Beberapa Bisnis yang Dapat dilakukan Dengan Modal Kecil

Hanya Modal 1 Juta Rupiah Saja, Kamu Bisa Mulai Bisnismu Sekarang Juga

Sampai saat ini kamu masih suka minta uang jajan? Atau justru sering galau saat mulai masuk akhir bulan dan uang mulai menipis? Gak capek tuh, selalu ketar-ketir karena kehabisan uang? Berwirausaha, bisa jadi alternatif agar kamu tidak lagi tergantung secara finanansial pada orang lain. Yah, minimal bisa meringankan beban orang tuamu sekaligus membuka lapangan kerja.

Rasa ingin berbisnis sudah menggelora, tapi kamu galau karena modal tak ada? Eits, ingat banyak hal-hal besar dimulai dari hal yang kecil. Hanya dengan modal 1 juta rupiah, sebenarnya sudah cukup untuk jadi amunisi awalmu memulai usaha. Kali ini Hipwee akan memberikan 5 referensi bisnis yang bisa kamu mulai dengan uang 1 juta rupiah saja.

small-business

1. Daripada design-mu hanya nongkrong di buku gambar, kini kamu bisa mulai menerapkanya pada bisnis kaus oblong.

Jaman sekarang siapa sih yang gak pernah suka pake kaos? Simple, santai, adem, dan murah. Mereka yang bertahan di ranah bisnis ini adalah pengusaha yang mampu mempertahankan kualitas bahan dan design yang unik. Kamu yang suka menggambar sangat cocok menjajal bisnis ini. Daripada hasil corat-coretan gambarmu itu hanya nongkrong di buku gambar, saatnya kamu memulai bekerja sama dengan teman-temanmu untuk menjadikannya menjadi bisnis kaos oblong.

Untuk pertama, kamu bisa membidik pasar dari kalangan mahasiswa dan organisasi yang sering membuat kaos khusus untuk event yang mereka selenggarakan. Setelah mendapatkan klien, modal kamu sebenarnya hanyalah design kreatif dan link pabrik cetak kaos yang murah dan berkualitas. Uang mukapun bisa kamu tarik dari pemesan. Setelah cukup stabil, kamu bisa memproduksi kaus untuk dijual di outlet-outlet terkenal di daerahmu. Siapa sih yang gak pengan punya bisnis kayak Dagadu yang bisa membumi di tanah Jogja dan membawa ciri kota itu kep enjuru dunia?. Sekarang nih, waktunya kamu mulai ambil peran!

2. Manfaatkan kegemaranmu berkreasi untuk menelurkan kerajinan tangan yang bisa dijual.

Kamu suka membuat kalung dari kerang? Kamu seringkali memodifikasi perhiasanmu dengan menambahkan manik-manik dari plastik? Berarti kamu punya bakat untuk berkarya membuat kerajinan tangan. Nah, kenapa tidak mulai membisniskan kemampuanmu itu? Selain merasakan kepuasan tersendiri karena bakatmu tersalurkan, kamu juga bisa dapat uang. Kerajian makrame contohnya — berbagai jenis kreasi dari kemampuan tali temali– bisa kamu kreasikan untuk membuat berbagai macam bentuk barang, gelang, kalung, gantungan, sampai penghias jendela.

Satu kilogram tali untuk membuat kerajinan makrame harganya sekitar Rp 35.000. Dengan modal awal Rp 525.000 kamu sudah bisa mendapatkan 15 jenis warna. Sisanya bisa kamu gunakan untuk membeli manik manik sebagai penghias dan alat dasar seperti gunting dan gantungan. Kamu bisa tawarkan produkmu yang unik-unik itu secara langsung atau melalui media online. Segmen pasar yang bisa kamu tuju adalah melalui pesanan pribadi, penjual aksesori, atau souvenir pernikahan. Lets try!

3. Bisnis bimbel private : gak perlu modal besar, asal kamu punya stok tenaga pengajar.

Kamu yang ingin terjun ke bidang pendidikan? Atau kamu yang kuliah di keguruan? ini saatnya untuk mencoba bisnis bimbingan belajar. Kamu bisa mengawalinya dengan metode bimbingan belajar secara private. Kuncinya adalah guru yang berkualitas, jaminan nilai tinggi, dan kumpulan soal yang selalu up to date. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai mendatangi tempat nongkrong para pelajar atau bekerja sama dengan sekolah untuk mulai mencari calon murid.

Promosi yang gencar juga tidak boleh dilupakan. Jangan malu untuk menceritakan bisnismu pada teman-teman dan berpromosi ke jejaringmu yang lain. Semakin banyak link semakin baik. Promosi usaha di bidang jasa yang paling baik adalah promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, siapakan penawaran yang menarik, seperti bimbingan gratis untuk percobaan pertama.

Modal 1 juta rupiah bisa kamu manfaatkan untuk membayar honor tenaga pengajar dan mencetak soal yang digunakan dalam tiap sesi bimbingan. Nah, barulah saat bimbelmu sudah cukup terpercaya dan mapan, kamu bisa menyewa rumah dan mulai membuka kelas bersama. Jika digarap dengan serius bisnis bimbel ini bisa berkembang dengan pesat dan menjanjikan dalam jangka panjang.

4. Bisnis Makanan Sehat Dengan Sistem Katering Untuk Penghuni Kos-Kosan.

Tidak jarang anak kosan sering malas keluar mencari makan. Alasannya macam-macam: jauh, bosan dengan makanan warung yang itu itu saja, sampai merasa tidak ada makanan yang terjangkau dan sehat.

Nah kamu bisa mempergunakan kesempatan ini dengan memulai memanfaatkan semua peralatan dapurmu untuk mendapatkan uang lebih. Modal kamu sebenarnya adalah alat dapur dan jasa memasak. Sisanya, kamu bisa tawarkan paket sarapan, paket makan siang, atau paket makan malam dengan uang pembayar di awal.

Kamu bisa membidik area kos-kosan VIP yang jarang ada penjual makanan. Atau menawarkan jasa membuat arapan yang bisa diantarkan ke kos jam 6 pagi, atau bahkan delivery ke Fakultas masing-masing. Jangan lupa pilih menu yang enak, bergizi dan menarik ya. Sesekali, kamu bisa tawarkan bonus pancake cantik buatanmu atau puding sebagai desser agar pelanggan merasa senang.

Modal awalmu yang hanya 1 juta rupiah itu bisa kamu gunakan untuk membeli bahan-bahan dan membeli kemasan makanan. Gak usah khawatir pada biaya promosi. Kamu bisa berpromosi secara online dan meminta bantuan retweet dari teman-temanmu agar nama bisnismu makin menyebar.

5. Buat Kamu Yang Suka Berlama-Lama Di Depan Kaca, Kenapa Tidak Coba Jadi MUA? (make up artist).

Keinginan tampil cantik dan bisa foto-foto unyu dalam berbagai acara-acara penting seringkali tidak dibarengi dengan kemampuan berdandan yang mumpuni. Nah, kondisi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh kamu yang punya bakat dan gemar berjibaku dengan make up. Kenapa tidak kamu gunakan hobimu untuk menawarkan jasa mendandani orang lain?

Target pasar bisnis MUA itu jelas: teman-teman yang mau wisuda, mereka yang mau kondangan, menawarkan diri untuk mendandani acara photoshoot , sampai ikut dalam tim pembuatan film dokumenter yang membutuhkan bantuan tim make up.

Manfaatkan uang 1 jutamu sebagai modal untuk membeli peralatan make up yang tidak hanya berkualitas, tapi juga beragam dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Selanjutnya, manfaatkan channel media sosialmu untuk promosi. Unggah foto hasil make-up mu – edit sedikit agar lebih menarik – jangan lupa sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi. Jangan takut juga untuk mendatangi studio foto dan kawan-kawanmu yang menawarkan jasa fotografer demi menawarkan jasamu sebagai MUA.

Saat klien sudah makin banyak, kamu bisa menggaet teman-temanmu yang juga mempunyai keahlian make up untuk bergabung dalam tim MUA-mu. Mudah, terjangkau, bisa dikerjakan dengan hati, pun selalu dibutuhkan. Kenapa tidak dicoba sekarang?

Nah, itu adalah 5 contoh lini bisnis konkret yang bisa kamu mulai dengan modal 1 juta rupiah. Ingat apapun jenis bisnisnya, sebenarnya kunci sukses dalam berbisnis adalah kreativitas, fokus, ulet, gigih, dan tidak mudah menyerah.

Itu adalah hal yang perlu kamu tanamkan untuk menjalankan sebagai bisnis awal. Gak mungkin ‘kan kalau sehari tidak mendapat pelanggan, kamu lantas menyerah? Sebab mencoba memulai bisnis sejak dini selalu lebih baik dari tidak pernah mencoba sama sekali.

 

8 Contoh Usaha Modal 1 Jutaan Untuk Pemula

Mau membuka usaha namun modalnya terbatas, kali ini saya ingin berbagi artikel tentang contoh usaha yang bermodalkan uang di bawah 1 juta rupiah. Menjadi seorang pembisnis harus memiliki modal, tidak hanya uang namun juga tenaga dan pikiran. Untuk menciptakan peluang usaha dengan modal kecil tentunya kita harus lebih kreatif untuk memilih bidang usaha yang ingin dijalankan

 

Lalu apakah ada bisnis modal 1 jutaan? jawabanya ada

Uang satu juta sudah cukup untuk membuka usaha dibawah ini

Usaha kuliner kecil kecilan

Berbisnis kuliner tidak harus bermodalkan besar. Jika anda memiliki keahlian khusus dibidang kuliner coba tunjukan kepada pasar bahwa produk kuliner buatan anda memang patut untuk di coba. Contoh dari usaha kuliner kecil kecilan dengan modal dibawah 1 jutaan yaitu : bakso tusuk, keripik bayam, dan makanan cemilan lainnya. Anda juga bisa mencoba membuka jasa kuliner kue pesanan, misalnya pancake, kue lebaran dan lain lain. Jika anda tinggal di daerah kampus, bisa juga bisnis catering, bila modal 1 juta tidak cukup caranya yang memesan catering suruh DP dulu 50% untuk membuat makanan yang dipesan

Usaha agribisnis

Agribisnis disini mencakup pertanian perikanan peternakan dan kehutanan. Enaknya berbisnis #agribisnis adalah berapapun modal yang adan miliki bisa dijalankan. Konsep dari usaha agribisnis adalah semakin banyak modal yang anda tanam semakin besar keuntungan yang didapat. Contoh usaha agribisnis dengan modal dibawah 1 juta adalah: ternak ayam, budidaya ikan lele, budidaya ikan gabus. Jika anda memiliki lahan yang cukup anda bisa menanam sayuran. Memperbanyakan bibit, mulai bibit ikan, bibit tanaman / benih yang bisa di jual kepada petani / ataupun toko pertanian dan peternakan

Bisnis online

Yang diperlukan untuk berbisnis internet dengan modal 1 jutaan itu apa si? Smarthphone dan kouta internet. Berbinsis di dunia maya merupakan suatu usaha yang tidak asing lagi. Hampir semua orang sudah tau usaha jenis ini, namun masih banyak juga yang tidak tahu jualannya biar laris dimana. Gunakan bukalapak dan tokopedia untuk berjualan. Untuk bisa bersaing dengan ribuan penjual yang ada di kedua marketplace tersebut, pastikan produk yang anda jual lebih baik dan berkualitas. Dengan modal 1 juta sudah bisa memiliki 1 buah smartphone dan kouta internet kok. Jika anda tidak memiliki produk untuk dijual, bisa kok nyari produk di daerah anda yang berpotensi bagus untuk di jual, misalnya anda memiliki teman yang membudidayakan bibit buah naga, na anda bisa tu ambil fotonya dan jual di kedua marketplace tersebut, selain buah naga, yang simpel lagi adalah sepatu, anda main main aja kepasar dan cari sepatu yang sekiranya keren, minta izin dulu sama yang punya toko sebelum mengambil gambarnyam dan habis itu uploud ke bukalapak dan tokopedia

Affiliate

Apa itu affiliate, afiliate adalah jenis bisnis yang menjualkan produk orang lain dengan harga yang sudah ditentukan oleh produsen, dan apabila produk laku terjual anda mendapatkan komisnisnya. Bisnis ini bisa dilakukan secara online maupun ofline, dan bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar bahkan bisa dibawah 700 ribu. Tapi tidak mudah untuk berbisnis ini, anda harus memiliki keahlian khusus dibidang pemasaran produk. Contoh dari bisnis ini adalah menjualkan buku dari gramedia atau dari penulis buku terkenal seperti kang Dewa Eka Prayoga. Masih banyak sekali produk yang bisa anda jualkan, coba cari di google aja ya, jenis produk affiliate

Binis jualan pulsa

Memulai untuk jualan pulsa hanya membutuhkan modal awal 300 ribu, 2 ratus ribu untuk membeli hp dan 100 ribu untuk membeli saldo pulsa awal, kalau tidak percaya silahkan coba aja. Saat ini penyedia jasa saldo pulsa menyediakan pemesanan saldo minimal 50 ribu saja. Yang terpenting dalam bisnis ini adalah anda harus tekun dan kalau ingin keuntungannya lebih besar, anda bisa menjual aksesoris hp dengan cara membeli produk aksesoris hp di bukalapak atau tokopedia lalu anda jual kembali kepada konsumen anda.

Usaha MLM

Apakah usaha ini membutuhkan modal besar? tidak sama sekali. Bisnis ini membutuhkan ketekunan dan kerja kerar + pintar dalam memasarkan produk. Jangan beranggapan bisnis MLM itu bisnis yang jelek, yang jelek bukan bisnis nya namun orang nya memainkan bisnis ini. Karena nama MLM sudah jelek dimata masyarakat, anda harus ekstra kuat menghadapi cobaan untuk memulai bisnis ini. Keuntungan dari bisnis ini memang awalnya tidak seberapa, namun untuk jangka panjang keuntungannya luamayan banyak dan lebih untuk rata-rata kehidupan masyarakat menengah di Indonesia. Contoh dari provider MLM terkenal adalah Oriflame, Tianshi, Sophie Martin, Morinda dan Herbalife

Bisnis dibidang jasa

Bisnis ini murni menggunakan 70% keahlian yang anda miliki dan 30% nya adalah modal peralatan. Contoh bisnis dibidang jasa yang membutuhkan modal dibawah 1 juta, servis hp, servis leptop, menulis artikel, dan masih banyak lagi. bisnis dibidang jasa keuntungan 100% untuk anda sendiri apabila dikerjakan sendirian.

Membuat kerajinan

Bisnis ini tentunya tidak jauh dari bidang jasa, namun untuk bisnis ini adalah produk yang dihasilakn adalah suatu barang yang real, contoh usaha membuat kerajinan adalah : gantungan kunci, membuat mendali, membuat piala, dan membuat kerajianan lain yang berpotensi bisa dijual dimasyarakat.

Itulah beberapa contoh usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil yaitu dibawah 1 jutaan. Contoh contoh diatas adalah sebagai perantara saja atau sebagai inspirasi para pembaca. Selanjutnya bisa dikembangkan lagi lebih jauh. Semua contoh peluang usaha diatas adalah contoh yang saling berkaitan. dan tinggal anda yang mau menjalankan yang mana terlebih dahulu.

Jenis Waralaba Bisnis Modal 5 Juta Yang Menguntungkan

Bisnis modal 5 juta bisa anda jadikan pilihan ketika anda membutuhkan usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Modal 5 juta terbilang modal yang sedikit ketika anda ingin membuka usaha.

Usaha yang bisa anda jalankan dengan modal 5 juta kebanyakan adalah bisnis kuliner. Ya bisnis kuliner yang biasanya sistemnya menggunakan system waralaba, modal yang anda butuhkan palingan hanya 5 jutaan bahkan bisa kurang. Bagi anda yang penasaran bisnis waralaba apa saja yang bisa anda jalankan dengan modal yang 5 juta, inilah informasi selengkapnya.

 

Fren’s juice. Mungkin dari nama brand waralabanya anda sudah bisa menebak jika produk yang dijadikan sebagai bisnis waralaba tersebut adalah es juice. Ya, waralaba minuman memang sangatlah menarik untuk masyarakat yang berniat untuk menjalankan bisnis sampingan.

Bisnis yang berpusat di kota demak ini adalah salah satu bisnis dengan modal 5 juta. Tentunya, dengan mengeluarkan uang sekitar 5 jutaan, anda sudah bisa meminjam brand fren’s juice, sudah mendapatkan gerobak, dan bahan yang dibutuhkan juga anda pasok dari pusat bisnis waralaba minuman tersebut. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Pisang ijo aladin. Tahukah anda darimana minuman khas pisang ijo berasal? Minuman yang dibuat dari bahan dasar pisang ini asal mulanya dibuat oleh orang makkasar. Tak heran, jika banyak masyarakat yang mengenalnya sebagai minuman khas kota Makkasar.

Peluang Usaha Modal 5 Juta

Jika anda sedang membutuhkan penghasilan tambahan tak ada salahnya anda menjadikan pisang ijo aladin yang berpusat di cibodas baru bandung ini sebagai bisnis waralaba modal kecil pilihan anda. Andapun tak usah khawatir, ketika anda memilihnya sebagai bisnis sampingan, anda hanya membutuhkan modal 5 juta dan anda bisa memiliki peluang sukses menjalankan bisnis minuman khas asal makkasar tersebut.

Shake tea. Jika anda menjual es tea, mungkin hal tersebut sudah menjadi hal biasanya. Bukankah warung makanpun seringnya menjual minuman es tea sebagai teman masakan yang ia hidangkan untuk para pelanggannya. Bagaimana dengan shake tea? Pastilah beberapa dari anda masih belum tahu dan penasaran ingin mencoba rasa shake tea ini.

Nah, saat anda ingin mencoba menjalankan bisnis waralaba, anda bisa menjadikan shake tea yang berpusat di kota tangerang ini sebagai peluang usaha modal 5 juta. Dijamin banyak konsumen yang membeli minuman yang anda jual. Disamping karena rasanya yang berbeda, namanya juga terdengar cukup unik di telinga.

Bisnis Waralaba Modal Kecil

Takeshi bento. Saking banyaknya waralaba kuliner yang ditawarkan sebagai usaha tambahan untuk keluarga, mungkin anda bingung mau memilih mana bisnis kuliner yang mesti anda jalankan dan bisa memberikan keuntungan yang besar. Nah, jika modal yang anda punya untuk menjalankan bisnis sekitar 5 jutaan, mungkin waralaba yang bisa anda jadikan sebagai bisnis waralaba modal kecil adalah waralaba takeshi bento. Waralaba camilan ini cukup menjanjikan karena produk camilannya tak hanya disuka oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Javapuccino. Javapuccino adalah salah satu waralaba minuman yang bisa anda jadikan sebagai bisnis sampingan keluarga. Produk yang menjadi andalan bisnisnya adalah minuman capucino yang lumayan digemari oleh masyarakat zaman sekarang.

Apalagi jika anda membuka bisnis waralaba ini di tempat umum, sudah dapat dipastikan minuman ini akan laris manis di pasaran. Javacapucino ini berpusat di kota tangerang sehingga bagi anda yang tertarik mungkin anda bisa menghubungi pihak yang terkait. Sudah mudah cara berbisnisnya, untung yang anda dapatkan bisa banyak. Semoga informasi tentang bisnis modal 5 juta di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Contoh Usaha Rumahan Modal 5 Juta

1. Usaha Rumahan Konter Pulsa

Untuk menjalankan usaha konter pulsa anda hanya perlu menambahkan kios khusus untuk konter pulsa anda, modal lain yang di butuhkan tentu saja membeli perlengkapan konter seperti pulsa, kartu perdana, aksesoris ponsel dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak orang yang sukses memulai usaha kios pulsa di rumah, selain usaha ini gampang di jalankan, pulsa menjadi kebutuhan pokok setiap orang yang memiliki ponsel genggam.

2. Warung Klontong

Usaha yang satu ini sangat cocok sebagai usaha sampingan seorang istri, usaha warung kelontong dapat di buka di rumah anda dengan modal yang kecil, dengan modal 5 jutaan maka toko kelontong bisa menjual aneka kebutuhan seperti sembako, makanan ringan, jajanan dan lain sebagainya. Usaha ini pun dapat di buka sesuai keinginan anda, bisa di buka mulai pagi hingga sore atau pagi hingga malam hari, semua tergantung anda.

3. Usaha Fotocopy dan ATK

Saat ini mesin fotocopy di bandrol dengan harga yang bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal. Namun apabila anda hanya memiliki modal awal 5 juta dan tidak bisa membeli mesin fotocopy maka anda bisa menyewa mesin fotocopy dari toko penyewaan fotocopy. Saat ini banyak sekali toko yang menyewakan fotocopy dengan tarif sewa yang murah. Usaha fotocopy belum lengkap rasanya apabila tidak di barengi dengan ATK, dimana anda bisa menjual berbagai kebutuhan alat tulis sekolah dan kantor.

4. Usaha Rumahan Laundry

Dengan modal awal 5 jutaan anda sudah bisa memulai usaha laundry ini, anda bisa membukanya di rumah anda. Usaha laundry saat ini memiliki prospek yang bagus mengingat banyak orang yang lebih memilih mencucikan pakaiannya di jasa laundry dari pada mencuci sendiri, terutama kain seperti selimut, bantal, baju kantor, jas dan lain sebagainya.

5. Usaha Aksesoris dan Souvenir

Usaha yang satu sangat cocok di jalankan terutama oleh kaum hawa, mengingat aksesoris kebanyakan di gunakan oleh kaum hawa. Selain menjual aneka aksesoris anda juga bisa menjual souvenir. Agar margin keuntungan anda lebih besar maka anda bisa menjual aksesoris atau souvenir buatan anda sendiri. Bagi anda yang tertarik silahkan membaca ulasan Peluang Usaha Aksesoris Wanita
Sebenarnya masih banyak usaha lain yang bisa anda jalankan dengan modal 5 juta, seperti usaha dalam bidang pertanian dan peternakan. Sekian yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga Contoh Usaha Rumahan Modal 5 Juta yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kita semua, terimakasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti terus update info usaha lainnya hanya disini ya.