangan usaha pengolahan sampah plastik
Dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan. Diantaranya usaha pengolahan sampah plastik seringkali mengganggu masyarakat lantaran bau limbah tidak enak dan menggaanggu masyarakat. Selain itu modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik terbilang cukup fantatstis.

Dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik memang dibutuhkan pula beberapa tips agar bisnis dapat berjalan lebih lancar. Bagi Anda yang baru ingin memulai usaha pengolahan sampah plastik silahkan perharikan tips berikut untuk memudahkan mengelola dan menjalankan usaha pengolahan sampah plastik.

Tips dalam menjalankan usaha daur ulang sampah plastik diantaranya:

  • Mempunyai lahan yang cukup luas untuk dijadikan lokasi dalam penyimpanan plastik-plastik bekas dan juga hasil biji plastik tentunya. Penggunaan lahan ini sangat penting untuk digunakan agar dapat menjalnkan proses penyotiran untuk berbagai bahan plastik dengan cara pengolahan yang berbeda.
  • Memiliki modal yang cukup dalam membeli bahan baku plastik bekas dari pemulung . Anda juga dituntut untuk mengetahui cara pengolahan modal agar uang lancar dan tiadak menajdi macet.
  • Memiliki beberapa karyawan untuk membersihkan, menyotir dan menggiling plastik bekas.
  • Memiliki timbangan serta mesin penggiling plastik untuk memudahkan proses produksi bji plastik.
  • Bekerja sama dengan pihak pengepul sampah plastik.

Jika Anda telah memutuskan untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik memang menjadi pilihan yang tepat sebagai peluang usaha industri rumahan yang sangat menguntungkan. Peluang untuk usaha pengolahan sampah plastik memang masih sangat terbuka sangat lebar kepada siapa saja yang ingin menjalankan usaha tersebut. Peluang dari usaha pengolahan sampah plastik patut diambil bagi Anda yang butuh referensi peluang usaha dengan menjanjikan. Usaha pengolahan sampah plastik memang memiliki prospek usaha yang cemerlang untuk dijalankan sebagai suatu pilihan usaha potenisal dalam jangka kedepannya.

Dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik memang diperlukan pula yakni modal supaya usaha bisa lebih maksimal. Pilihan usaha pengolahan sampah plastik ini memang membutuhkan modal yang besar.  Saat Anda hendak akan menjalankan usaha pengolahan sampah plastik , modal diperlukan untuk membeli peralatan mesin yang hendak akan dipakai juga membeli keperluan bahan baku pengolahan sampah plastik itu sendiri.
Dengan mengandalkan modal tersebut, Anda sudah dapat menjalankan usaha pengolahan sampah plastik dengan skala kecil. Namun bila Anda lebih giat dan juga optimis untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik ini maka usaha akan bisa meraih sukses dengan laba yang besar. Pangsa pasar untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik memang cukup bagus. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan bahan baku pengolahan sampah plastik ini memang dapat ditemukan secara mudah juga harganya sangat terjangkau.
Jika Anda berminat dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik , maka sangat tepat jika Anda bisa membaca artikel peluang dalam usaha pengolahan sampah plastik dan analisanya yang kami ulas ini. Lewat artikel ini kami dapat mengulas peluang bisnis pengolahan sampah plastik dan analisanya secara rinci untuk memberikan Anda menganai gambaran bagaimana jika Anda menjadi pengusaha pengolahan sampah plastik yang sebenarnya.

Cara Pengolahan Sampah Plastik

  • Pengumpulan sampah plastik
  • Pemilihan sampah plastik dan penyotiran
  • Pembersihan sampah plastik
  • Penggilingan sampah platik
  • Pencucian biji plastik menggunakan cairan kimia atau cairan panas.
  • Memamaskan biji plastik hingga cair ditaambahakan warna.
  • Dicetak menyerupai lidi panjang
  • Dipotong kecil-kecil sesuai dengan permintaan.

Setelah Anda mengetahui peluang usaha dari pengolahan sampah plastik selanjutnya Anda juga perlu dalam mengetahui analisa usaha pengolahan sampah plastik. Analisa dari usaha pengolahan sampah plastik menjelaskan mengenai biaya atau anggaran yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut. Berapakah keuntungan yang didapatkan dari usaha pengolahan sampah plastik. Hal tersebut juag termuat dalam analisa usaha pengolahan sampah plastik. Berikut analisa usaha pengolahan sampah plastik yang dapat Anda simak dengan seksama.

Analisa Usaha Pengolahan Sampah Plastik

Asumsi

  • Masa penggunaan mesin giling plastik selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin oven pengering selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan pompa air selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan selang selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan sewa bangunan dan gudang selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan sewa lahan penjemuran selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan wadah selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan timba selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan kursi selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan pisau crusher selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan alat press manual selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin penggerak selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Modal Awal
Bisnis limbah plastik juga membutuhkan modal awal, modal ini digunakan untuk membeli limbah plastik dari pemulung. Modal yang dibutuhkan tidaklah banyak karena harga limbah plastik bila dibeli dari pemulung akan lebih terjangkau.

Tempat Usaha Limbah Plastik
Jika sudah membeli limbah plastik dari pemulung maka limbah plastik ini maka perlu meletakan sampah plastik pada sebuah tempat. Anda bisa mencari tempat untuk meletakan limbah plastik ini di lapangan penumpukan atau gudang.

Memiliki Mesin Pengolah Limbah
Jika Anda ingin mengolah sendiri limbah plastik maka mesin akan sangat dibutuhkan guna menunjang proses pengolahan limbah menjadi lebih lancar dan mudah. Limbah plastik ini perlu digiling dengan bantuan mesin penghancur plastik. Untuk bisa membuat limbah plastik menjadi biji plastik dan mendaur ulangnya ini perlu dilakukan pencacahan atau penghancuran plastik supaya menjadi butiran plastik. Butiran ini ialah bentuk setengah jadi yang nantinya akan dijadikan bahan baku pembuatan plastik. Apabila memiliki mesin untuk mengolah limbah plastik maka akan memudahkan proses kerja dan bisa mendatangkan keuntungan. Selain bisa mendapatkan keuntungan juga bisa membersihkan lingkungan dari sampah plastik yang berbahaya. Selain mesin penghancur plastik Anda pun juga perlu memiliki mesin pencuci serta mesin pengering untuk memaksimalkan dalam memulai usaha limbah plastik.

Mengetahui Jenis Limbah Plastik Yang Laku
Terdapat tiga jenis limbah plastik yang populer di masyarakat yaitu plastik PE atau Polietilena yang merupakan bahan plastik tahan terhadap alkali, air, asam dan tahan terhadap segala jenis cairan. Jenis plastik yang kedua ini yaitu NDPE atau high density polyesthylena yang merupakan plastik yang tahan dari aneka jenis zat cair serta polipropilenia prouk yang dibuat dari fiber glass. Sehingga Anda perlu mendapatkan limbah plastik dengan jenis tersebut karena memang jenis limbah plastik tersebut banyak diminati.

Mengetahui Tahap Daur Ulang
Untuk menjalankan binis limbah plastik maka perlu mengetahui lebih dalam tentang tahap pendaur ulangan limbah plastik menjadi bahan baku setengah jadi atau biasa disebut biji plastik yaitu :

  • Pemisahan Limbah : Limbah plastik perlu dipisahkan terlebih dahulu dari material sampah lain. Dalam hal pemisahan ini perlu dijalankan dengan teliti supaya nantinya bisa mendapatkan biji plastik berkualitas. Pisahkan limbah plastik sesuai dengan jenis plastik tersebut.
  • Pemotongan Limbah Plastik : Jika plastik sudah dipisahkan sesuai dengan jenisnya maka tahap selanjutnya ialah memotong limbah plastik ini. Pemotongan ini akan memotong plastik dengan bentuk yang kecil untuk mempermudah proses pengolahan plastik selanjutnya.
  • Proses Pencucian : Jika sampah sudah dilakukan pemotongan dengan bentuk kecil – kecil yang sempurna maka selanjutnya ialah proses pencucian yang berguna untuk membersihkan dari bahan atau zat yang tidak berguna serta zat yang dapat menggangu proses pengolahan plastik.
  • Proses Penggilingan : Jika telah mencuci plastik sampai bersih maka selanjutnya ialah dengan menggiling biji plastik. Untuk bisa melihat kualitas dari biji plastik maka perlu dilakukan tes dengan meletakannya diatas air. Sehingga nantinya bisa dilihat mengapung atau tidaknya biji plastik tersebut.
  • Jika biji plastik telah jadi maka selanjutnya mengantarkan biji plastik ini ke pabrik pengolahan produk daur ulang untuk selanjutnya diolah menjadi aneka jenis produk siap pakai.

Itulah informasi tentang memulai usaha limbah plastik yang sangat menguntungkan dan mampu membuat lingkungan sekitar menjadi lebih bersih dari sampah. Selain itu bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan dari limbah plastik. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca dan selamat mencoba. ­

7 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Mudah Dibuat

 Botol bekas merupakan salah atau limbah plastik yang sangat sulit diuraikan, dan semakin hari semakin banyak sampah botol bekas lengkeng dengan tingginya minat masyarakat terhadap minuman dalam kemasan. Maka dari itu kita harus pandai pandai memutar otak bagaimana agar motor bekas yang tidak memiliki manfaat dapat kita rubah menjadi sebuah produk maupun kreasi yang memiliki nilai jual dan menghasilkan kerajinan tangan terbaru. Dengan menghasilkan sebuah produk dari motor bekas maka diharapkan setelah bekerja sebelumnya hanya menunggu dan dianggap menjadi sampah nantinya bisa dimanfaatkan atau diolah menjadi barang yang lebih bermanfaat bagi kehidupan sehari hari.
Berikut ini kami sajikan beberapa contoh kreasi kerajinan tangan yang berasal dari botol bekas yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah produk yang cantik dan bermanfaat. Beberapa contoh berikut bisa dicoba sendiri di rumah dan tidak memerlukan biaya yang mahal cukup dengan manfaatkan barang barang yang ada di sekitar kita. Selain itu kegiatan seperti ini juga sangat cocok bagi anak anak usia balita agar kreativitas mereka dapat dibentuk dan melahirkan itu baru yang bagus untuk merangsang perkembangan otak. Inilah kerajinan tangan dari botol bekas yang mudah dibuat.

Peluang Bisnis Limbah Kardus Keuntungan Menggiurkan

Tidak selamanya limbah atau sampah tidak berguna sama sekali.Jika mampu memanfaatkannya justru menjadi peluang bisnis yang menjanjikan salah satunya peluang bisnis limbah kardus.Biasanya kemasan kardus digunakan untuk mengemas peralatan elektronik,makanan atau minuman namun setelah barang-barang tersebut dipakai biasanya sudah tidak ada manfaatnya dan hanya menumpuk digudang atau bahkan dibuang.limbah-kardus

Padahal limbah kardus masih bisa didaur ulang menjadi kertas lagi wajar saja jika kemudian terdapat perusahan kertas yang menerima pasokan limbah kardus untuk diolah lagi menjadi kertas.Hal inilah yang kemudian menjadi peluang bisnis sebagai pengepul limbah kardus.Bisnis ini sudah umum dilakukan dikota–kota besar seperti di Bekasi kebetulan saya sendiri sering menjual limbah kardus bekas kemasan minuman atau minyak kemasan kepada pengepul ini.

Pengepul ini biasanya berkeliling keperumahan mendatangi toko-toko atau minimarket untuk membeli limbah kardus kalau dihitung-hitung lumayan untuk nambah-nambah uang belanja karena tiap kilogramnya dihargai Rp.1500 apalagi toko sembako seperti saya sekali timbang bisa mengumpulkan 30-50 kg.Selain memberi keuntungan kepada toko ternyata pengepulnya juga mendapatkan untung yang lumayan menggiurkan.

Bagaimana cara memulai peluang bisnis limbah kardus ini?

Menurut penuturan salah satu pelaku bisnis limbah kardus sebut saja Pak Asep yang berhasil saya wawancarai untuk memulai bisnis ini minimal memiliki mobil pick up jika tidak bisa saja menyewa kepemilik mobil pick up menurut beliau jika mobilnya menyewa maka ongkosnya Rp.100.000 perhari belum termasuk bensin.Jika sedang mujur 1 hari bisa mendapatkan limbah kardus 1 mobil penuh atau sektiar 1 Ton namun jika sedang sepi paling-paling mendapatkan setengahnya saja.Pak Asep mengendarai mobilnya sendiri dengan membawa anak buah untuk membantu mengangkut limbah kardus.Beliau menghargai kardus dari toko-toko Rp.1500 per kilo dan bisa berubah tergantung harga pasaran dari pabrik kertasnya.

Limbah kardus ini kemudian dijual kepabrik pengolah kertas diderah Cikarang Bekasi setiap menjual paling tidak membawa 1 ton limbah kardus.Setiap kilonya saat ini pabrik menghargai Rp.2000 dengan demikian keuntungan perkilonya hanya Rp.500 jadi penghasilan kotor yang diterima pengepul limbah kardus jika membawa 1 ton sebesar Rp.500.000 dengan asumsi keuntungan perkilonya Rp.500×1000 kg.Penghasilan sebesar itu harus dipotong untuk ongkos bongkar Rp.100.000 Uang bensin Rp.60.000 per hari bayar anak buah Rp.50.000 perhari makan dan lainnya Rp100.000 perhari keuntungan bersih jika sehari bisa mendapatkan 1 ton limbah kardus sekitar Rp.200.000.

Bagaimana menurut Anda cukup menggiurkan bukan peluang bisnis limbah kardus.