Senin, Juli 15, 2024
spot_img
BerandaBisnis Kecil Dan MenengahLangkah Langkah Melakukan Bisnis Elektronik

Langkah Langkah Melakukan Bisnis Elektronik

Cara Sukses Memulai Bisnis Elektronik Bagi Pemula

Cara Suskes Bisnis Barang Elektronik adalah sebagian dari peluang bisnis yang memiliki prospek cemerlang saat ini, besok dan seterusnya. Barang elektronik merupakan barang yang snagat di butuhkan oleh banyak orang, karena barang elektronik sangat banyak macamnya serta memiliki fungsi dan manfaat masing-masing.
Barang elektronik adalah barang yang menggunakan bahan bakar listrik, sangat banyak contohnya seperti kulkas, mesin cuci, televisi, handphone, komputer, laptop dan lain sebagainya. Di bandingkan dengan barang non elektronik, barang elektronik memiliki harga yang jauh lebh mahal. Namun karena faktor kebutuhan dan majunya pola pikir manusia, banyak yang lebih memilih menggunakan bahan elektrik di bandingkan bahan non elektronik.
 
Maka dari itu prospek usaha elektronik sangat cemerlang untuk di jalankan. Memang, usaha bidang ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, terutama untuk membeli stok barang elektronik dan membuka toko elektronik. Bagi anda yang ingin memulai usaha jualan barang elektronik bisa membaca 4 hal yang mungkin perlu anda ketahui berikut ini.

Cara Sukses Memulai Bisnis Elektronik

1. Lokasi

Lokasi menjadi salah satu faktor utama dalam bisnis elektronik ini, dengan lokasi yang strategis atau dengan kata lain berada di tempat yang ramai, lokasi yang mudah di jangkau dan dekat dengan jalan raya. Selain itu anda harus memastikan bahwa di daerah tersebut aman, anda tidak mau kan apabila toko elektronik anda sering kehilangan karena di curi orang. Apabila anda memiliki modal yang cukup besar, maka langsung saja beli tanah dan bangun toko elektronik. Namun apabila modal terbatas, anda bisa menyewa ruko sesuai dengan modal yang ada.

2. Jenis Barang Yang di Jual

Barang elektronik sangat banyak macamnya, mulai dari perabot dapur, perabot rumah tangga dan aneka barang elektronik lainnya. Anda tak perlu bingung berjualan apa, yang penting anda harus menjual barang yang kiranya bisa membuat anda fokus dalam menjualnya. Semakin banyak macam barang elektronik yang anda jual semakin besar pula modal yang anda butuhkan.

3. Promosikan

Toko elektronik baru tidak mungkin langsung ramai di datangi konsumen. Agar toko elektronik anda langsung ramai maka anda harus pintar berpromosi. Sebagai contoh, anda bisa memberikan pengumuman apabila sebentar lagi toko elektronik anda segera di buka dan menawarkan berbagai diskon. Anda bisa membagikan informasi tersebut sebulan sebelum toko elktronik anda di buka, anda bisa promosi baik melalui banner, brosur dan juga jaringan radio atau televisi lokal di daerah anda.

4. Kelengkapan Lainnya

Tiga hal di atas merupakan faktor penting yang perlu anda lakukan, namun masih banyak kelengkapan lainnya yang perlu di perhatikan. Seperti misalnya fasilitas, pelayanan, desain interior yang meliputi rak atau etalase. Selain itu anda juga membutuhkan karyawan, pilihlah karyawan yang benar-benar berkualitas dalah artian dapat di percaya untuk memajukan toko elktronik anda.
Itulah beberapa hal yang mungkin harus anda ketahui dalam berbisnis barang elektronik.

Contoh bisnis elektronik yang menjanjikan

Banyak sekali bisnis elektronik yang menjanjikan dan bisa menjadi pilihan anda dalam memulai sebuah usaha dengan modal nol rupiah. Salah satunya adalah bisnis elektronik murah menjual hp bekas. Dengan modal tempat anda bisa mengajak teman anda memulai usaha ini cari hp bekas untuk di jual di tempat anda. Sehingga anda bisa memulai usaha ini tanpa modal, Atau bisa juga dengan modal sedikit kecil anda bisa membeli hp bekas yang rusak untuk di service kemudian di jual. Agar lebih menguntungkan anda harus memiliki kemampuan menservice hp bekas dengan begitu anda bisa memulai usaha ini dengan baik.

Cara sukses bisnis barang elektronik

Untuk memulai usaha ini anda bisa mencoba beberapa step ini pertama adalah anda harus menyiapkan modal. Sebelum Anda dapat memulai sebuah toko elektronika, Anda perlu memastikan bahwa Anda mempunyai dana yang memadai untuk melakukannya. Anda mungkin ingin menggunakan beberapa tabungan pribadi Anda buat melakukan hal ini, akan tetapi pastikan Anda masih bisa bertahan hayati Jika bisnis Anda  gagal dan   kehilangan uang ini. Anda jua dapat menghubungi bank Anda tentang pinjaman usaha eksklusif atau kecil. Anda akan perlu mempunyai rencana usaha yang baik dan  siap buat hadir di tengah usaha elektro yg sudah terdapat. Para investor  ingin melihat bahwa Anda sudah menginvestasikan saat dan  usaha ke toko elektro Anda sebelum mereka berinvestasi satu sen pada Anda.

Kemudian anda bisa memulai membangun toko atau gunakan tempat anda sendiri. Toko elektronik Anda akan membutuhkan tempat yg diklaim “tempat tinggal   kedua”, dan  ini bukan keputusan yg bisa dianggap enteng. Lokasi toko Anda terkait erat dengan seberapa sukses usaha Anda nantinya. Pilih lokasi  di harta benda yang mempunyai lalu lintas tinggi, atau di jalan kemudian yg dilintasi banyak orang. Sebuah kawasan pada mana poly orang tak jarang merupakan pilihan terbaik buat memastikan terdapat aliran konstan masuk serta keluar berasal toko Anda. Amankan lokasisewa  yg  sudah Anda pilih (atau membeli properti, Jika Anda percaya diri), serta mulailah bekerja buat mengubahnya agar terlihat mirip sebuah toko elektronik.

Agar lebih mudah anda bisa menggaji pegawai. Anda tidak akan bisa memulai sebuah toko elektro saja. Anda akan perlu melakukan wawancara dan  proses perekrutan buat menemukan staf yg cukup baik buat toko elektro Anda. Carilah orang-orang dengan minat atau keahlian dalam elektronika. Pelanggan Anda akan menghargai bekerja menggunakan orang-orang yg tahu apa yang mereka bicarakan. Bila Anda menyewa seseorang yg tidak mempunyai pengalaman sebelumnya dengan elektronika, pastikan bahwa ia terlatih sebelum mengirimnya ke toko elektronik Anda.

Membeli perlengkapan toko dan  persediaannya. Anda akan perlu rak buat menyimpan elektronik Anda. Anda mungkin bisa menemukannya pada  beberapa toko bekas atau pada pabrik siklus ulang. Akan tetapi Anda mungkin akan membutuhkan beberapa penyimpanan spesifik . Tentukan rapikan letak toko Anda dan  lalu membeli rak yg sinkron. Kemudian pulang bekerja memperoleh inventaris Anda. (pada sinilah pembiayaan awal Anda benar-sahih akan bermanfaat ). Pemasok Anda mungkin akan mengirimkan beberapa barang , dan  ini akan membantu Anda buat menambahkan variasi ke toko Anda. Setelah itu anda bisa mencoba mempraktekkan Cara sukses memulai bisnis elektronik bekas tanpa modal yang menjanjikan.

 

5 Langkah Awal dalam Membuka Toko Elektronik

Sampai kapan mau menjadi karyawan terus, sampai kapan kerja di bawah tekanan bos, dan mau sampai kapan pikiran anda digunakan untuk perusahaan orang. Marilah mulai lakukan perubahan hidup. Setelah lama bekerja dengan orang lain dan menimba ilmu dari mereka, kita bisa mulai membuka usaha sendiri. Dengan begitu kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
Membuka usaha tidaklah sembarangan, kita harus bisa memilih barang atau produk yang cepat laku dipasaran. Salah satunya adalah elektronik, produk-produknya selalu dicari oleh masyarakat.

Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan alat-alat elektronik semakin hari semakin canggih, seperti hp, televisi, komputer, laptop, kulkas, dan lain-lain. Semua barang-barang tersebut setiap hari mengalami perubahan ke yang lebih canggih. Dan pastinya, membuat masyarakat selalu tertarik untuk membeli.

Jika anda membuka bisnis elektronik pasti bisa meraup penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi bagaimana sih agar toko elektronik anda menjadi sukses dan berkembang? Untuk itu, mari kita bahas bersama.

Langkah-langkah untuk membuka toko elektronik adalah, sebagai berikut :

Perhitungkan dengan cermat pembiayaan anda

Sebelum membuka sebuah toko anda harus memperhatikan apakah uang yang anda miliki sudah cukup. Masihkah bisa uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sebelum toko mempunyai penghasilan. Jika belum sepenuhnya mencukupi semuanya, cobalah mencari pinjaman atau mencari investor. Buatlah proposal bisnis yang propeknya bagus sehingga menarik minat investor untuk bekerjasama dengan anda.

Mencari lokasi toko elektronik anda

Carilah toko atau tempat yang mempunyai lalu lintas tinggi seperti di mall atau dekat dengan jalan raya yang selalu ramai dilintasi orang-orang. Selain itu juga harus mudah jalannya untuk keluar masuknya para konsumen yang ingin belanja di toko anda.

Selanjutnya buatlah toko menjadi nyaman, aman, dan enak dipandang. Hal tersebut akan menari perhatian calon pembeli anda.

Mencari informasi mengenai perusahaan penyedia elektronik dengan harga murah

Sebelum membeli produk-produk yang akan anda jual, pastikan dulu harganya. Bandingkan harga dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Pilih perusahaan yang harga produknya mura, mudah dalam proses jual beli, dan mudah akses pengiriman barang. Anda harus cermat dan teiliti dalam berjualan agar tidak mengalami kerugian nantinya.

Merekrut karyawan

Jika tidak ada waktu untuk berjualan sendiri, carilah karyawan untuk melayani para konsumen yang datang. Dalam merekrut karyawan sebaiknya pilih orang-orang yang sudah cukup tahu tentang produk elektronik yang anda jual. Jika tidak lakukan pelatihan beberapa minggu agar mereka lebih paham dan bisa menjelaskan kepada konsumen dengan baik. Dan pastikan juga bahwa karyawan anda jujur, loyalitas tinggi kepada anda, dan selalu ramah.

Siapkan perlengkapan toko

Sebelum membuka toko pastikan produk yang anda pamerkan tertata rapi dan terlihat menarik. Untuk itu, anda harus menyiapkan perlengkapan toko dan aksesorisnya. Perlengkapan toko bisa anda dapatkan dengan cara membelinya bekas atau baru dari pabrik.

Ingat, keadaan toko juga dapat mempengaruhi minat calon konsumen. Jadi usahakan toko anda selalu tampil menarik, selalu bersih dan penerangan cukup.

Promosikan toko anda

Sebelum membuka toko, promosikan toko anda dari mulut ke mulut biasanya akan cepat tersebar luas. Beritahulah teman, sahabat, pacar, keluarga dan semua orang yang anda kenal untuk datang dan mempromosikan juga kepada orang lain.

Bisa juga beriklan melalu media online atau lewat radio dan pada saat GO (Grand Opening) banyak yang datang. Berikan kejutan dan kehebohan saat GO toko anda sehingga orang-orang yang berkunjung terkesan dan tertarik membeli produk elektronik yang anda jual.

Dengan bekal pengetahuan di atas tentunya membuat anda semakin siap dalam memulai bisnis elektronik. Tetapi jangan lupa, manajemen keuangan juga harus menjadi prioritas utama. Karena jika salah mengatur lalu lintas keuangan akan berakibat buruk bagi toko anda.

Belajarlah manajemen bisnis yang benar agar anda bisa meraih kesuksesan. Pantau selalu aktivitas toko anda, karena sebuah keseuksesan bisa di dapat jika kita mau terlibat sepenuhnya dalam pengurusan usaha.

Ide Jitu Membuka Peluang Bisnis Elektronik

Maraknya permintaan masyarakat akan barang – barang elektronik, menyebabkan bisnis elektronik saat ini banyak ditemukan di berbagai tempat. Dari mulai bisnis pembuatan barang elektronik, toko elektronik, bisnis jasa reparasi barang elektronik, sampai bisnis kredit elektronik banyak ditemukan di sekitar kita. Banyaknya bisnis elektronik yang bermunculan saat ini, karena kebutuhan masyarakat akan barang elektronik juga semakin meningkat.
Berbagai macam produk elektronik seperti televisi, radio – tape, DVD/ VCD player, computer, laptop, handphone, AC, hingga perabot rumah tangga seperti setlika, magic gar, kipas angin, kulkas, blender, dll. Sekarang barang – barang tersebut bukan menjadi barang mewah lagi bagi sebagian masyarakat, sehingga daya beli masyarakat terhadap barang elektronik kini meningkat pesat.Konsumen
Karena barang elektronik sekarang bukan lagi menjadi barang mewah, hampir setiap rumah sudah memiliki barang elektronik. Hal ini menjelaskan bahwa barang elektronik kini sudah digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Baik masyarakat menengah ke atas, maupun masyarakat menengah sudah menggunakan barang elektronik untuk memudahkan pekerjaan mereka.
Info bisnis
Untuk memulai bisnis ini sebelumnya siapkan lokasi usaha yang strategis, usahakan pilih lokasi yang berada di pusat keramaian. Misalnya di kawasan pusat perbelanjaan, atau di pinggir jalan yang dilalui banyak orang. Setelah lokasi usaha terpenuhi, selanjutnya cari informasi distributor barang elektronik yang dapat menyuplai produk elektronik dengan harga miring. Misalnya dengan bekerja sama dengan toko grosir elektronik yang ada di Glodok. Untuk produk – produk elektronik yang saat ini beredar di pasaran antara lain merek Sony, Panasonic, Sharp, LG, Toshiba, Maspion, Philips, Samsung, Sanyo, Electrolux, Pioneer, dll.
Kelebihan bisnis
Bisnis elektronik memiliki prospek bisnis yang sangat cerah, karena saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Dan masyarakat pun memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk mempermudah pekerjaan mereka, salah satunya dengan menggunakan produk – produk elektronik. Tingginya minat dan daya beli konsumen akan barang elektronik, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis elektronik.
Kekurangan bisnis
Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha. Karena untuk membuka bisnis elektronik, membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit. Selain itu persaingan bisnis yang cukup ketat, membuat para pelaku bisnis ini harus berpikir ekstra keras untuk menentukan strategi bisnis agar bisa memenangkan persaingan pasar. Kendala yang lainnya yaitu harga barang elektronik yang sering naik turun, seiring dengan naik turunnya nilai rupiah.
Pemasaran Bisnis
Strategi pemasaran yang dapat dijalankan bisnis elektronik adalah dengan membagikan brosur maupun pamflet di kota Anda dan sekitarnya. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan di berbagai media, seperti media cetak, media elektronik, maupun memasang papan iklan di berbagai lokasi strategis yang ada di kota Anda. Sehingga masyarakat mengetahui informasi mengenai keberadaan bisnis Anda.
Bila perlu berikan bonus dan potongan harga untuk pembelian produk tertentu. Sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk elektronik pada Anda. Disamping pemasaran secara offline, bisnis elektronik juga bisa dipasarkan melalui media online. Dengan memasarkan barang elektronik melalui internet, Anda dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah. Sehingga jangkauan pasar bisnis Anda semakin luas.
Kunci sukses
Kunci kesuksesan bisnis elektronik yaitu jeli melihat pasar dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Dengan menyediakan produk elektronik yang up to date, sehingga konsumen dapat menemukan produk baru yang ingin mereka cari. Disamping itu berikan harga yang bersaing dengan bisnis lain yang bergerak dibidang yang sama, sehingga loyalitas konsumen semakin tinggi.

Peluang Usaha Berjualan Barang Elektronik Toko Online Terbuka

Makin banyak orang yang membeli barang elektronik secara online. Alhasil, peluang usaha berjualan elektronik di dunia maya makin besar. Apalagi, margin usahanya dua digit. Cuma, modal yang dibutuhkan sangat besar.

Sebagian masyarakat Indonesia makin keranjingan berbelanja di dunia maya. Selain praktis, harga yang lebih murah menjadi pertimbangan mereka membeli produk dan jasa di lapak atau toko online.
Hasil riset Kantar Worldpanel soal fast moving consumer good (FMCG) di Indonesia yang dirilis Oktober 2015 lalu menunjukkan, produk fashion dan barang elektronik menempati urutan teratas produk yang dibeli secara online. Info saja, produk elektronik masuk dalam kategori FMCG dengan klasifikasi fast moving consumer electronics exchange.

Maklum, saat ini banyak yang menggunakan barang elektronik untuk waktu singkat, antara satu tahun hingga 2 tahun. Soalnya, produsen elektronik terus mengeluarkan model-model baru yang berteknologi lebih maju.

Ambil contoh, televisi. Produsen elektronik berhasil melahirkan smart TV yang menggabungkan televisi berlayar kualitas tinggi dengan akses internet. Alhasil, sambil nonton siaran televisi, pemirsa bisa memperbarui status akun pribadinya di jejaring sosial.

Ini makin klop dengan perilaku sebagian masyarakat Indonesia yang menjadikan barang elektronik bukan cuma untuk kebutuhan, juga sebagai gaya hidup. Tak heran, barang elektronik, mulai televisi, mesin cuci, penyejuk ruangan (AC), hingga konsol permainan alias game console menjadi salah produk yang paling dicari konsumen di dunia maya.

Hendrik Tio, pemilik Bhinneka.com, mengatakan pembelian barang elektronik lewat toko online memang cukup besar. Soalnya, pelapak online berani memberikan harga yang lebih murah ketimbang pemilik toko offline.

Modal Besar

Tentu, penjualan yang lumayan bagus ini membuka peluang orang membuka toko elektronik online. Tambah lagi, Raymond Siswara Wong Direktur Arjunaelektronik.com, bilang, produsen elektronik masih lebih suka menggunakan saluran tradisional untuk menjual produk-produknya. Mereka masih berkonsentrasi menjual barang elektronik melalui toko atau gerai fisik (offline).
Bagi produsen elektronik, untuk membeli barang elektronik masyarakat perlu melihat dan menyentuh langsung produk yang akan mereka beli.

Arjunaelektronik.com menjual berbagai produk elektronik, mulai TV, kulkas, mesin cuci, AC, audio system, sampai peralatan rumah tangga. Saban bulan, menurut Raymond, toko elektronik online-nya bisa melego lebih dari 100 barang.

Barang elektronik yang juga punya pasar cukup menjanjikan adalah game console seperti PlayStation dan askesorinya. Dennis Andreas, pemilik Dextmall.com, menuturkan, permintaan konsol permainan cukup tinggi. Penyebabnya, game berbasis online yang semakin marak. Dampaknya, para gamers lebih senang mencari produk sembari bermain game di dunia maya.

Yang makin menggiurkan membuka toko elektronik online, Raymond menambahkan, margin atau keuntungan usahanya bisa dua digit tanpa mau menyebut angka pasti.

Cuma, walau punya peluang yang besar, persaingannya terbilang sengit. Sebab, terus bermunculan toko elektronik online baru. Belum lagi kehadiran mal online milik para konglomerat dan investor asing yang juga menjual bermacam barang elektronik. Lantaran punya dana jumbo, mereka dengan mudah jor-joran mempromosikan mal online-nya. Sebut saja, Mataharimall.com.

Lantaran harga produknya enggak murah, untuk berbisnis barang elektronik online tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi, dana untuk membeli barang elektronik untuk stok bisa berkurang jika mendapatkan produk langsung dari produsen atau importir. Biasanya mereka senang berhubungan langsung dengan pembeli jumlah besar.

Dana besar juga dibutuhkan unutk membangun website. Raymond menceritakan, untuk membuat situs Arjunaelektronik.com, dirinya dan sang kakak menghabiskan dana dalam jumlah gede. Duit itu digunakan untuk membayar jasa tenaga ahli dalam membangun dan mengembangkan laman Arjunaelektronik.com. Maklum, tenaga ahli yang jago membikin situs yang mumpuni masih terbatas sehingga bayarannya lumayan tinggi.

Sebab, prinsip Raymond adalah, website yang bagus lebih dilirik konsumen ketimbang situs yang biasa-biasa saja. Makanya, ia rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membangun situs.
Berapa uang yang Raymond habiskan untk membuat website Arjunaelektronik.com? Dia merahasiakan nilainya. Yang jelas dana yang dihabiskan lebih besar ketimbang membuka toko offline.

Hendrik menambahkan, modal yang jumbo juga dikeluarkan untuk merekrut karyawan. Mulai tim marketing hingga tim teknologi informasi (IT). Tim IT tentu bertugas mengelola website dan menjaga sistem keamanan pelanggan saat bertransaksi.

Kala memulai bisnis online tahun 1999 silam, Hendrik mengeluarkan dana hingga Rp 100 juta. Jumlah yang sangat besar ketika itu. Tapi dia mengklaim saat ini Bhinneka.com menjadi salah satu perusahaan e-commerce yang sudah balik modal dan mencetak laba.

Butuh Gudang

Nah salah satu keuntungan berbisnis barang elektronik online adalah tempat display yang tidak terbatas. Pemilik toko online bisa memajang semua barang yang dijajakan di situsnya. Setelah itu, mereka hanya perlu memastikan ketersediaan barang di gudang.

Tapi, apakah ini berarti pebisnis barang elektronik online tidak membutuhkan toko offline? Hendrik mengungkapkan, keberadaan toko fisik sangat tergantung pada pemilik dan model bisnis yang dikembangkan. Jika model bisnisnya seperti Bhinneka.com yang menjual oroduk secara langsung, maka tidak perlu punya toko offline. Yang dibutuhkan hanya gudang untuk menyimpan sekaligus memastikan stok barang.

Cuma, menurut Raymond, sebaiknya pebisnis barang elektronik online punya toko offline. Pasalnya, produsen dan pemasok barang elektronik lebih percaya kepada pemilik toko fisik. Selain itu, masyarakat Indonesia masih terbiasa memeriksa barang elektronik sebelum membeli.

Untuk yang mau berjualan game console, pebisnis online juga harus memiliki toko fisik. Tapi, mereka tidak butuh gudang karena tak menyimpan persediaan barang dalam jumlah besar. Kehadiran toko offline untuk memberikan pengalaman langsung kepada pelanggan ketika mencoba game console yang mereka cari.

Kalau sudah punya toko barang elektronik online, tentu Anda harus memikirkan kelangsungan hidupnya. Berikut beberapa tip agar bisnis anda bisa bertahan dan untung :

1. Promosi

Sebagus apapun website yang dibangun belum tentu bisa menyedot konsumen untuk sekadar mengunjungi situs Anda. Sebagai pendatang baru, masyarakat tidak mengetahui laman toko online Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukan promosi. Salah satunya dengan melakukan search engine optimization (SEO). Ini ialah suatu teknik untuk memaksimalkan situs agar lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh mesin pencari atau search engine.

Yang tidak kalah penting, Anda juga mesti memasang iklan di media sosial, seperti Twitter dan Facebook. Dengan beriklan di social media, Anda bisa membidik para pengguna atau user jejaring sosial yang menjadi target pasar sehingga iklan bisa efektif.

Hendrik menyarankan para pemula di bisnis barang elektronik online juga mesti membuka lapak di situs pusat belanja online, seperti Lazada dan Blibli, serta marketplace semisal Tokopedia dan Bukalapak. Sebab, situs pusat belanja online dan marketplace selalu gencar berpromosi, sehingga bisnis Anda bisa terangkat.

Namun, Raymond berpesan, anda perlu memantau barang dagangan sesering mungkin. Maklum, ada banyak toko online yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang lebih murah di situs pusat belanja dan marketplace.

2. Keunikan

Agar produk yang Anda jual mendapat perhatian dari khalayak, butuh sesuatu yang unik. Pembeda ini bisa memaksa orang mencari produk Anda dan membelinya. Selain itu, keunikan akan membuat anda keluar dari zona persaingan dari kompetitor. Keunikan tersebut bisa dari bentuk hinga layanan yang diberikan.

Raymond mengungkapkan, jika bisa menciptakan keunikan, itu bakal membuat pelanggan memiliki anggapan produk yang Anda jual tidak ada di tempat lain. Ambil contoh, salah satu pembeda Arjunaelektronik.com dengan toko online sebelah adalah, pelanggan bisa membeli produk elektronik secara online secara kredit. Arjunaelektronik.com menggandeng perusahaan pembiayaan FIF Spektra dan AEON dalam menghadirkan layanan ini.

3. Pengiriman

Pengiriman barnag pesanan pembeli menjadi salah kunci sukses berbisnis online. Ini menjadi penting karena sebagian barang elektronik wujudnya besar-besar, seperti mesin cuci dan kulkas. Tak Cuma itu, barang elektronik rentan terhadap benturan.

Makanya, Anda mesti memiliki layanan pengiriman barnag yang bagus. Selain cepat dan tepat waktu, barang yang diantar harus sampai di tangan pembeli dalam keadaan mulus. Anda juga bisa bermitra dengan perusahaan logistik yang punya reputasi sangat bagus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments